wanda

Siap Kapan Aja, Ini Perlengkapan Wajib Yang Harus Selalu Ada Di Jok Motor Kamu

Publikasi: 11 bulan 24 hari 7 jam 8 menit yang lalu

Tidak dapat dipungkiri, keberadaan motor dalam upaya meningkatkan mobilitas sangatlah penting. Dengan kendaraan roda dua ini, semua terasa dekat. Terlebih untuk kamu yang mobilitasnya tinggi dan berada di kota yang lalu lintasnya padat, tanpa motor mungkin kamu hanya akan menjadi seorang jomblo ngenes yang gak produktif.

Tapi memiliki motor saja gak cukup bro. Demi kenyamanan dan keselamatan berkendara, sebuah motor harus selalu dilengkapi dengan beberapa item di dalamnya. Oleh karenanya kamu harus tau apa saja perlengkapan wajib yang harus selalu ada di jok motormu. Untuk itu pantengin beberapa item di bawah ini. Yuk check it out!

1. Kunci Pas dan Kunci L

Kunci Pas dan Kunci L adalah hal yang wajib kamu sediakan di jok motormu. Biasanya kamu akan langsung mendapat kunci pas saat membeli motor baru.  Kunci pas yang wajib ada di motormu adalah kunci nomor 10, 12, 14 dan 16.

Untuk kunci L sendiri sebenarnya tidak terlalu sering digunakan. Tetapi untuk jaga – jaga, ada baiknya dibawa saja, mengingat ukurannya yang gak terlalu gede dan makan tempat. Selain itu untuk membuka kaliper rem cakram dan mengencangkan footstep.

2. Kunci Busi

Karena busi adalah hal pertama yang harus kamu cek ketika motor ngadat, kunci busi harus selalu kamu bawa. Terlebih untuk motor yang usianya sudah lanjut. Biasanya sering banget tuh buat ngecek busi. 

3. Tang dan Obeng

Dua alat ini gak boleh absen dari jok motormu. Secara tang adalah alat serba guna yang bisa dipakai untuk ngebantu kamu mengatasi masalah di motormu. Sedangkan obeng sangat dibutuhkan untuk membuka seluruh body part dari motormu. Usahakan beli obeng dan tang dengan ukuran compact untuk bisa dibawa di dalam jokmu. Dengan adanya kedua benda ini dan kunci pas, hampir tidak ada masalah di jalanan yang tidak bisa diatasi. 

4. Air Radiator atau coolant

Untuk kamu yang mengendarai motor dengan sistem pendingin seperti Honda Sonic 150R, kamu wajib juga membawa coolant. Karena kadang kamu sendiri gak sadar ketika air di radiatormu habis, maka tak ada salahnya untuk membawa coolant untuk jaga – jaga. 

Tapi ingat, jangan campur coolant dengan air biasa. Karena air biasa umumnya mempunyai kandungan mineral yang bisa menyebabkan korosi pada radiatormu. Selain itu sebaiknya kamu menggunakan satu jenis coolant, karena mencampur 2 coolant dengan merek berbeda juga sangat tidak dianjurkan. 

5. Lap PVA

Lap PVA atau yang umumnya disebut lap kanebo adalah salah satu yang wajib kamu bawa. Adakalanya ketika hujan turun dan jok motormu basah, keberadaan kanebo ini bisa mengeringkan jokmu. Jadi kamu gak akan duduk di jok yang basah. Selain itu kanebo ini bisa membantu kamu membersihkan area di sekitaran shockbreaker supaya kotoran gak merusak seal dari suspensimu.

6. Jas Hujan dan Shoe Cover

Kondisi jalan gak akan pernah mudah untuk ditebak. Bisa aja kamu pergi pas panas terik matahari masih menyengat, dan pulang ketika hujan mulai membumi. Saat seperti ini jas hujan akan sangat bermanfaat jika kamu membawanya di dalam bagasimu. Pastikan seluruh badanmu terlindungi dari air hujan. Jangan sampai kamu kehujanan dan malah masuk angin. Selain itu ada baiknya menggunakan shoe cover supaya sepatumu gak ikutan basah.

Sebenarnya masih ada lagi beberapa perlengkapan lain yang bisa menambah kenyamanan dan keselamatan berkendaramu yang lain. Tapi karena ukuran bagasi motor berbeda – beda, cukup 6 item ini saja yang wajib kamu bawa. Semoga dengan selalu membawanya, kamu gak akan menemui masalah – masalah yang berarti di jalanan. 

Label : Cari Aman Wms Honda

Comment

User Comment

Your comment

Load More