Selamat Hari K3, Yuk #Cari_Aman, Cari Selamat, Cari Sehat Saat Berkendara

Publikasi: 4 bulan 5 hari 20 menit yang lalu

Tahukah kamu kalau tanggal setiap tanggal 12 januari ditetapkan sebagai Hari K3 Nasional? Ya, K3, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, merupakan sebuah bidang yang bertujuan untuk memelihara kesehatan dan keselamatan pada sebuah lingkungan kerja. 

Lah trus apa hubungannya dengan berkendara sob? Kan K3 berlakunya di proyek ama pabrik biasanya? Nah inilah yang akan kita terapkan pada cara kita berkendara kali ini. Toh, gak hanya di tempat kerja aja kita bisa terkena celaka, di jalanan juga. Bahkan banyak kan mereka yang nyari duitnya di jalanan. Ojek online misalnya. Tanpa prosedur keselamatan yang oke, bisa gawat kalau mereka lagi apes di jalan. 

Nah, buat kamu yang baca artikel ini? Yakin udah berkendara secara aman? Kalau belum, yuk cari amannya aja dengan cara di bawah ini.

1. Helm itu wajib bro!

Sudah jelas kalau di undang – undang tertulis bahwa helm wajib dikenakan oleh setiap pengendara yang menggunakan kendaraan roda dua. Jangan malas untuk menggunakan helm walaupun jarak yang akan Kamu tempuh itu dekat. Ingat, utamakan keselamatan diri selama Kamu berada di jalanan. 

2. Jaket

Walaupun tidak tercantum di undang – undang tentang lalu lintas, tapi jaket ini penting banget untuk selalu digunakan oleh pengendara motor. Kenapa? Karena Jaket ini yang akan bertugas untuk menghalau udara yang langsung kontak dengan tubuh kita. 

Terlebih lagi kalau cuacanya sedang dingin dan berangin kencang. Kalau gak pakai jaket ya bisa masuk angin kan jadinya? 

3. Sepatu

Sepatu juga sebenarnya gak diwajibkan untuk dipakai pada saat berkendara. Hanya saja, keberadaan sepatu disini bisa setidaknya mengurangi resiko cedera pada kaki ketika ada kecelakaan yang terjadi. Makanya pembalap gak ada yang pake sandal bro, pakainya pasti sepatu khusus untuk balap. Ya kan? 

4. Pelindung Dada

Pelindung dada ini sebenarnya penting banget kalau Kamu adalah pengguna motor yang kerap berkendara jarak jauh. Apalagi kalau waktu berkendaranya pas malam hari, dimana udara dingin bakal terasa gak sehat banget buat tubuh kita. 

Oleh karenanya, pelindung dada ini wajib kamu pakai jika sedang dalam perjalanan jauh. Coba deh bandingin gimana kondisi badanmu ketika gak pakai dan memakai pelindung dada. Pastinya setelah Kamu pakai pelindung dada, stamina dan kondisi badanmu bakal terjaga lebih baik daripada ketika kamu gak pakai pelindung dada ini.

5. Sarung Tangan

Sarung tangan ini juga sebenarnya gak wajib. Biasanya yang sering pakai cewe – cewe sih. Alasannya takut tangannya gosong kena sinar matahari. Tapi bukan berarti sarung tangan ini gak penting lho brader! 

Manfaat dari pemakaian sarung tangan ini ternyata lumayan banyak. Terutama untuk kamu yang tangannya mudah berkeringat, sarung tangan yang sesuai akan memperkuat cengkraman tanganmu di tuas gas. Selain itu, sarung tangan juga berfungsi untuk mengurangi resiko cedera pada tangan ketika terjadi kecelakaan. Dan yang paling penting adalah, supaya tangan gak terbakar juga oleh matahari pas lagi panas – panasnya,

Nah ke 5 alat di atas dapat kamu gunakan, jika ingin berkendara secara aman dan nyaman. Lagipula untuk memakai alat pengaman di atas gak ribet kok. Hanya dengan memakainya, Kamu udah terhitung mengupayakan keselamatan dalam berkendara di jalanan. Jadi tunggu apa lagi? cari aman aja deh ya!

Label : Cari Aman

Comment

User Comment

Your comment

Load More