Tips Menghilangkan Karat Pada Motor

Publikasi: 11 bulan 21 hari 43 menit yang lalu

Tidak perlu khawatir, jika  menemukan ada karat terdapat pada  sepeda motor milikmu.Ada beberapa tips yang  bisa dilakukan untuk menghilangkan karat pada motor. Mau tahu?

Ini beberapa  pilihan  bahan yang bisa digunakan

Oli Bekas

Jika punya  oli bekas ada baiknya tidak dibuang. Cara menggunakan oli bekas untuk menghilangkan karat tersebut mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan oli ke bagian motor yang berkarat.

Setelah itu, nyalakan mesin motor. Biarkan panas sekitar 1-2 menit. Nah, panas mesin ini bisa menghilangkan karat pada motor.Jika masih punya waktu luang, bisa juga membersihkan bagian lubang knalpot dengan oli bekas.

Pembersih Keramik

Pembersih keramik punya daya angkat kotoran juga karat yang bagus. Cara menggunakannya pun  terilang mudah.

Pertama, oleskan pembersih ini pada bagian motor yang berkarat. Tunggu sampai karat terkelupas. Setelah itu, sikat atau gosok dan bersihkan dengan air serta lap. Namun, perlu diketahui, pembersih keramik mengandung bahan cukup berbahaya jika terkena kulit maupun mata.

Oleh karena itu, sangat disarankan menggunakan sarung tangan plastik saat menggunakan pembersih tersebut agar tidak terkena kulit dan mata. Selain itu, hindari pembersih keramik tercecer ke bagian lain seperti blok motor karena dapat merusaknya.

Cuka

Cuka juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat motor. Kamu bebas menggunakan jenis cuka apa saja, bisa cuka putih maupun cuka apel. 

Sebagai informasi, cuka memiliki kandungan asam tinggi yang dapat menghilangkan karat pada motor, termasuk di bagian-bagian kecil seperti baut.

Jika pilih cara ini, rendam bagian motor yang berkarat dengan cuka semalaman. Kemudian gosok dengan sikat untuk menghilangkan sisa karat yang masih menempel.

Stempet atau Gemuk

Bagi pecinta otomotif,  stempet atau gemuk bukan produk  asing.

Sebagai informasi, stempet merupakan suatu cairan kental dan mirip seperti gel yang biasa digunakan sebagai pelumas mesin motor dan bisa digunakan untuk menghilangkan karat dan membuat mesin motor tidak mudah aus.

Oleskan stempet  hanya pada bagian motor yang berkarat secukupnya. Stempet bertekstur lengket ini  jangan gunakan pada bagian rantai agar tidak cepat rusak.

Rust Remover

Ini merupakan produk pembersih yang biasa digunakan untuk membersihkan kerak air dan karat besi.

Produk tersebut dinilai cukup efektif membersihkan berbagai jenis bahan seperti besi, stainless steel, dan lain-lain. Selain itu, rust remover juga mampu menghilangkan karat pada besi motor.

Cara menggunakannnya, cukup semprotkan rust remover pada bagian besi motor yang berkarat lalu diamkan selama satu menit. Kemudian gosok dengan lap microfiber agar benar-benar kering dan tidak menimbulkan karat.

Saat menggunakan produk tersebut,  jangan lupa pakai sarung tangan dan pastikan jauh dari jangkauan anak-anak karena cairannya cukup berbahaya. 

Pertamax Plus

Alternatif  cara ini bisa dipakai jika tidak memiliki oli bekas untuk menghilangkan karat pada motor adalah Pertamax Plus.

Cara menggunakannya,  campurkan Pertamax Plus dengan Solar atau minyak tanah dengan perbandingan 1:2. Kemudian, oleskan campuran ini pada bagian motor yang berkarat secara merata.

Diamkan beberapa saat, lalu digosok. Untuk mendapat hasil yang maksimal, pakai sikat gigi atau sikat kawat. Di sisi lain, Pertamax Plus dapat digunakan untuk menghilangkan karat pada stailess steel.

