Tips Menghindari Begal Untuk Para Pengendara Motor

Publikasi: 14 hari 3 jam 58 menit yang lalu

Mengerikan sekali ya, berita mengenai para begal yang seringkali mengincar pengendara motor. Dibanding pengguna mobil, pengendara motor memang lebih rawan karena tidak bisa melindungi diri di balik pintu dan jendela. Meski demikian, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari aksi para begal. Berikut informasinya:

Sebisa mungkin berkendara sebelum tengah malam

Kejahatan begal banyak terjadi larut malam dan dini hari saat jalanan sepi. Itulah mengapa sebaiknya Anda tidak berkendara di jam-jam rawan tersebut. Jika terpaksa pulang sangat larut, usahakan untuk melewati jalan protokol yang ramai orang dan hindari melalui jalan sepi apalagi yang berdekatan dengan area hutan atau perkebunan.

Kenali jalan yang Anda lalui

Mengenaki rute perjalanan dengan baik juga bisa menyelamatkan diri Anda dari orang yang berniat jahat. Saat Anda menyadari ada orang yang menguntit dari belakang, Anda bisa memacu gas dan berbelok ke arah jalanan atau lingkungan yang lebih ramai. Anda juga bisa berhenti di area yang ramai orang seperti cafe 24 jam, pos polisi, atau perumahan penduduk.

Terus melaju saat ban pecah tiba-tiba

Berkendara dengan kondisi ban pecah memang berbahaya. Namun di sisi lain, saat Anda berada di jalan sepi dan rawan lalu ban mendadak pecah, bisa jadi ada begal yang sudah menunggu Anda di suatu tempat. Usahakan untuk terus berjalan sampai area yang lebih ramai, baru Anda bisa mengecek kondisi ban.

Jangan bermain smartphone 

Sepulang kerja mungkin Anda merasa lelah dan bosan, sehingga memutuskan berkendara sambil main smartphone. Selain melanggar aturan lalu lintas, hal ini juga bisa menarik perhatian orang jahat. Orang yang tadinya tidak memiliki niat apa pun, bisa jadi tergiur untuk menarik smartphone Anda dan mencurinya. Anda juga bisa jadi terjatuh karena hilang keseimbangan.

Musibah memang tidak bisa dihindari. Namun banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan meminimalisirnya. Pastikan selalu waspada dan berhati-hati di jalan raya, ya!

Label : Cari Aman Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More