Tips Aman Bagi Kamu Yang Sering Bonceng Ojek Online

Publikasi: 4 tahun 2 bulan 28 hari 5 jam 3 menit yang lalu

Jadi kamu mungkin membutuhkan tips aman membonceng Ojek Online tentunya sangat pas kamu ada di artikel ini. Membonceng ojek online sebenarnya sama halnya dengan kita membonceng sepeda motor biasanya. Ada beberapa perbedaan yang harus kita ketahui, seperti kita tidak mengetahui siapa yang akan mengendarai sepeda motor, dan juga seperti apa teknik berkendara dari ojek online tersebut. 

Nah, untuk kamu yang ingin mengetahui tips aman sebagai penumpang ojek online ini akan diberikan beberapa tips yang sangat aman untuk anda sehingga anda bisa lebih tenang disaat menggunakan layanan yang ada di perkembangan jaman sekarang ini. 

Berikut ini adalah tips yang paling ampuh untuk kamu para boncenger yang menggunakan layanan Ojek Online. Berkaca dari berbagai data berkendara dengan menggunakan sepeda motor memiliki resiko yang sangat fatal jika terjadi kecelakaan. Diharapkan dengan adanya tips aman ini kamu akan sadar bagaimana kamu akan menerapkan tips aman ini sangat berboncengan dengan ojek online maupun dengan siapapun juga. 

Jangan Pernah Mau Dibonceng Jika Tidak Menggunakan Helm

Tentunya hal ini merupakan standar keselamatan yang paling utama, dimana setiap pengendara kendaraan sepeda motor harus menggunakan helm saat berada di jalan raya. Selain itu helm juga adalah salah satu kewajiban yang harus dipenuhi dan merupakan standar persyaratan dari perusahaan ojek online dimana harus selalu menyediakan helm untuk para penumpangnya. 

Nah, jika kamu menemui pengendara ojek online yang tidak menawarkan helm saat menjemput anda mending langsung batalkan. Keselamatan kamu lebih berharga bro untuk disia – siakan. Jadi sebaiknya anda langsung membatalkan untuk mencari pengemudi yang lain. Selain itu segera laporkan pengendara tersebut di aplikasi ojek online atau peringatkan langsung pengendara tersebut dengan cara yang baik. 

Selain itu kamu juga harus mengetahui bagaimana cara penggunaan helm yang benar dan tepat. Misalnya harus mengaitkan helm sampai dengan bunyi “klik” seperti yang sering disampaikan di iklan – iklan. 

Sangat Wajar Kita Untuk Menegur Pengendara Ojek Online Yang Tidak Taat Aturan

Sebagai orang yang dibonceng oleh pengendara ojek online ini tentunya anda juga wajar untuk memperingatkan pengendara ojek online. Akan lebih baik memperingatkan pengendara jika merasa ketakutan karena pengendara mengendarai dengan kecepatan tinggi. 

Atau misalnya kamu merasa pengendara menerobos peraturan lalu lintas yang berlaku misalnya. Sangat wajar kok untuk kamu peringati. Selain lebih menyadarkan pengendara tentunya kamu akan lebih merasakan keamanan yang lebih, jika pengendara ojek online tersebut menuruti perkataan kamu bukan?

Sebisa Mungkin Gunakan Celana Panjang Dan Sepatu

Nah baik membonceng atau mengendarai sendiri sebuah sepeda motor celana panjang adalah sebuah kostum wajib bagi kamu. Hal ini sangat sesuai dengan standar keselamatan berkendara dengan menggunakan sepeda motor dimana salah satu kostum wajib adalah sepatu dan juga celana panjang serta jaket. 

Dengan menggunakan kostum standar keselamatan berkendara ini tentunya akan lebih aman dalam membonceng siapa saja termasuk ojek online ini. Jadi pastikan untuk menggunakan standar keselamatan yang benar – benar pokok sehingga kamu semakin merasa yakin untuk aman. 

Di beberapa negara juga ada peraturan khusus yang melarang pengendara maupun orang yang membonceng sepeda motor dilarang menggunakan sandal. Contoh saja negara seperti India tentunya yang mengharuskan menggunakan sepatu untuk bisa berkendara dan membonceng menggunakan sepeda motor. 

Berikan Feedback Di Dalam Aplikasi Ojek Online

Di Indonesia sepeda motor adalah sebuah kendaraan yang sangat umum digunakan dan sangatlah banyak. Dengan banyaknya pengendara sepeda motor ini tentunya pengendara ojek online juga ikut menjamur. Nah, salah satu cara untuk menyeleksi pengendara ojek online yang taat aturan dan juga mengemudi dengan baik adalah dengan memberikan feedback di aplikasi ojek online. 

Setiap aplikasi ojek online memiliki fasilitas feedback dimana kamu bisa menilai bagaimana performa dari pengendara ojek online. Hal ini sangatlah penting dan cocok untuk kamu para boncenger yang menggunakan alat transportasi yang satu ini. 

Gunakanlah dengan bijak fitur ini karena dengan fitur ini anda bisa menyelamatkan orang lain dengan kebiasaan berkendara dari ojek online yang ada. Jadi lakukan feedback secara objektif agar kamu bisa lebih bisa menerapkan sistem keamanan berkendara, tapi ingat lebih baik diingatkan terlebih dahulu seperti pada poin kedua di atas. 

Nah itu dia beberapa tips aman yang bisa kamu terapkan saat kamu menggunakan ojek online sebagai alat transportasi utama. Dengan menggunakan beberapa tips aman membonceng di atas kamu bisa secara langsung ikut andil dalam penerapan keselamatan berkendara dengan cara nyata. Jadi sudah mau ikut kampanye keselamatan berkendara kan bro? Ayo terapkan sekarang juga beberapa tips yang sudah diberikan di artikel ini.

Perawatan Motor Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor

Berita Terkait