Tips Berkendara Saat Musim Kemarau

Publikasi: 20 hari 16 jam 24 menit yang lalu

Indonesia yang merupakan daerah tropis dikenal memiliki dua musim yaitu penghujan dan kemarau. Dua musim ini memiliki tantangan tersendiri bagi para pengendara sepeda motor. Jika pada musim penghujan rawan basah, maka pada musim kemarau justru berbeda karena rentan terhadap debu dan dehidrasi. Karenanya, tips berkendara saat musim kemarau tersebut perlu diketahui terutama bagi pengguna sepeda motor.

Mengapa hal ini sangat diperlukan? Karena pengendara motor tidak memiliki fasilitas layaknya mobil yang dilindungi secara menyeluruh dari ujung kaki sampai ke ujung kepala. Karenanya dengan bantuan tips ini Anda bisa menjaga diri dan tetap nyaman ketika berkendara di musim panas. Adapun tips tersebut antara lain:

1. Beristirahat di Sela Berkendara Dan Minum Untuk Mencegah Dehidrasi

Tips berkendara saat musim kemarau yang pertama adalah untuk selalu beristirahat saat melakukan perjalanan jauh. Ketika beristirahat sangat disarankan untuk minum air mineral. Hal ini berguna untuk mencegah dehidrasi. Karena saat musim kemarau yang cenderung panas akan membuat Anda mudah berkeringat sehingga jumlah cairan dalam tubuh akan berkurang. Jika kekurangan cairan maka tubuh mudah lemas sehingga tidak fokus ketika berkendara.

2. Memakai Jaket Dengan Warna Cerah

Tips yang kedua adalah memakai jaket berwarna cerah seperti merah, kuning dan lainnya. Karena jaket yang berwarna gelap cenderung menyerap panas sehingga membuat Anda mudah kepanasan. Sedangkan jaket dengan warna yang cerah tidak mudah menyerap panas sehingga Anda dapat berkendara dengan lebih nyaman.

3. Memakai Masker dan Kaca Helm

Tips berkendara saat musim kemarau yang terakhir adalah memakai masker dan kaca helm setiap waktu. Karena dua alat ini dapat menghalau debu masuk ke mata atau hidung Anda. Karena jika kemasukan debu maka Anda akan mudah bersin dan kelilipan sehingga dapat mengganggu perjalanan Anda.

Nah, itulah tips berkendara saat musim kemarau yang dapat Anda terapkan. Dengan menerapkan hal tersebut Anda bisa beraktifitas dengan lebih baik bahkan di saat musim kemarau yang panas dan terik sekalipun.

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More