Tips Berkendara Sepeda Motor Di Jalan Sempit

Publikasi: 4 tahun 3 bulan 27 hari 17 jam 38 menit yang lalu

Berkendara dengan sepeda motor memang memiliki kelebihan yang sangat banyak dengan menggunakan sepeda motor kamu bisa berkendara di jalan – jalan dan juga gang sempit dimana alat transportasi lainnya tidak bisa mengaksesnya seperti contohnya mobil. Selain itu di dalam kota memang sepeda motor lebih terbukti efektif untuk digunakan mengatasi segala jenis macet yang sering terjadi. 

Namun berkendara dengan menggunakan sepeda motor memang dikenal haruslah memiliki kemampuan lebih. Disamping menjaga keseimbangan, pengguna sepeda motor juga harus memiliki kemampuan fokus yang luar biasa untuk bisa berkendara dengan aman apalagi di jalan – jalan yang sempit. 

Tapi perlu diingat bahwa berkendara di jalan yang sempit memang membutuhkan skill lebih dan tidak semua orang bisa melakukannya. Nah berikut ini adalah beberapa tips berkendara dengan menggunakans sepeda motor di jalan yang sempit. 

1. Berkendara Dengan Badan Tegak

Salah satu hal yang paling harus diperhatikan ketika berkendara di jalan yang sempit adalah keseimbangan. Nah, salah satu cara untuk menjaga sepeda motor tetap dalam keadaan seimbang adalah dengan posisi tubuh yang tegak. Disaat tubuh tegak kamu akan lebih bisa mengendalikan keseimbangan dengan lebih baik. 

Selain itu, jangan pernah untuk melakukan pengereman mendadak ataupun menggerakan stang secara mendadak. Jika secara mendadak kita melakukan manuver kita akan jadi lebih kesulitan untuk menyeimbangkan kembali sepeda motor kita di jalan yang sempit. 

2. Tetap Berada Di Lajur Kiri

Walaupun jalan tersebut sempit kamu juga harus memperhatikan pengendara jalan yang lainnya. Di jalan yang sempit yang biasanya ada di pedesaan ataupun gang – gang perkotaan kita tentunya memiliki kemungkinan untuk berpapasan dengan kendaraan lainnya. Nah, akan sangat bijaksana jika kita tetap memperhatikan kondisi tersebut dan berkendara di lajur kiri. 

Dengan mengendarai sepeda motor di lajur jalan kiri kita akan memberikan kesempatan pengendara lainnya untuk lewat. Selain itu kamu juga perlu untuk mengalah jika memang tidak bisa dilewati oleh dua kendaraan. Kamu bisa berhenti dulu membiarkan sepeda motor lain untuk lewat kemudian barulah kamu kembali berjalan. 

Tips kedua ini sangat efektif untuk jalan di pedesaan maupun di gang perkotaan. Terlebih jika jalan yang dilalui sangatlah sulit medannya. 

3. Memberikan Peringatan 

Kadang di jalan yang sempit kita tidak bisa melihat apakah jalan tersebut kosong atau ada kendaraan lain, terutama di belokan. Nah, disaat seperti ini tidak ada salahnya untuk membunyikan klakson untuk memberikan peringatan. Hal ini sangat membantu kendaraan yang ada di depan kamu akan lebih menyadari bahwa ada kamu yang akan muncul dari belokan. 

Dengan begitu kamu akan lebih aman karena sudah memperingati dan hal yang tidak diinginkan pun bisa dihindari. Praktek seperti ini juga bisa dilakukan di berbagai jalan di pedesaan terutama karena memang jalan berkelok sangatlah sulit untuk kita bisa melihat kendaraan yang ada di depan kita. 

4. Jaga Jarak Aman

Terutama di jalan sempit yang berada di pedesaan biasanya dicampur dengan jalan yang menanjak serta menurun. Salah satu solusi paling efektif agar lebih aman berkendara di jalan sempit ini adalah dengan menjaga jarak dari kendaraan yang ada di depan. Hal ini berguna kalo keadaan darurat terjadi kamu masih memiliki jarak aman untuk misal, melakukan pengereman ataupun hal lainnya. 

Selain itu menjaga jarak aman adalah sebuah teori yang benar – benar harus diterapkan dimana saja karena memang jarak aman sangatlah membantu menghindari kecelakaan dan juga hal tidak diinginkan terjadi. 

5. Sebisa Mungkin Jangan Melewati Jalan Sempit Di Malam Hari 

Berkendara di malam hari merupakan sebuah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Nah, sebaiknya kamu menghindari melewati jalan sempit di malam hari. Kenapa? Karena kita tidak memiliki jarak pandang yang cukup. Kedua, jika kita tidak mengetahui medan yang akan kita lalui tentunya akan sangat berbahaya untuk kamu yang mengendarai sepeda motor, jadi disarankan untuk tidak melewatinya di malam hari. 

6. Cek Terlebih Dahulu Sepeda Motor Khususnya Bagian Rem 

Sistem pengereman ini sangatlah membantu kamu melewati jalanan sempit, karena jika pengereman maksimal kamu akan lebih aman dan tentunya lebih tenang. Jika kamu melewati jalanan sempit yang ada di pedesan, pengereman adalah faktor utama yang harus kamu perhatikan. Jadi sudah wajib hukumnya untuk cek terlebih dahulu kondisi rem kamu. 

Demikian beberapa tips berkendara sepeda motor di jalan sempit yang bisa kamu gunakan. Jika kamu berada di jalan yang sempit ke enam cara ini akan sangat membantu kamu lebih aman melewati jalanan tersebut. 

Perawatan Motor Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor

Berita Terkait