Tips Aman Naik Motor Di Malam Hari Bagi Perempuan

Publikasi: 21 hari 16 jam 32 menit yang lalu

Anda mungkin tidak bisa sepanjang waktu mengantar-jemput gebetan. Apalagi di masa pandemi saat ini yang mengharuskan untuk membatasi aktivitas di luar rumah. Namun, apa jadinya kalau dia harus pulang malam sendirian naik motor?

Walaupuan belum bisa menemaninya langsung, ada tips yang bisa Anda sampaikan kepada gebetan agar dia tetap aman. Apa saja yang harus diperhatikan, terutama untuk kaum Hawa yang harus tetap berkendara di malam hari?

Perempuan harus perhatikan ini ketika berkendara motor malam-malam

Pada dasarnya, standar keselamatan tetap harus diperhatikan, entah itu ketika berkendara di siang hari, maupun malam hari. Namun, ada yang mesti ekstra dilakukan khusus di malam hari seperti berikut ini, terutama bagi perempuan.

1. Pilih rute 

Saat berkendara di malam hari, pilih rute terdekat dengan tujuan, demi keamanan. Pastikan rute tersebut merupakan jalur yang aman. Pertimbangkan juga waktu tempuh, cari yang tercepat.

2. Pastikan handphone selalu aktif

Sebelum pulang di malam hari, pastikan handphone tetap aktif. Recharge sebelumnya dan pastikan pulsa atau paket data tersedia. Hal ini penting untuk mengantisipasi kondisi darurat. Tak ada salahnya juga untuk menyimpan nomor-nomor penting yang dapat dihubungi dalam keadaan emergency.

3. Pakai safety gear

Jangan sepelekan kondisi jalan di malam hari. Selalu gunakan helm, jaket, dan sepatu untuk berkendara dengan motor di malam hari, meski hanya akan menempuh jarak dekat.

4. Jaga kecepatan berkendara

Jalanan yang sepi di malam hari bisa memicu keinginan untuk ngebut dan segera sampai di rumah. Namun, tentu saja hal ini bukanlah perilaku bijak berkendara. Meski sepi sekalipun, risiko insiden tetaplah ada. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap menjaga kecepatan dalam batas wajar ketika berkendara dengan motor di malam hari. 

5. Hindari pemakaian perhiasan berlebihan

Sebaiknya jangan mengenakan perhiasan secara berlebihan, demi keamanan di jalan. Apalagi, perhiasan yang berlebihan berisiko memancing perhatian penjahat.

Bagaimana jika terjadi hal darurat?

Apabila motor mengalami kendala di tengah perjalanan, pastikan untuk menepi ke tempat yang aman sebelum mencari bantuan. Namun apabila yakin sedang menjadi incaran pelaku kejahatan, tak ada salahnya membunyikan klakson berkali-kali untuk menarik perhatian warga di sekitar dan meminta pertolongan.

Referensi

https://www.gridoto.com/read/222668903/street-manners-agar-tetap-aman-ini-yang-harus-diperhatikan-wanita-sebelum-berkendara-di-malam-hari

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/30/150100515/simak-ini-tips-mengemudi-aman-bagi-para-wanita

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Aman Bermotor Bagi Wanita

Comment

User Comment

Your comment

Load More