Tips Mudik Lebaran Pakai Motor

Publikasi: 1 bulan 20 hari 14 jam 54 menit yang lalu

Mudik panjang Lebaran 2024 selalu dimanfaatkan oleh pemotor untuk pulang kampung atau sekadar berekreasi di tempat wisata. Saat melakukan perjalanan jarak jauh, pengendara dan kondisi motor wajib dalam keadaan sehat agar lancar dan selamat sepanjang perjalanan. Lantas, persiapan apa yang perlu dilakukan sebelum melakukan perjalanan jauh menggunakan motor.

Berikut tips perjalanan jarak jauh:

Kendaraan Wajib Prima

Sebelum melakukan perjalanan, wajib memeriksa kondisi motor. Pastikan seluruh komponen motor telah diperiksa dengan baik. Pastikan ban, oli, aki, kampas rem, sistem penerangan, dan lainnya dalam kondisi normal. Sangat disarankan untuk melakukan servis di bengkel lengkap sebelum melakukan perjalanan jauh.

Badan Sehat

Menjelang hari keberangkatan, pastikan fisik Anda dalam keadaan sehat. Tidurlah dengan cukup dan jaga asupan makan serta minum untuk meningkatkan konsentrasi ketika berkendara.

Gunakan Map

Mengetahui rute jalan yang akan dilewati dapat menghindari kita dari bahaya. Pasanglah map melalui handphone. Berkendara perlu dilakukan dengan penuh kewaspadaan terutama saat melintasi daerah rawan. Hindari berkendara pada malam hari, terutama ketika melewati rute yang sepi dan minim penerangan.

Tertib Lalu Lintas

Wajib patuhi rambu lalu lintas dan marka jalan. Dengan mengikuti rambu dan marka yang ada, berkendara dapat lebih teratur dan terkontrol.

Pakai Riding Gear

Gunakan helm full face, jaket riding, sarung tangan riding, celana panjang, kacamata, dan sepatu yang menutup mata kaki untuk meminimalisir cedera tubuh saat mengalami kecelakaan di jalan. Jika berkendara pada malam hari, penggunaan riding gear warna cerah dapat memudahkan pengendara lain melihat Anda, terutama di jalan yang minim penerangan. Jangan lupa bawa serta jas hujan 2 piece untuk digunakan sewaktu-waktu saat hujan mengguyur.

Bawa Barang Secukupnya

Membawa barang atau beban berlebihan dapat mengurangi akselerasi motor dan berisiko membuat motor kurang stabil dan Box kemungkinan tersangkut dengan kendaraan lain ketika hendak mendahului.

Perhatikan Boncengan

Pastikan tidak membonceng lebih dari satu orang. Selain dilarang secara undang-undang lalu lintas, kondisi tersebut berbahaya bagi keselamatan berkendara dan bisa membuat kendaraan menjadi rusak.

Sebelum mudik, jadwalkan perawatan motor di bengkel AHASS. Lakukan juga pemeriksaan sekaligus perawatan motor secara rutin di bengkel AHASS agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor, termasuk ban tetap bisa bekerja secara optimal. Manfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.*

Mudik Lebaran Cari Aman Safety Riding Berkendara Aman Mudik Balik Bareng Honda

Berita Terkait