Tidak Banyak Diketahui, 5 Hal Sepele Ini Bisa Membuat Cat Motormu Tidak Seindah Saat Baru

Publikasi: 1 tahun 4 bulan 7 hari 14 jam 8 menit yang lalu

Melakukan hal sepele lalu berdampak fatal, tentu menjadi sebuah hal yang meyakitkan ya sobat. Apalagi lagi sampai efeknya dirasakan bertahun-tahun pastinya menjadi nestapa yang tidak terulang lagi. Ngomong-ngomong tentang hal tersebut, ternyata diam-diam ada banyak hal sepele yang jarang diketahui, tapi bisa membuat cat motor bisa tidak seindah saat baru. Seperti contoh terlalu sering terpapar sinar matahari. 

Namun, lebih jauh dari hal itu masih ada lagi beberapa kebiasan sepele tapi merusak bagian tersebut. Mungkin dampaknya tidak akan banyak berpengaruh pada kenyamanan kendaraan, tapi bisa membuat tampilan roda duamu jadi enggak banget. Di mana kegaharannya lutur layaknya es krim terkena panas.  Nah, agar tidak merasakan hal semacam itu? Perhatikan beberapa hal sepele bisa merusak cat di body motormu.

Air hujan bisa berpengaruh kepada cat motormu

Salah satu resiko mengunakan kendaraan roda dua adalah kehujanan. Maka dari itu para baikers kerap membawa sebuah mantel saat bepergian. Masih tentang hal ini, efek hujan ternyata tidak hanya bepengaruh pada pengendara saja. Lebih dari itu, motor juga bisa merasakan dampaknya. Seperti salah satunya adalah terkait dengan body motor.

Di mana zat asam nitrat (NHO3) yang bisa merusak lapisan pengkilap cat motor. Terlebih lagi zat itu bisa mempercepat proses korosi pada bagian logam, seperti pada mesin dan sasis. Berkaca dari kondisi tersebut, sepertinya membilas motor setelah dihatam air hujan adalah yang sangat perlu untuk dilakukan. Jangan sampai, karena lalai motor punya penampakan yang buruk. 

Meski sepele, debu juga bisa membuatmu cat motormu pudar

Selain hujan, debu juga menjadi sesuatu yang patut diwaspadai perihal body kendaraan. Hal ini bukanlah tanpa sebab, pasalnya debu yang terlalu lama berada di bagian motor tersebut akan menyebabkan daya kilap berkurang. Alhasil, tampilan motormu terlihat kusam layaknya muka yang satu minggu tidak pernah tersentuh air.

Bahaya lain dari debu juga bisa menciptakan goresan pada cat motor. Kondisi ini disebabkan oleh partikel dedu di body motor bila digosok kerap meninggal bekas. Oleh karena itu diperlukan cara khusus untuk membersihkannya. Salah satunya trik bisa digunakan adalah dengan menghilangkan zat tersebut dengan membasuhnya menggunakan air bersih atau mengalir.  

Pencucian motor yang tidak tepat

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, jika banyak pengendara roda dua mencuci tunggangannya dengan sabun yang tidak sesuai. Contohnya adalah dengan memandikan motor tercinta menggunakan sabun colek, detergen, dan shampoo. Kedanti hasilnya tetap bersih dan kinclong, namun bila terlalu sering digunakan bisa mempunyai efek buruk untuk cat motor. 

Sebab, bahan-bahan pencuci motor tadi mengandung zat kimia keras yang bisa merusak kualitas dan mengikis cat motor. Selain hal tersebut, ketika memandikan motor kalian juga perlu memperhatikan kondisi motor dan tempat melaksanakan hal tersebut. Maksudnya, usahakan kalau mencuci saat mesin dingin dan berada dalam kondisi teduh.

Terlalu sering terpapar lansung sinar matahari

Seperti telah diungkap di awal tadi, paparan matahari juga menjadi salah satu hal sepele mempunyai pengaruh besar untuk cat motor. Kandungan sinar matahari berupa radiasi sinar ultraviolet (UV) menjadi salah satu alasannya. selain itu UV juga mampu mendekonstruksi lapisan cat, yang megakibatkan warna cat motor kusam, pudar, atau menguning.

Berkaca dari fakta tersebut, Usahakan cari tempat parkir yang teduh, jika terpaksa parkir di tempat terbuka cari sesuatu bisa untuk menutupinya. Ya, mungkin dampaknya tidak akan cepat dirasakannya, namun jadi sebuah hal membahayakan untuk cat motor bola tidak di perhatikan serius.

Jika kalian sudah mengetahui hal-hal sepele bisa membuat cat motormu pudar. Besar harapan ke depan kendaraan roda duamu terus gagah tampilannya seperti saat membeli yang baru. Terlepas dari hal tersebut, lagi-lagi kita ditunjukkan kalau merawat tunggangan tidak boleh sembrono.


Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More