wanda

Tips Aman Menghindari Macet Dengan Sepeda Motor

Publikasi: 16 hari 21 jam 36 menit yang lalu

Berkendara dengan menggunakan sepeda motor memang sangat mengasikkan. Memang berkendara dengan menggunakan sepeda motor sendiri memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang akan kita dapatkan. Biasanya sepeda motor akan lebih cepat dalam menempuh suatu tujuan, tapi khusus untuk perjalanan dalam kota ya? Karena biasanya di dalam kota, khususnya untuk kota besar jalanan akan sangat macet. 

Menggunakan sepeda motor ini sendiri bisa dibilang cukup efektif untuk menghindari macetnya jalanan yang ada di jalanan kota – kota besar. Dengan menggunakan sepeda motor kita bisa menggunakan kelebihan ukuran kendaraan yang kecil dan juga kemudahan dalam memilih jalan alternatif lainnya. 

Tapi bagaimana sih tips aman menghindari macet dengan menggunakan sepeda motor nih brosis? Walaupun kita bisa menghindari kemacetan tentunya harus memperhatikan keselamatan juga kan? Nah, disini kita akan berikan beberapa tips paling aman untuk kamu nih bro dan sis yang ingin menghindari macetnya jalanan dengan menggunakan Sepeda Motor. 

Oke langsung saja nih kita lihat beberapa tips berikut ini. 

1. Berhenti Sejenak Dan Cari Jalan Alternatif Untuk Mengatasi Kemacetan

Saat keadaan macet apalagi di siang hari ada baiknya kita berhenti sejenak nih, selain untuk mengistirahatkan badan kamu juga bisa menggunakan aplikasi Maps atau GPS. Perkembangan teknologi sekarang mampu memberikan kita solusi terbaik untuk berbagai hal, salah satunya adalah informasi mengenai jalan macet. 

Kamu bisa cek GPS alternatif jalan mana yang bisa dilewati agar jalan lebih lancar. Kemudian bisa menggunakan jalan alternatif tersebut untuk bisa sampai ke tujuan kamu nih bro dan sis. Tapi pastikan ya saat membuka Maps harus dengan berhenti dan menepi agar tidak terjadi hal – hal yang diinginkan. 

Setelah mendapatkan solusi jalan alternatif yang tidak macet barulah kamu berjalan lagi, ya itung – itung berisitirahat dari panas dan juga macetnya jalan kan bro dan sis?

2. Bersabar Dan Mengalah Juga Tidak Ada Salahya Kok

Terkadang kemacetan terjadi sebenarnya karena beberapa hal, disamping terlalu banyaknya kendaraan pribadi yang ada di jalan raya, tentunya ada juga faktor ketidak disiplinan pengguna jalan itu sendiri. Sebagai contoh saat berada di jalanan sempit, alih – alih mengantre dan bersabar, beberapa orang malah main terobos. 

Bukan begitu bro dan sis? Jangan – jangan kalian adalah salah satunya nih, yang main terobos jalan semaunya sendiri?

Terkadang main terobos dan ketidak sabaran ini membuat kemacetan panjang dari kedua sisi. Jadi intinya terkadang kita memang harus bersabar untuk bisa mengatasi kemacetan. Jika memang terjadi kemacetan panjang ada baiknya jika kita tidak memperparahnya dengan main terobos dan asal ambil jalan orang lain. 

3. Mencoba Alternatif Transportasi Lain

Mungkin kalian lagi berpikir nih bro dan sis, lah tapi kan ini tips untuk sepeda motor? Kok disuruh menggunakan alternatif tranportasi lain? Jadi kalau bukan kita siapa lagi yang akan memulainya?

Ya, salah satu cara untuk mengurangi kemacetan adalah dengan menggunakan transportasi umum. Kendaraan pribadi sudahlah mencapai batas yang sangat banyak terutama di kota – kota besar yang ada di Indonesia. Jika fasilitas transportasi umum yang ada di kota domisili kalian memadahi, nggak ada salahnya kok nyobain menggunakan transportasi umum yakan?

Misalnya menggunakan bus umum seperti trans Jakarta, atau mungkin KRL, atau mungkin ojek online yang sudah banyak macamnya. Dengan begitu kita mulai untuk menyadari bahwa masalah kemacetan ini kita juga berperan untuk memecahkannya. 

4. Boleh Ambil Sela – Sela Kecil Tapi Jangan Gegabah

Menggunakan sepeda motor berarti kita bisa menggunakan celah – celah kecil antara mobil satu dengan mobil lainnya. Kalian bisa kok bro dan sis menggunakan celah – celah kecil ini di saat keadaan macet, tapi perlu diingat bahwa kalian harus tetap waspada ya? Jangan sampai konsentrasi terpecah saat menggunakan celah – celah kecil ini. 

Selain itu kalian juga perlu memperhatikan keseimbangan diri dan juga meningkatkan skill safety riding kalian lebih baik sebelum melakukan hal ini. Dengan begitu tidak akan terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. 

Berkendara di celah sempit membutuhkan skill dan juga konsentrasi tinggi lho, jadi tidak sembarangan orang bisa melakukannya terlebih untuk yang baru saja belajar mengendarai sepeda motor. Kalau memang tidak yakin lebih baik berhenti dan sabar untuk mengantri. 

Demikian tips aman menghindar macet dengan sepeda motor yang patut kalian coba nih bro dan sis. Jadi biarkan pikiran sehat tetap menyelimuti kamu ya bro dan sis. Karena saat keadaan jalanan macet bukankah kita akan menjadi lebih mudah untuk emosi dan marah. Dengan emosi malah akan memperburuk keadaan bukannya memcahkan permasalahan macet malahan menambah buruk situasi dan keadaan. 

Jadi selamat mempraktekkan beberapa tips yang sudah diberikan di atas ya? Salam safety untuk bro dan sis sekalian. 

Label : Gathering Wahana Honda Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha

Comment

User Comment

Your comment

Load More