Tips Sederhana Minimalisir Masalah Dan Kecelakaan Saat Bermotor Di Kala Hujan

Publikasi: 4 bulan 2 hari 6 jam 57 menit yang lalu

Musim penghujan merupakan salah satu waktu di mana hampir semua jalanan menjadi licin karena curahan air dari langit menggenangi tanah atau aspal. Bahkan bagi kebanyakan penggemar motor yang sering melakukan touring atau hanya sekadar bepergian menggunakan kendaraan roda dua ini akan memahami betapa sulitnya harus melaju di saat musim hujan dibandingkan musim lainnya.

Hal tersebut dikarenakan selain jalanan menjadi licin, temperatur menurun dan menjadikan pandangan menjadi berkurang karena terhalang kabut serta kemungkinan terjadinya kecelakaan lebih tinggi dibandingkan ketika berkendara di saat musim panas.

Untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan dan dapat berkendara dengan nyaman dan juga aman, maka berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

Lindungi diri dari hawa dingin dan basah

Sudah barang tentu akan menjadi satu hal yang kurang nyaman ketika berkendara, di mana badan merasa sangat dingin dan ditambah pakaian yang dikenakan juga basah karena air hujan. Selain ada risiko akan terkena flu, fokus berkendara juga akan berkurang karena hawa dingin tersebut.

Oleh karena itu, selain mengenakan jas hujan, tidak ada salahnya juga untuk memakai perlengkapan lain seperti jaket motor atau jas kulit, helmet, sarung tangan sampai dengan sepatu karet atau kondom untuk sepatu. Memang akan terasa sedikit merepotkan, akan tetapi dengan melengkapi diri menggunakan perlengkapan bermotor seperti itu, maka secara tidak langsung akan melindungi diri dari berbagai risiko, terutama kram karena hawa dingin atau sejenisnya.

Memasang aksesori tambahan

Memang ada kalanya seseorang tidak terlalu menyukai jika motor yang dimilikinya terlalu banyak terpasang berbagai aksesori yang dirasa justru membuat penampilan menjadi kurang menarik. Akan tetapi ketika musim penghujan tiba, tidak ada salahnya untuk memasang beberapa aksesori tambahan, seperti visor sampai dengan lampu sorot tambahan.

Hal tersebut memiliki fungsi yang beragam, seperti contohnya visor dapat berguna untuk meminimalisir terkena cipratan kotoran atau air dari kendaraan lain di depannya ketika berkendara, pelindung body yang berfungsi untuk melindungi mesin dari kotoran atau juga lampu sorot yang berguna saat hujan lebat ataupun kala kabut turun dengan pekatnya sebagai penanda bagi kendaraan lain di depan atau sekitarnya.

Memperhatikan keadaan motor

Tentunya selain hal-hal lain, yang terpenting adalah Anda wajib memperhatikan keadaan atau kondisi kendaraan. Apabila kendaraan memiliki kendala, maka segera servis agar ketika digunakan berkendara tidak sampai membuat masalah di perjalanan. Sebelum melakukan perjalanan menggunakan motor, banyak hal yang wajib diperiksa selain bahan bakar, yaitu seperti oli, ban sampai dengan lampu penerangan.

Setelah semua dianggap beres, maka Anda dapat melakukan perjalanan dengan tenang dan aman.

Label : Cari Aman Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Tips Saat Hujan Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More