Tips Berkendara Motor Hemat Bahan Bakar

Publikasi: 1 tahun 9 bulan 11 hari 17 jam 11 menit yang lalu

Berkendara dengan menggunakan sepeda motor sudah menjadi kehidupan sehari – hari sebagian masyarakat Indonesia. Sepeda motor merupakan alat transportasi yang cukup digemari, karena lebih cepat mengatasi kemacetan, sepeda motor juga memiliki harga lebih murah daripada transportasi lainnya seperti mobil. Selain itu kelebihan sepeda motor lainnya, adalah sepeda motor sangat mudah melewati berbagai medan, mulai jalan sempit, dan jalan yang tidak bisa dilewati pengendara mobil lainnya.

Sebagai seorang pengendara sepeda motor, bahan bakar merupakan kebutuhan yang cukup rutin untuk dibutuhkan. Konsumsi bahan bakar sepeda motor ini terkadang cukup besar sehingga juga cukup menguras kantong kita. Apakah ada cara untuk menghemat bahan bakar sepeda motor? Tentu saja kamu sampai memutar otak untuk menemukan jawabannya.

Tenang di kesempatan kali ini kita akan membahas tips berkendara motor agar lebih hemat bahan bakar. Jika kamu praktekkan pastinya bahan bakar motor kamu dipastikan akan lebih irit.

1. Pakai Bahan Bakar Dengan Kadar Oktan Lebih Tinggi 

Kadang orang berpikir bahwa bahan bakar seperti premium lebih murah tentunya menjadi lebih irit. Tapi sebenarnya bahan bakar premiu juga memiliki kekurangan yang cukup berpengaruh terhadap keawetan mesin. Jika kita menggunakan bahan bakar yang kadar oktannya lebih tinggi dari premium misalnya pertamax, selain mesin awet juga akan lebih menghemat bahan bakar karena bahan bakar yang dibakar di ruang mesin lebih sempurna.

Kadar oktan yang lebih tinggi ini memiliki kelebihan yang beragam, mulai dari lebih irit dari segi konsumsi bahan bakar, mesin lebih bersih tanpa adanya kerak yang tertinggal di dinding mesin. Memang bahan bakar ber oktan tinggi memiliki resiko seperti mesin jadi lebih panas. Hal ini dirasa tidak menjadi masalah karena sepeda motor di jaman sekarang sudah dilengkapi sistem pendingin mesin yang baik.

Jadi, jika ingin bahan bakar sepeda motor anda lebih irit silakan pakai paling tidak pertamax untuk kegiatan sehari – hari. Pertamax dirasa bahan bakar paling pas karena kadar oktannya juga dirasa paling pas.

2. Memakai Sepeda Motor Sewajarnya

Sewajarnya dalam hal ini adalah saat penggunaan motor jangan terlalu berlebihan asal geber gas. Kamu pernah kan melihat orang yang memakai motor terlebih motor matic yang melakukan asal gas dan asal geber? Nah hal tersebut mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Menggeber gas yang terlalu mendadak menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi boros, daripada dengan cara melakukannya dengan pelan – pelan. 

Selain boros, mesin juga akan menjadi cepat rusak dan tidak tahan lama. Kemudian dari segi keamanan hal tersebut juga membahayakan anda dan orang disekitar anda. Jadi gunakan sepeda motor dengan bijak dan jangan ceroboh.

3. Servis Mesin Secara Berkala 

Cara ketiga adalah dengan cara merawat mesin dengan berkala. Mesin motor yang terawat akan lebih memiliki sistem pembakaran dan penggunaan bahan bakar yang optimal. Dengan pembakaran optimal di ruang mesin tentunya konsumsi bahan bakar menjadi lebih efektif sehingga menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. 

Perawatan mesin secara berkala ini juga akan menguntungkan bagi kamu yang menggunakan sepeda motor dalam kegiatan sehari – hari, karena biaya perawatan akan lebih murah daripada menunggu motor kamu rusak parah. Servis berkala juga dilakukan dengan cara mengecek kondisi pengapian, penggantian oli mesin, yang akan sangat berpengaruh pada performa mesin dan juga bahan bakar yang kamu gunakan.

Label : Perawatan Motor Cari Aman Wahana Makmur Sejati Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More