wanda

Saatnya Masuk Sekolah, #Cari_aman Lagi Yuk Di Jalanan!

Publikasi: 9 bulan 22 hari 5 jam 26 menit yang lalu

Ketika liburan telah usai, para pelajar otomatis akan kembali masuk ke dalam sekolah untuk memulai semester baru. Momen ini ada sedih dan ada senangnya. Sedihnya, liburan abis bro, Kamu udah ga ada waktu buat malas – malasan ampe siang hari di rumah. Senangnya, bisa ketemu lagi ama teman – teman di sekolah yang ngangenin. Lebih senang lagi, bisa ketemu ama doi si gebetan yang gak kunjung sukses digebet.

Nah, buat siswa yang bawa motor ke sekolah, momen back to school ini pasti bikin Kamu bete, karena lagi – lagi Kamu harus macet – macetan di pagi hari di jalan menuju sekolah. Huft, bete kan? Apalagi traffic kendaraan pagi hari yang padat banget biasanya bikin orang jadi panik dan keki. 

Oleh karenanya, di bawah ini ada tips buat Kamu para pelajar supaya tetap dalam keadaan kondusif saat berkendara ke sekolah maupun saat pulang ke rumah. Yuk dipantengin bareng – bareng ya!

1. Utamakan Pakai Helm 

Helm ini hukumnya wajib sob! Rider keren pantang jalan sebelum helm terpasang dan berbunyi ‘klik’. Jadi jangan sekali – kali jalan tanpa helm brader! Imbasnya bisa fatal kalau terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. 

Lagipula memakai helm juga diwajibkan dalam undang – undang. Jadi Kamu gak bisa mangkir kalau ditilang polisi gara – gara gak pakai helm. Apalagi Kamu yang nekat naik motor tanpa punya sim. Wah bisa dobel  tuh biaya tilangnya. 

2. Boncengan 2 Aja Ya

Ada kalanya Kamu pengen barengin temen, alhasil Kamu boncengin deh dia. Nah, boncengan juga ada aturannya bro! 

Etika berboncengan yang baik adalah hanya berbonceng 2 pada satu kendaraan. Mereka yang nekat bonceng 3 itu sebenarnya malah membahayakan diri mereka sendiri. Dengan membawa 2 orang penumpang, si pengendara pasti akan kesulitan untuk mengendalikan motornya. 

Selain itu, motor punya kapasitas berat maksimal, yang mana jika sebuah motor itu menahan beban yang kelewat tinggi, bisa – bisa mesin motor akan bekerja lebih keras dan akan menjadikan kondisi motor tidak sehat. 

3. Posisi Duduk Yang Enak

Apa cara menghemat tenaga dikala macet? Salah satunya adalah memposisikan cara duduk pengendara senyaman mungkin. Jadi ada baiknya buat Kamu menjaga posisi duduk di motormu tetap nyaman dan gak bikin capek.

Kesalahan duduk yang sering terjadi sih biasanya duduknya terlalu maju, atau malah kelewat mundur. Biasanya yang bonceng gebetannya nih yang duduknya agak munduran. Hayo loh, ngaku ngga?

4. Membiasakan Diri Dengan Kendaraan

Kalau selama liburan Kamu jarang menggunakan motor, pastinya saat mulai masuk sekolah Kamu akan kagok untuk mengendarainya. Nah, sebelum masuk sekolah, ada baiknya kamu biasakan diri kamu dengan kendaraan yang akan Kamu gunakan. Nantinya pasti kamu akan lebih mudah untuk mengendalikan motormu di jalanan.

5. Rem

Jangan lupa sama prosedur keselamatan yang satu ini bro! Cek dulu rem motormu sebelum kamu memakainya untuk keseharianmu ke sekolah. Yang jelas, kedua rem, depan maupun belakang harus udah siap untuk dipakai. Jangan sampai salah satunya blong. Nantinya Kamu sendiri loh yang repot saat mau ngerem motormu. 

6. Jaga Kecepatan

Satu yang harus di ingat bagi pengendara motor di jalan. Siapapun itu, wajib untuk menjaga kecepatan agar tidak terlalu cepat maupun lambat. Jangan kebut – kebutan, tapi juga jangan kelewat woles bawa motornya. Yang jelas, sesuaikan irama di jalan yang kamu lewati. Dan yang penting, sebagai seorang pengendara motor kamu wajib cari aman di setiap kesempatan.

Label : Cari Aman

Comment

User Comment

Your comment

Load More