Tips Aman Berkendara Saat Touring Pakai Motor Honda

Publikasi: 1 tahun 7 bulan 12 hari 1 jam 23 menit yang lalu

Hobi touring dan menikmati keindahan alam bersama dengan teman-teman, kamu pasti sudah terbiasa merawat kendaraanmu dengan baik. Untuk kebutuhan touring, motor honda akan membutuhkan persiapan yang tepat, sehingga kendaraan ini benar-benar siap mengantarmu untuk berpetualang ke berbagai tujuan. Kamu perlu melakukan pengecekan kondisi mesin serta body motor terlebih dahulu, untuk memastikan setiap komponen motor hondamu bisa bekerja dengan maksimal. Jangan lupa untuk mengecek satu persatu bagian yang vital, seperti: rem, lampu-lampu, klakson, oli mesin, dan yang lainnya. Selain kondisi motor honda yang prima, pastikan kamu juga memiliki trik yang tepat untuk menikmati perjalanan touring dengan aman dan maksimal. 

Simak beberapa tips berikut ini, yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan perjalanan touring yang aman dengan motor honda:

1.Siapkan kondisi tubuh yang fit

Kemanapun rencana touring yang akan kamu lakukan bersama dengan teman-teman, pastikan kamu sudah mempersiapkan kondisi tubuh yang fit sejak awal. Perjalanan berkendara dengan roda dua akan membutuhkan energi yang banyak, sehingga kamu perlu mempersiapkan diri dengan baik. Penuhi asupan gizi dan tidur dalam jumlah yang tepat sejak beberapa hari sebelumnya, agar kondisi tubuhmu benar-benar fit untuk menjalani touring dengan motor honda kesayanganmu. 

2. Siapkan bekal perjalanan

Jangan lupa untuk mempersiapkan dan membawa bekal perjalanan dalam jumlah yang cukup, termasuk berbagai kebutuhan berkendara, seperti: jaket, jas hujan, sarung tangan, helm, dan yang lainnya. Bawa juga bekal makan dan minum serta obat-obatan seperlunya, terutama jika perjalanan touring ini akan menempuh rute panjang. Bekal makanan dan minuman ini akan mengatasi masalah dan tetap membuat kamu dalam kondisi prima, sebab bisa saja dalam perjalanan touring kamu kesulitan menemukan tempat makan. 

3. Pahami rute perjalanan dengan baik

Sebelum berangkat, pastikan kamu dan teman-teman sudah memahami rute perjalanan yang akan ditempuh. Pilihlah rute yang tepat dan aman untuk dilalui motor honda, sehingga perjalanan touring ini bisa lancar dan sesuai rencana. Untuk menghindari resiko tersesat dan masalah lainnya, pelajari dengan baik rute tersebut sebelum melakukan perjalanan touring.  

4. Patuhi aturan lalu lintas

Tetaplah disiplin selama dalam perjalanan, meskipun kamu melalui jalanan yang sepi. Selalu utamakan keselamatan selama berkendara dengan motor honda. Hindari kebut-kebutan atau bahkan mengambil jalur dengan seenaknya, sebab hal ini bisa menimbulkan masalah di jalan raya. Bukan hanya untuk dirimu sendiri saja, sikap tidak disiplin di jalan raya juga bisa membahayakan keselamatan dan nyawa pengguna jalan lainnya. 

5. Jaga jarak dengan rombongan

Penting untuk selalu menjaga jarak dengan rombongan, apalagi jika kamu akan touring dengan rombongan yang cukup besar. Jaga jarak motor hondamu dengan motor peserta touring lainnya, agar perjalanan tetap lancar dan aman. Selain itu, pastikan kamu juga tidak terpisah dengan rombongan selama perjalanan, sebab hal ini beresiko membuatmu ketinggalan jauh atau bahkan tersesat di perjalanan. 

6. Konsentrasi dan hindari masalah kelelahan

Jagalah konsentrasimu selama mengendarai motor honda di saat touring. Jangan memaksakan diri untuk terus berkendara di saat kamu sudah lelah. Hal ini sangat beresiko dan bisa saja menimbulkan kecelakaan. Sampaikan kepada teman-teman dan mintalah mereka untuk beristirahat sejenak, sehingga tubuhmu yang lelah bisa bertenaga kembali. Bukan hanya kamu saja, teman-temanmu yang lain juga bisa saja mengalami masalah kelelahan seperti ini. 

Untuk menikmati perjalanan touring yang menyenangkan, siapkan motor honda kamu dengan baik sejak awal. Selain itu, cermati juga berbagai tips berkendara di atas, agar perjalanan touring kamu bersama teman-teman bisa berjalan aman dan lancar.

Label : Cari Aman

Comment

User Comment

Your comment

Load More