Pasta Gigi

Kami pasti tidak menyangka pasta gigi punya manfaat lain selain membersihkan gigi. Dan bisa digunakan untuk menghilangkan karat motor. Pasta  sesungguhnya memiliki kandungan yang bisa mengangkat karat membandel sekali pun. Dan  bahkan dapat membuat permukaan besi motor jadi terlihat seperti baru.

Untuk menggunakan cara ini, oleskan pasta gigi pada bagian motor yang berkarat, kemudian tunggu beberapa saat. Lalu, gosok dengan sikat halus atau kain. Ulangi langkah-langkah ini sampai karat pada motornya hilang.

Baking Soda

Baking soda dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan karat pada motor. Jika belum memilikinya, baking soda  bisa dibeli di toko terdekat.

Cara memakai baking soda untuk hilangkan karat motor sangat mudah. Pertama, campurkan baking soda dengan air plus perasan air jeruk nipis. Lalu, sikat bagian motor yang berkarat dengan baking soda tersebut. Diamkan beberapa waktu sebelum digosok.

Baking soda sebenarnya mempunya manfaat lain. Selain karat, baking soda juga dapat digunakan untuk mencegah korosi pada besi.

Cairan Soda

Tidak hanya baking soda, cairan soda juga dapat menghilangkan karat motor. Caranya, basahi bagian motor yang berkarat dengan soda. Gosok dengan menggunakan alumunium foil hingga karatnya benar-benar hilang.

Setelah itu, basuh dengan air. Ini bertujuan untuk mencegah efek buruk dari cairan soda yang sudah digunakan di kemudian hari. Cairan soda juga dipercaya untuk membersihkan korosi.

Amplas

Amplas banyak digunakan untuk menghaluskan permukaan benda yang kasar seperti kayu agar lebih halus. Ternyata, amplas juga dapat digunakan untuk menghilangkan karat pada bagian motor, seperti salah satunya pelek. Menghilangkan karat dengan amplas mudah di mana tidak menggunakan tambahan apapun.

Langkah pertama, pastikan bagian motor yang akan diamplas bersih dari debu ataupun kotoran lain terlebih dahulu. Jika sudah, gosokkan bagian motor yang berkarat dengan amplas secara perlahan agar tidak merusaknya.

Perlu diketahui, amplas dapat mengikis permukaan besi sehingga jangan sering digunakan untuk menghilangkan karat pada rangka motor.Untuk mengangkat karat yang cukup sulit, bisa menggunakan amplas dengan permukaan sedikit kasar.

Namun sebaliknya, jika hanya ada sedikit karat, sebaiknya gunakan permukaan amplas yang lebih halus.

Bubuk Asam Sitrat

Bubuk ini punya kandungan asam cukup tinggi yang dapat membersihkan karat motor dengan mudah.

Cara menggunakannya, campurkan bubuk asam sitrat dengan air hangat secukupnya. Selanjutnya, rendam bagian motor yang berkarat dengan bubuk tersebut yang sudah mencair.

Diamkan beberapa saat hingga karat hilang. Jika tak dapat direndam, bisa semprotkan campuran asam sitrat tadi lalu gosok dengan lap atau sikat yang halus.

Bisa dibilang asam sitrat merupakan cara alami untuk menghilangkan karat tanpa menggunakan bahan berbahaya.

Cara Mencegah Karat pada Motor

Ada beberapa cara untuk mencegah motor berkarat.Setelah digunakan dalam kondisi hujan, segera cuci motor. Jangan lupa lap sisa air pada bodi motor.Dengan demikian, kotoran yang menempel pada motor terangkat dan karat tidak muncul.

Pastikan benar-benar kering agar motornya tidak alami korosi. Selain itu, jangan lupa beri pelumas anti karat pada bagian motor yang rawan berkarat seperti knalpot. Ini bertujuan untuk meminimalisir risiko motor berkarat.

Saat motor diparkir, sebaiknya diberi pelindung guna mencegah terkena hujan serta panas.Jika ada part motor yang sudah tidak bisa digunakan karena berkarat, sebaiknya diganti segera.

Nah, jika sudah tahu  cara membersihkan karat  dan mencegah munculnya  karat, jangan lupa  selalu melakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin  di bengkel AHASS terdekat , agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan  pula layanan booking service    dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service. 

Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Wahanahonda Karat Pada Motor Karat Motor

Berita Terkait