Tips Aman Berkendara Untuk Kamu Yang Sering Wara – Wiri Di Jalanan

Publikasi: 9 bulan 28 hari 11 jam 31 menit yang lalu

Berkendara adalah sebuah aktifitas yang sangat rumit. Bukan karena kesulitannya, namun karena ketidak-pastian akan keselamatan yang selalu menghantui pengguna jalan. Oleh karena itu kewaspadaan saat berkendara harus tetap jadi yang nomor satu ketika di jalan. Karena walaupun kita berkendara secara benar, terkadang ada aja orang yang berkendara dengan sembrono dan dapat merugikan kita. 

Selain itu, di bawah ini ada beberapa tips yang mungkin bisa kamu terapkan saat kamu berkendara. Beberapa diantaranya mungkin akan terlihat sepele, tapi sebenarnya hal itu dapat jadi pembeda saat kamu berada di jalanan. 

1. Cek keadaan kendaraan kamu di pagi hari

Biasanya hal ini menjadi kegiatan rutin jika kamu sering memandikan motormu di pagi hari. Karena dengan merawatnya di pagi hari kamu akan tau jika ada yang tidak beres dengan kendaraanmu. 

Selain itu, jangan lupa untuk memanaskan mesin motormu. Gak perlu lama – lama, cukup 2 menit saja sudah cukup untuk melakukannya secara benar. 

2. Pastikan kamu duduk dan nyaman di sepeda motormu

Posisi menentukan prestasi sepertinya gak hanya berlaku di sekolah. Pasalnya posisi berkendara juga berpengaruh terhadap cara kamu berkendara. Dengan posisi yang nyaman, badanmu akan lebih rileks dan tetap fit dalam waktu yang lebih lama. Sehingga kalau saja ada kejadian yang tidak diinginkan terjadi, badanmu yang fit akan membuatmu tenang dalam mengambil keputusan. 

3. Pakai helm secara benar, sampai klik

Walaupun sudah sering disuarakan oleh pihak kepolisian, sampai sekarang masih aja sering kita melihat banyak pengguna kendaraan roda dua yang tidak memakai helm. Ada juga yang pakai helm tapi dengan seadanya, tanpa di-klik secara benar. 

Yuk pastikan kita memakai helm terlebih dahulu sebelum berkendara. Selain untuk perlindungan kepala kita, sayang banget kalau kita ditilang cuma gara –gara gak pakai helm. Mending itu duit buat modal cari pacar, supaya jomblonya kamu gak kelamaan.

4. Patuhi rambu – rambu lalu lintas

Hal yang satu ini juga harus kalian patuhin ya guys. Rambu lalu lintas itu diciptakan untuk meminimalisir kecelakaan di jalanan. Sehingga dengan kamu melanggarnya, kamu akan memperbesar peluang terjadinya kecelakaan di jalan raya. 

Jangan lupa juga, di beberapa kota besar telah terdapat CCTV di setiap pertigaan maupun perempatan jalan. Jadi ketika kamu melanggar aturan jalan raya, bisa jadi pelanggaranmu sudah terekam di CCTV, dan siap jadi bahan untuk menilang kamu.

5. Jangan berangkat dengan emosi yang sedang tinggi

Jika kamu sedang naik pitam, ada baiknya jika kamu tidak berkendara dulu. Seseorang dengan emosi yang tinggi akan cenderung berkendara lebih cepat daripada biasanya. Jadi ada baiknya jika kamu lagi gak mood dan rasanya pengen marah mulu, buruan parkir sepeda motor kamu dan cari kendaraan umum atau minta jemput sama teman kamu.

6. HP dan segala gadget disimpan dulu cuy

Salah satu penyebab kecelakaan terjadi adalah minimnya konsentrasi kita saat di jalan. Jadi sebisa mungkin apa aja yang dapat mendistraksi kamu dari jalanan dihindarin dulu deh. Terlebih lagi untuk penggunaan HP. 

Walaupun kamu menggunakannya selagi menunggu countdown lampu merah, akan lebih baik jika kamu menggunakannya nanti saat sudah sampai ke tempat tujuan. Karena selain bisa mendistraksi kamu dari jalanan, mengeluarkan HP saat di jalan raya akan memicu terjadinya kriminalitas. Kamu gak akan nyangka jika ada orang yang tiba – tiba ngambil HP kamu dan ngebut untuk kabur. 

Masih ingat kan pesan dari alm. Bang Napi? 

“Kejahatan tidak hanya terjadi karena niat dari pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan”

7. Istirahat ketika capek atau mengantuk. 

Menjaga kondisi badan supaya tetap fit di jalanan adalah salah satu syarat supaya tetap aman saat berkendara. Jadi buat kamu yang sedang dalam perjalanan jauh, jangan memaksakan tubuh kalian. Jika memang kalian ngantuk atau capek, pinggirkan dulu kendaraanmu, istirahatlah dulu sebentar. Istirahat 15 menit yang berkualitas bisa membuatmu fresh lagi dalam berkendara. 

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Wms Honda

Comment

User Comment

Your comment

Load More