Segera Ganti Kampas Rem Yang Aus

Publikasi: 5 bulan 28 hari 8 jam 28 menit yang lalu

Kampas rem berfungsi untuk untuk memperlambat dan menghentikan putaran roda agar sepeda motor bisa berhenti dengan sempurna. 

Kerja kampas rem dapat berkurang akibat panas yang ditimbulkan dari gaya gesek saat pengerem. Karena itu, kampas rem yang baik adalah kampas rem yang mampu berkerja pada suhu panas sehingga tidak terjadi pengerasan permukaan yang bisa membuat daya cengkram berkurang akibat panas berlebih. 

Jika system rem tidak bekerja dengan baik akibat berkurangnya kemampuan kampas rem menahan panas dari gaya gesek tersebut, rem  bisa blong dan berisiko terjadi kecelakaan. 

Masalah lain juga bisa muncul akibat kampas rem yang habis atau aus. Selain berpotensi mengganggu kinerja sistem pengereman, kampas rem yang habis juga bisa merusak caram atau dinding drum pada rem tromol sehingga biaya perawatan yang harus dikeluarkan jadi lebih besar. 

Untuk itu, penting melakukan pemeriksaan dan mengganti kampas rem yang habis aus.  

Berikut tanda-tanda kampas rem sudah aus : 

1. Pada Sistem Rem  Tromol

Kondisinya bisa diketahui dengan cara menekan pedal rem. Jika indikator keausan bertepatan atau melewati tanda keausan, menunjukan kampas rem sudah harus diganti. Periksa pula kondisi kampas rem dan diameter dalam drum brake dari roda sepeda motor.  

Proses pembongkaran, penggantian kampas rem dan pemasangan roda membutuhkan keahlian khusus, hal ini sebaiknya dilakukan oleh mekanik AHASS. 

2. Pada Sistem Rem  Cakram

Untuk sistem rem hidrolik atau biasa disebut rem cakram, indikator keausan dapat dilhat dari bawah caliper rem. Periksa kondisi indikator keausan, jika kampas rem sudah menunjukan tanda aus, gantilah kampas rem dengan yang baru di bengkel AHASS. 

Jangan lupa juga yah, lakukan perawatan rutin sepeda motor di bengkel AHASS terdekat agar seluruh komponen sepeda motor selalu dalam kondisi prima sehingga performa sepeda motor selalu terjaga.

Gunakan juga layanan booking service atau layanan kunjung AHASS untuk Anda yang memiliki waktu terbatas. 

Sumber : https://www.astra-honda.com/article/segera-ganti-kampas-rem-yang-aus 

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Kampas Rem Rem Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More