Teknik Pengereman Sepeda Motor Di Kecepatan Tinggi

Publikasi: 4 tahun 3 bulan 21 jam 52 menit yang lalu

Harus diakui bahwa salah satu teknik sepeda motor yang paling sulit adalah pengereman. Bahkan beberapa orang yang sudah memiliki keahlian di dalam berkendara dengan menggunakan sepeda motor pun mengakuinya bahwa pengereman adalah salah satu teknik berkendara dengan sepeda motor yang paling sulit. Sebagai contoh pembalap sekelas MotoGP pun juga pastinya menyadari bahwa teknik pengereman ini adalah salah satu teknik yang paling sulit. 

Selain pembalap ada juga praktisi dan juga pelatih safety riding juga seringkali mengatakan bahwa pengereman adalah hal yang paling penting untuk berkendara. Banyak orang masih belum menyadari teknik pengereman yang baik dan benar. Banyak orang menganggap pengereman hanya dilakukan secara sembarang tanpa adanya teknik yang baik dan benar. 

Nah, dikesempatan kali ini kita akan coba membedah bagaimana teknik pengereman yang baik dan benar sehingga kamu bisa meningkatkan keselamatan berkendara dengan menggunakan teknik pengereman yang baik dan benar. Sebenarnya fitur teknologi di jaman sekarang sudah banyak berkembang. Ada fitur – fitur rem ABS dan lain – lain yang membantu proses pengereman lebih maksimal serta lebih aman. 

Jika dibarengi dengan teknik pengereman yang baik dan benar tentunya akan lebih aman lagi bukan bro? Oke deh saatnya kita bahas bagaimana teknik pengereman yang baik dan benar di kecepatan yang tinggi. 

Cek Kondisi Sekitar

Ketika kita melakukan pengereman sangat jarang kita memperhatikan keadaan sekitar padahal keadaan sekitar harusnya tetap di perhatikan. Sebagai contoh biasanya serta seharusnya pengendara sepeda motor sendiri seharusnya meliahat spion terlebih dahulu sebelum melakukan pengereman. 

Mengecek kondisi sekitar saat melakukan pengereman ini juga sangat berguna untuk mencegah terjadinya kecelakaan beruntun yang sangat sering sekali terjadi di jalan raya. Banyak orang yang tidak memahami betapa pentingnya hal ini. 

Bantuan Engine Brake

Khusus untuk sepeda motor manual ada yang namanya “engine brake” yang sangat berguna membantu proses pengereman. Beberapa orang sangat jarang untuk menggunakan fitur ini. Cara kerja engine brake ini adalah ketika kita melepas gas dan memindahkan gigi ke lebih rendah. 

Terutama untuk sepeda motor yang memiliki kopling ini sangat penting. Beberapa kesalahan adalah dengan menekan tuas kopling, dengan menekan tuas kopling tentunya laju kendaraan tidak akan terbantu dengan engine brake. Ada baiknya jika ingin melakukan pengereman adalah jangan menekan gas dan kopling dengan begitu kita akan terbantu dengan engine brake. 

Tapi harus diperhatikan juga saat menggunakan sepeda motor matic karena engine brake ada di sekitar rpm 2000 rpm agar memiliki engine brake. Jadi jika posisi jalan menurun sebaiknya agak di gas sedikit sampai bantuan engine brake bisa muncul di sekitar 2000 rpm tersebut. 

Jangan Pernah Mengeram Saat Keadaan Sepeda Motor Oleng

Teknik pengereman ini sangat sulit memang jika berada di kecepatan tinggi. Nah, saat melakukan pengereman ada baiknya jika kamu juga memperhatikan kestabilan sepeda motor saat akan melakukan pengereman. Pastikan untuk selalu melakukan pengereman dalam kondisi stabil. 

Dalam kondisi stabil kita akan lebih mudah mengendalikan laju sepeda motor. Hal ini akan berbahaya ketika kita sedang tidak berada di dalam kondisi yang stabil, sehingga akan kesulitan mengendalikan sepeda motor sehingga bisa menyebabkan kita terjatuh. Biasanya dalam kecepatan tinggi baiknya kita tidak melakukan pengereman mendadak. Selalu perhatikan jarak pengereman yang dimulai dengan melepaskan gas, barulah dibantu dengan rem belakan dan juga rem depan. 

Pengereman Yang Baik Dengan Menekan Rem Secara Perlahan

Seringnya terjadi kecelakaan adalah tidak sengaja menekan dengan keras rem depan atau belakang yang terjadi karena biasanya kita panik. Nah, perlu kamu ketehui dengan menekan rem keras berarti kita mengerem dengan cara mendadak yang bisa jadi kita malah terpeleset sehingga bisa jatuh. Atau hal ini juga berabahaya untuk pengendara yang ada di belakang kita karena bisa kaget. 

Cara terbaik untuk melakukan pengereman adalah dengan cara menekannya berlahan sehingga sepeda motor bisa berhenti secara berlahan dan tidak mendadak. Jadi sekali dalam kondisi kecepatan tinggi adalah selalu melakukan pengereman dengan memperhatikan jarak, karena hal ini sangatlah penting. 

Nah, itu dia teknik pengereman sepeda motor pada saat kecepatan tinggi yang bisa kamu terapkan nih bro agar lebih aman dalam berkendara. Tapi ingat bahwa berkendara dengan menggunakan sepeda motor tidak perlu dengan kecepatan tinggi tapi yang perlu diperhatikan adalah keselamatan, oke?

Perawatan Motor Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor

Berita Terkait