wanda

Tips Aman Mengendarai Sekuter Listrik

Publikasi: 1 bulan 25 hari 6 jam 58 menit yang lalu

Beberapa waktu yang lalu heboh beberapa kecelakaan yang menimpa beberapa pengendara skuter listrik yang ada di Jakarta. Tentu saja hal ini menjadi sebuah keprihatinan bagi kita karena dengan masih seringnya terjadi kecelakaan berkendara yang melibatkan kendaraan roda dua. Berkaca dengan kejadian tersebut sebaiknya kita tetap belajar dan terus mempraktekkan bagaimana caranya agar kita bisa lebih aman berkendara di jalan raya. 

Skuter listrik sendiri cukup populer belakangan ini, di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, terdapat beberapa tempat yang menyediakan alat transportasi yang cukup populer di beberapa negara di dunia. Sayangnya pemerintah sendiri belum meregulasi berbagai peraturan terkait dengan skuter listrik sehingga penggunaannya melenceng dari yang seharusnya. 

Peran serta pemerintah tentunya akan menjadi krusial dalam mengatur peraturan yang ada untuk dikembangkan lebih lanjut. Sebagai contoh Singapura bahkan melarang adanya Skuter listrik sehingga memang, layanan seperti ini langsung dicabut di negara Singapura. 

Namun di Indonesia tampaknya masih belum jelas bahkan peraturan baru saja akan dikeluarkan setelah kejadian buruk terjadi yang melibatkan pengguna skuter listrik hingga tewas. Tentunya sekarang juga pemerintah harus segera memberikan peraturan dan juga regulasi yang jelas terkait dengan skuter listrik. 

Selain itu pengendara skuter listrik juga seharusnya tetap sadar bahwa keamanan berkendara tetap harus menjadi “pilihan utama” mereka. Mereka berkendara dengan skuter listrik juga seharusnya tetap memperhatikan keamanan dan juga keselamatan berkendara seperti pada umumnya berkendara dengan menggunakan kendaraan roda dua lainnya. 

Keamanan dan juga keselamatan berkendara hanya akan tercapai jika, semua yang berada di jalan motor memiliki kesadaran tersebut. Jika salah satu ada yang lalai haruslah diingatkan atau ditindak secara hukum yang berlaku. 

Jadi bagaimana sih tips aman berkendara dengan menggunakan skuter listrik? Nah, di sini kita akan membahas mengenai beberapa hal terkait berkendara aman menggunakan skuter listrik, untuk mengurangi tingkat bahaya kecelakaan lalu lintas saat berkendara dengan skuter listrik. Jadi siap – siap ya bro dan sist untuk menyimak baik – baik?

Tips Aman Berkendara Dengan Skuter Listrik

Nah, sampai juga kita ke tips yang bisa digunakan untuk lebih aman berkendara dengan menggunakan skuter listrik. Oke bro, ini dia beberapa tips aman mengendarai Skuter Listrik yang akan membuat berkendara menjadi lebih aman dan juga nyaman. 

Alat Perlengkapan Keselamatan Standar 

Harus diperhatikan bahwa kendaraan apapun yang berada di jalan raya dan beroperasi di jalan raya harus memiliki perlengkapan standar keselamatan dan keamanan, begitu pula dengan sekuter listrik. Nah, pastikan jika skuter listrik harus memiliki peralatan keamanan seperti helm, dan juga body protector yang memang harus ada. 

Jika skuter listrik tersebut tidak memilikinya jangan sekali – kali mencoba untuk mengendarainya karena tentu akan membahayakan untk diri sendiri dan juga orang lain yang ada di sekitar.

Tetap Waspada Dengan Keadaan Di Sekitar

Berkendara di sepanjang jalan membutuhkan kewaspadaan yang harusnya selalu ada. Jika anda sedang mengendarai Skuter listrik ada baiknya untuk tetap waspada. Gunakan lajur kiri atau jalur lambat jika berada di jalan raya. 

Selain itu hormati juga pejalan kaki dan juga jangan pernah merusak jalan yang dihususkan untuk pejalan kaki seperti trotoar, dan askes jalan kaki lainnya. Mengendarai di sekitaran trotoar akan sangat menganggu para pelajan kaki, jadi sebaiknya perhatikan apakah ada akses jalan yang ada di sekitar tersebut, seperti jalur sepeda, dan juga jalur lambat lainnya. 

Belum lagi jika menggunakan skuter listrik di malam hari tentunya akan lebih berbaya, walaupun terdapat lampu yang digunakan sebagai penerangan, kendaraan kecil lebih susah untuk dilihat di malam hari. Bayangkan saja bahwa sepeda motor, dan kendaraan kecil lainnya saja harus menggunakan lampu di siang hari karena sangat sulit terlihat, apalagi kalau malam hari?

Waspada tentunya adalah solusi terbaik jika kamu mengendarainya di malam hari agar tetap aman. 

Patuhi Peraturan Penggunaan Skuter Listrik

Mungkin kamu sudah tahu bro beberapa aturan main dan juga beberapa detail kendaraan ini. Skuter listrik di desain untuk dikendarai satu orang. Sebisa mungkin untuk digunakan oleh satu orang. Jika dipaksakan untuk berboncengan mungkin bisa, namun tentunya akan sangat berbahaya terlebih jika dilakukan di jalan raya yang penuh dengan kendaraan. 

Jadi pastikan untuk gunakan dengan bijak, jangan pernah gunakan untuk berboncengan ataupun memaksakan berjalan di jalan raya yang sangat ramai dengan kendaraan lain di jalan raya. Akan lebih baik jika mengendarai skuter listrik tanpa berboncengan sehingga akan lebih aman. 

Demikian beberapa tips paling aman untuk mengendarai Skuter listrik. Intinya adalah waspada dan juga beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah alat keselamatan standar berkendara. Skuter listrik juga bisa dengan asik untuk ditunggangi jika kamu memperhatikan beberapa hal yang ada di atas. 

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha

Comment

User Comment

Your comment

Load More