Tak Hanya Kunci Stang, 4 Cara Ini Juga Efektif Lindungi Motor Dari Sergapan Maling

Publikasi: 1 tahun 6 bulan 6 hari 23 jam 41 menit yang lalu

Dari sekian banyak perlindungan terhadap motor, kunci stang bisa dikatakan merupakan cara yang kerap digunakan untuk melindungi kendaraan dari maling. Bahkan para pemilik motor Honda dengan teknologi terbaru pun, akan memilih cara ini untuk dijadikan perlidungan pertama kepada tunggangannya. Praktis dan mudah untuk dilakukan, pada umumnya menjadi alasan kenapa kunci stang banyak digunkan oleh para baikers untuk menghadapi aksi maling.

Padahal, dalam kenyataannya perlindungan ini sudah ditemukan kelemahaannya oleh para pencuri motor. Hal ini dibuktikan dengan beberapa kali ditemukan kasus curamor, yang mana malingnya membawa kabur motor dengan cara membobol perlindungan kunci stang. Meski demikian, kalian tidak usah perlu ketakutan. Pasalnya, selain hal tersebut masih ada trick-trick lain untuk melindungi kendaraan tercinta dari tangan-tangan jahil. Tidak percaya? Sono buktikan sendiri di ulasan berikut ini.

Meletakan kendaraan di posisi yang aman

Kalau dengan cara satu ini, tidak menggunakan kunci stang pun sebetulnya tidak masalah. Hal ini lantaran, dengan berada di parkiran aman (resmi) kendaraan kalian akan mendapatkan pengawasan yang total. Toh, semisal masih ada blunder dengan kendaraan disikat maling, pelakunya akan mudah untuk diidetifikasi sosoknya. 

Sebab, di setiap tempat parkir resmi selalu terpasang CCTV yang siap mengawasi setiap jengkal wilayahnya. Meski menggaransi kendraanmu, namun kalian diwajibkan untuk menyiapkan sejumlah uang. Pasalnya, parkir resmi jarang ada yang gratis. Yaa, kecuali kalian adalah anak pemilik parkiran, atau pacarannya.

Sucure Key Sutter juga bisa menjadi solusi

Tips kedua yang bisa digunakan untuk menghindarkan kendaraan dibawa kabur maling adalah memanfaatkan fasilitas Sucure Key Sutter. Teknologi yang cara kerjanya menutup lumbang pada kontak kunci ini, akan membuat pencuri kesusasahan untuk menjebol motor kalian. 

Sebab, penutup yang digunakan dinilai mempunyai lapisan yang cukup tangguh sehingga akan tahan tekanan benda tajam atau tumpul. Selain itu, cara membuka penutup kotak kunci yang khusus dan setiap motor berbeda juga semakin menyempurnakan perlindungan model tersebut. Apalagi ditambah kunci stang atau melepas aki kendaraanmu pasti jadi perlindungan sangat jempolan. 

Menambahkan pengaman (gembok) pada bagaian cakram

Selain kedua hal tadi, menambahkan pengaman pada bagian motor juga menjadi cara ampuh lain untuk memproteksi kendaraan dari sergapan maling. Cara kerjanya adalah dengan memasang gembok pada cakram. Kenapa harus di situ? Sebab, dengan adanya benda yang nyangkut pada bagian tersebut, ronda motor kalian akan susah berputar. 

Alhasil, meski sudah dibobol, tunggangan kalian akan masih susah untuk dibawa pergi. Sedangkan, kalau maling memilih untuk melepaskan gembok, tentu memakan waktu yang lama. Itu artinya, peluang mereka diketahui pemilik dan dicurigai orang sangat terbuka lebar. Kalau sudah begitu, menyerah menjadi pilihan mereka dari pada babak belur.

Memasang alarm layaknya sebuah kendaraan roda empat

Pengaman lain yang juga bisa digunakan untuk menghadapi ancaman curamor adalah dengan mengunakan alarm. Meski bakal sedikit merogoh kocek, namun cara tersebut tergolong efektif untuk mengatasi aksi maling. Pasalnya, alarm akan cepat memberi peringatan kepada pemilik kendaraan, jika tunggangannya tengah dalam ancaman tangan jahil. 

Masih berbicara tentang hal tersebut, ternyata saat ini banyak ditemui motor-motor yang oleh pabrikan asalnya dilengkapi oleh sistem pengaman alarm lho. Seperti tahu akan masalah kemanaan motor, teknologi tersebut juga didesain sangat menarik layaknya yang ada di mobil. Salah satu contoh kendaraan yang menggunakan hal tersebut adalah  Honda PCX 150, motor matic ini memiliki berbagai macam fitur premium yang salah satunya alarm anti maling.

BACA JUGA:

Itulah tadi beberapa hal yang bisa kalian gunakan untuk melindungi kendaraan dari aksi maling. Terlepas dari cara-cara tadi, peningkatan kewaspadaan dan penempatan kendaraan adalah hal mutlak yang harus dipenuhi baikers untuk hindarkan motor dari maling.  Ingat yaa, seperti pernah diucapkan Bang Napi, kejahatan bukan hanya terjadi lantaran ada niat pelakunya, tapi juga ada kesempatan.

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati

Comment

User Comment

Your comment

Load More