Tips Naik Motor Tinggi Jika Tubuh Kurang Tinggi

Publikasi: 20 hari 2 jam 58 menit yang lalu

Mengendarai motor tinggi seperti motor sport tentu memiliki tantangannya tersendiri, terutama untuk pengendara dengan tinggi kurang dari 165 cm. Jika termasuk salah satunya, bukan berarti Anda dilarang berkendara dengan motor tinggi. Hanya saja, ada tips serta aspek-aspek keselamatan yang tidak boleh luput.

Naik motor tinggi bukanlah sekadar gaya-gayaan. Apalagi untuk pamer di depan gebetan. Yang penting, Anda mengetahui langkah-langkah aman untuk mengendarainya. Sebelum mencoba-coba menawarkan boncengan untuk gebetan, yuk simak dulu tips aman untuk naik motor, jika tubuh Anda kurang tinggi.

3 Langkah aman naik motor untuk pengendara bertubuh pendek

Sebelum berkendara dengan motor tinggi di jalan raya, ada tiga hal yang sebaiknya Anda lakukan. Pertama, melatih keseimbangan. Kedua, memilih lokasi pijakan. Ketiga, membangun kepercayaan diri.

1. Melatih keseimbangan

Practice makes perfect. Semakin sering berlatih, maka semakin lancar pula Anda mengendarai motor berpostur tinggi. Untuk memulai latihan, cobalah naik motor dengan kecepatan rendah terlebih dahulu, dalam jalur lurus. Apabila sudah mulai lancar, Anda bisa berlatih dengan pola angka delapan.

2. Memilih lokasi pijakan

Salah satu kesulitan naik motor tinggi adalah untuk memijak tanah atau aspal ketika sedang berhenti. Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan berada di dekat trotoar jika sedang menghadapi kemacetan di depan. Cara lainnya adalah dengan sedikit menggeser pantat agar kaki bisa menjejak ke bawah. 

3. Membangun kepercayaan diri

Menguasai teknik dan meningkatkan keterampilan berkendara memang penting. Namun yang juga tak boleh dilupakan adalah keyakinan dan kepercayaan diri. Jangan ragu-ragu ketika akhirnya Anda harus mengendarai motor tinggi di jalan raya, tentunya dengan berbekal latihan.

Cara awal menaiki motor

Sebelum akhirnya mengendarai motor tinggi kesayangan, perhatikan cara menaikinya terlebih dahulu, seperti berikut ini.

  • Posisikan motor dengan standar miring.
  • Injak step dengan kaki kiri, posisikan tubuh seperti hendak naik tangga.
  • Langkahkan kaki kanan melewati jok dan pijak step kanan.

Setelah mengetaui tips di atas, jangan lupa untuk berlatih dan selalu mengenakan helm SNI serta kelengkapan lainnya ya. 

Referensi

https://kumparan.com/kumparanoto/tips-mengendarai-motor-tinggi-untuk-pengendara-berpostur-pendek-1tlQ13E7SKm/full

https://otoplasa.co/tinggi-badan-di-bawah-170-cm-nih-cara-naik-motor-trail/

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More