Tips Aman Berkendara Untuk Anak Sekolahan Dan Pelajar

Publikasi: 8 bulan 30 hari 15 jam 7 menit yang lalu

Banyaknya kendaraan sepeda motor di Indonesia menyebabkan berbagai permasalahan yang baru dimana para remaja seperti anak sekolah sudah wajar menggunakan sepeda motor. Namun beberapa orang khususnya para anak sekolahan dan juga pelajar ini masih kurang menyadari betapa pentingnya keamanan dan juga keselamatan berkendara. 

Selagi masih berada di sini, tentunya kamu akan mempelajari beberapa tips terkait berkendara aman untuk anak sekolahan dan juga pelajar nih bro. Diharapkan selesai membaca ini kamu akan mendapatkan pencerahan yang mungkin bisa dibagikan dengan teman, sahabat, dan juga kenalan kamu nih. 

Oke deh kita bahas mengenai beberapa tips aman berkendara untuk anak sekolahan dan pelajar. 

Luangkan Waktu Untuk Mengikuti Pembelajaran Atau Workshop Safety Riding

Saat berada di bangku sekolah SMA ada banyak sekali kegiatan positif yang bisa diikuti salah satunya adalah workshop safety riding. Ya dengan mengikuti kegiatan ini kamu bukan hanya mendapatkan pengalaman dan juga pengetahuan baru, melainkan kamu akan mendapatkan berbagai teknik berkendara sepeda motor yang baik dan juga benar. 

Acara ini akan sangat pas diikuti oleh anak sekolah yang berumur 15 sampai 17 tahun. Di umur 15 tahun bisa dijadikan sebagai persiapan untuk bisa mendapatkan SIM atau Surat Izin Mengemudi, dan ketika umur 17 bisa dijadikan sebagai salah satu ilmu untuk diterapkan ilmunya.

Di sini kamu akan diajari berbagai macam teknik berkendara menggunakan sepeda motor dengan benar oleh para instruktur yang jelas sudah teruji. Nah agar aman berkendara, ini dia tips aman berkendara untuk anak sekolahan dan juga pelajar yang pertama. 

Pastikan Mendapatkan SIM Atau Surat Izin Mengemudi Terlebih Dahulu 

Peraturan ini bukan ditujukan tanpa alasan ini nih sob, coba deh bayangin aja kalau pengendara sepeda motor tanpa SIM berkendara di jalan raya dengan bebas, apa yang terjadi? Tentunya banyak hal negative yang bisa terjadi. 

Pertama, mereka belum lulus dari pengujian SIM dimana beberapa materi yang diujikan merupakan salah satu pengetahuan dasar di jalan raya yang harus benar – benar dipahami. Sementara itu jika tidak mengetahui beberapa peraturan yang ada di jalan raya bagaimana bisa untuk mematuhi peraturan tersebut?

Selain itu untuk mendapatkan SIM atau Surat Izin Mengemudi ini juga ada persyaratannya bro, salah satunya adalah sudah berumur 16 tahun. Nah, jadi ada baiknya juga jika sebelum berumur 16 tahun jangan mencoba untuk mengendarai sepeda motor di jalan raya ya? Di samping melanggar peraturan tentunya akan sangat membahayakan juga jika belum mengetahui beberapa peraturan dan juga teknik berkendara. 

Jadi pastikan untuk mendapatkan SIM terlebih dahulu dengan mengikuti beberapa workshop yang sering digelar oleh beberapa orang sehingga kamu benar – benar mengetahui teknik berkendara dengan menggunakan sepeda motor dengan baik. 

Selalu Gunakan Peralatan Standar Keselamatan

Selanjutnya adalah peralatan standar keselamatan berkendara. Sebagai seorang pelajar dan anak sekolahan kamu juga harus tetap menggunakan peralatan standar keselamatan berkendara bro. Kenapa? Biasanya anak sekolahan sangat jarang menaati dan sangat sulit untuk diajak menggunakan perlengkapan seperti helm, sepatu dan peralatan keselamatan lainnya. 

Paling tidak gunakan standar keselamatan paling minimal yaitu sepatu, helm, celana panjang dan juga jaket. Dengan memakai peralatan ini kamu sudah menerapkan keamanan yang tentunya akan menyelamatkan kamu nantinya. Jadi pastikan untuk selalu menggunakan perlengkapan yang satu ini. 

Lengkapi Sepeda Motor Dengan Perlengkapan Standar

Yang paling sering dilakukan oleh pelajar dan juga anak sekolahan adalah sering memodifikasi sepeda motor. Sayangnya modifikasi yang dilakukan ini adalah modifikasi dimana tidak menambah aman melainkan mengurangi keamanan sepeda motor. Contohnya seringnya spion sepeda motor standar dicopot ataupun diganti dengan spion yang lebih “modis”.

Sebisa mungkin jangan pernah modifikasi sepeda motor dengan cara yang berlebihan dan mengurangi keadaan standar. Hal ini bertujuan untuk tetap membuat aman sepeda motor, anda bisa lebih aman berkendara jika menggunakan perlengkapan standar. 

Selain itu perlengkapan standar ini juga sudah dirancang sedemikian rupa dengan kondisi jalan yang ada sehingga jika diganti maka tidak akan menjadi maksimal keamanan pada kendaraan sepeda motor. 

Nah itu dia beberapa tips aman berkendara untuk anak sekolahan dan juga para pelajar yang ingin lebih mempraktekan keselamatan berkendara dengan menggunakan sepeda motor. Jadi pastikan untuk mengikuti beberapa cara yang sudah diberikan di atas ya?


Label : Perawatan Motor Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More