Tips Sederhana Agar Terhindar Dari Kecelakaan Di Jalan Raya

Publikasi: 23 hari 16 jam 35 menit yang lalu

Setiap tahunnya terjadi ratusan bahkan ribuan kecelakaan di jalan raya. Sebagian besar kecelakaan tersebut terjadi bagi pengguna kendaraan sepeda motor. Tentu penyebabnya sangat banyak dan bisa berasal dari pengendara sendiri ataupun lainnya. Karenanya Anda perlu tahu tips sederhana agar terhindari dari kecelakaan agar selamat ketika berkendara.

Tips sederhana ini dapat Anda terapkan dengan mudah dan bisa digunakan untuk mobil atau sepeda motor. Namun, tips ini akan semakin bermanfaat untuk pengendara motor mengingat pemilik sepeda motor jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan mobil di Indonesia. Adapun tips sederhana agar terhindar dari kecelakaan tersebut adalah:

1. Cek Kondisi Kendaraan

Setiap akan bepergian pastikan Anda memeriksa kondisi kendaraan dengan seksama. Ketika memanaskan mesin pastikan untuk memeriksa rem, oli, rantai dan kebersihan kendaraan. Hal ini dasar seperti sangatlah penting karena dapat membuat perjalanan Anda lebih aman dan nyaman.

Anda juga perlu membawa motor ke bengkel untuk perawatan lebih lanjut secara berkala. Karena Anda harus mengganti oli setiap beberapa bulan sekali atau mengganti beberapa bagian spare part karena telah usang.

2. Gunakan Alat Pengaman Dengan Baik dan Sesuai SNI

Tips sederhana agar terhindar dari kecelakaan yang berikutnya adalah memakai pengaman seperti helm SNI. Selain helm pastikan Anda memakai jaket, sepatu, sarung tangan dan masker terlebih di saat pandemi corona saat ini.

Alat pengaman ini penting untuk menjaga Anda dari panas terik, debu serta virus tapi juga bisa menjaga diri ketika terjadi kecelakaan. Jika Anda hanya bepergian untuk jarak dekat, maka minimalnya gunakan helm untuk menjaga diri ketika terjadi kecelakaan.

3. Berkendara Sesuai Aturan

Sebagian besar kecelakaan lalu lintas yang terjadi dikarenakan pengemudi yang melanggar rambu dan aturan lalu lintas. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku dimanapun berada. Karena dengan mematuhi hal tersebut Anda telah menolong diri sendiri dan orang lain dari kemungkinan terjadinya kecelakaan di jalan raya.

Nah, itulah beberapa tips sederhana agar terhindar dari kecelakaan di jalan raya. Jangan lupa untuk selalu berdoa ketika bepergian agar Anda selalu terhindar dari maha bahaya.

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More