Tiba-tiba Ban Motormu Meledak? Diam-diam Hal Ini Yang Menjadi Penyebabnya

Publikasi: 1 tahun 8 bulan 9 hari 6 jam 23 menit yang lalu

Sama seperti balon, sebuah ban sepedah motor juga bisa menjadi benda yang meledak. Meski tidak banyak kasusnya bila dibanding dengan ban truk truton, namun potensi terjadi hal tersebut sangat terbuka lebar. Apalagi untuk kendaraan roda dua yang bannya sudah kritis, tentunya hanya tinggal menunggu waktu saja merasakan tragedi ini. Selain itu, disaat kondisi tersebut motor juga banyak bekerung rasa nyamannya saat dikendarai.

Terkait ban meledak, pada umumnya kejadian semacam ini tidaklah kenal permisi. Di mana acap kali terjadi secara tiba-tiba, entah saat dikendarai atau sedang berdiam di sebuah parkiran. Celakanya, berkat kejadian tersebut banyak orang merasakan nestapa. Bahkan juga siap merenggut nyawa seseorang, jika kejadiannya saat motor tengah dipacu kencang. Bagaimana bahaya bukan? 

Nah agar bisa terhindar dari hal tersebut, berikut penulis mempunyai sedikit ulasan mengenai penyebab kenapa bisa terjadi ban motor meledak secara tiba-tiba

Pengisian angin tidak sesuai aturan 

Sama halnya dengan makan terlalu banyak menyebabkan orang sakit perut, tidak aturan dalam mengisi angin dalam ban juga menimbulkan efek samping. Salah satu dampaknya ya ini, tiba-tiba komponen penting di motormu tersebut bisa meledak. Kejadiannya sendiri akan diawali dengan ban kendaran menjadi bejol saja lantaran tekanan angin terlalu tinggi. 

Nah, kalau sudah masuk di kondisi begini hanya menunggu waktu saja untuk tiba-tiba door. Kalau kejadiannya saat motor diam sih tidak apa-apa, namun jika sampai dikendarai dalam kondisi kecang tentu sangat membahayakan. Jadi, agar tidak merasakan hal semacam itu jangan sampai asal pompa angin saja ya sobatku.

Ban sudah masuk masa kadaluarsa

Jika kalian berpikir sebuah ban tidak memiliki masa kadaluarsa, tentu merupakan hal salah. Seperti halnya makanan kemasan, benda penting di motor ini juga memiliki masa tertuntu. Tengah waktu ban sendiri, biasanya terletak pada bagian sisi luar roda dengan empat digit angka. Dua digit angka di depan menunjukkan minggu keberapa ban diproduksi. 

Sedangkan dua angka di belakang merupakan tahun ban dibuat. Lalu, masa kadaluarsa ban adalah selama lima atau enam tahun setelah diproduksi. Alasan kenapa ban kadaluarsa bisa tiba-tiba meletus, karena dinding karet dan kawat pada roda cenderurung kering dan getas. Akibatnya, ban kadaluarsa akan sangat rentan pecah ketika digunakan. Tidak percaya, silahkan dibuktikan sendiri. 

Jenis ban yang digunakan adalah yang cacat

Kalau mendengar ban cacat kira-kira apa yang terlintas dalam pikranmu? Yaa, betul sekali sebuah kondisi dimana benda tersebut merupakan sebuah produk yang gagal. Cirinya sendiri ada bagian-bagian yang berlubang atau tibul sebuah keretakan. Bahkan tidak jarang ditemui kawat dalam  ban nonggol dari dalam. Orang memilih roda ini biasanya lantaran harganya yang murah.

Padahal bila dilihat resikonya cukup tinggi. Di mana sangat memungkinkanmu merogoh kocek dalam untuk biaya perawatan motor atau tubuhmu lantaran efeknya. Kenapa begitu? Sebab, salah satu dampak dari penggunaan ban yang cacat adalah membuat roda motor bisa meladak. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk komponen motor pilih yang benar-benar bagus, kendati harus keluar banyak.

Kondisi ban sudah masuk masa pensiun

Banyak pengguna motor yang nekat menggunakan bannya ketika sudah masuk masa pensiun (tipis). Mereka tetap kekeuh untuk memakainya dengan alasan masih bisa digunakan berkendara. Kemudian, para baikers juga sering berpendapat, jika ban yang digunakan masih belum mengalami kerusakan parah, maka roda tak perlu untuk diganti.

Sebenarnya, kebiasaan pengendara yang seperti itu bisa berisiko membahayakan nyawanya sendiri. Ya bagaimana tidak, ban sudah tidak layak dikendarai, tapi masih tetap digunakan. Alhasil, ban bisa meledak sewaktu-waktu tanpa mengucapkan sepatah kata pun. Tidak ada peredam gocangan pada ban denga tekanan angin menjadi alasannya.

Beberapa hal di atas merupakan sebagian besar penyebab dari meletusnya ban secara tiba-tiba. Oleh karenanya, kita harus lebih teliti lagi sebelum menggunakan ban untuk berkendara. Lalu, jangan lupa juga nih untuk selalu rutin melakukan perawatan roda secara berkala. Jangan sampai malas demi motor sehat dan prima.


Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More