Wahana Honda

Tips Memilih Motor Yang Tepat Sesuai Dengan Ukuran Tubuh

Publikasi: 5 bulan 15 hari 18 jam 20 menit yang lalu

Memilih motor yang sesuai ukuran tubuh memang gampang-gampang susah. Bisa terlalu tinggi, terlalu rendah, terlalu lebar, terlalu kecil, atau jika semua aspek itu sudah terpenuhi, Anda tidak terlalu menyukai bodi motornya. Aspek terpenting dari memilih dan mengendarai motor terletak dari segi kenyamanan saat berkendara. Jika aspek kunci ini absen, aktivitas berkendara akan terganggu.

Lakukan Uji Coba

Cara terbaik tentunya Anda bisa mengunjungi dealer motor honda resmi untuk memastikan jika motor yang ingin dibeli sudah sesuai kebutuhan, baik dari segi tinggi, lebar, tingkat kenyaman, dan fitur-fitur yang Anda inginkan.

Keselamatan yang Utama

Pastikan juga Anda tidak gegabah. Untuk mengukurnya, silakan coba untuk melakukan pengecekan jarak antara tangan ke bagian kontrol transmisi motor, hingga jarak dari kursi ke kaki, serta pastikan seberapa mudah Anda bisa menjangkau tanah.

Jika kaki Anda tidak sepenuhnya bisa menyentuh tanah dan nampak hanya berjinjit, jangan sekali-sekali berpikir untuk membeli motor tersebut sekalipun semua fitur, harga, dan modelnya sudah Anda sukai karena hal ini bisa berakibat fatal pada keselamatan berkendara di jalanan.


Pilih Jenis Motor

Masing-masing orang tentu memiliki selera yang berbeda, pastikan juga jika jenis motor pilihan Anda bisa sesuai dengan yang Anda inginkan dan tentunya sesuai dengan postur tubuh untuk memaksimalkan fungsi dan keselamatan. Sebagai contoh, motor sport kurang cocok digunakan untuk orang berpostur agak pendek karena jangkauan kaki ke dasar akan jauh lebih sulit.

Jika Anda bertubuh agak pendek, pilihan motor Honda Vario bisa dijadikan acuan. Honda Vario 110 FI misalnya, yang memiliki jarak ke tanah sejauh 132,5 mm dan tinggi tempat duduk 734 mm.

Pengalaman Berkendara

Tak bisa dipungkiri jika jam terbang berkendara juga akan menjadi pengaruh dalam proses pemilihan motor baru. Jika jam terbang sudah tinggi, tak salah jika mencoba untuk sedikit ‘nakal’ dan mencoba jenis motor yang agak kurang sesuai postur tubuh, seperti jenis motor touring misalnya. Namun jika ini merupakan motor pertama Anda, coba dulu pilih motor yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda dalam berkendara.



Label : Matic

Comment

Your comment
Load More