Tips Postur Berkendara Motor Yang Baik Dan Ideal

Publikasi: 3 bulan 26 hari 4 jam 3 menit yang lalu

Berkendara motor tentu memiliki cara tersendiri yang berbeda dibandingkan saat Anda mengendarai sebuah mobil. Salah satu hal khusus yang harus diperhatikan saat Anda menunggangi sepeda motor adalah postur atau posisi tubuh Anda.

Anda harus memastikan bahwa seluruh postur tubuh Anda tersebut cukup baik dan ideal sesuai dengan standar berkendara. Dengan demikian, kualitas atau pengalaman Anda saat mengendarai motor di jalan raya pun akan terasa lebih nyaman dan maksimal. Postur tubuh yang ideal ini juga memungkinkan Anda terhindar dari kelelahan yang berlebih. 

Nah, pada artikel kali ini, Wahana Honda akan menyajikan informasi mengenai postur tubuh yang ideal saat berkendara motor yang disarankan oleh para ahli. Penasaran kira-kira posisi seperti apa yang direkomendasikan? Berikut ulasan lengkapnya.

Postur Berkendara Motor yang Baik dan Ideal

1. Pastikan pandangan fokus dan lurus ke depan

Postur pertama yang harus Anda perhatikan adalah pada bagian mata. Pastikan untuk tetap fokus pada jalanan yang ada di depan Anda. Hindari menyetir kendaraan sambil bermain hp karena ini sangat berbahaya bagi keselamatan Anda maupun pengendara lain.

Lihatlah seluruh kondisi medan jalanan yang ada di depan mata. Sehingga apabila terdapat kejadian yang tiba-tiba Anda dapat segera mengantisipasinya. 

Sebut saja ketika Anda tengah berkendara dan kendaraan yang ada di depan Anda melakukan pengereman mendadak. Jika Anda fokus, maka hal yang akan Anda lakukan pertama kali adalah mengurangi kecepatan serta melakukan pengereman. Namun jika Anda kurang fokus, risiko seperti menabrak atau kecelakaan sangat mungkin terjadi.

2. Kondisi bahu harus rileks dan punggung tegap

Tak perlu tegang saat mengendarai motor di jalan raya. Anda hanya perlu tetap tenang dan menikmati perjalanan Anda tersebut. Pastikan juga punggung dalam kondisi tegak dan jangan terlalu membungkuk karena hanya akan membuat Anda lebih cepat pegal dan penat. Selain, itu posisi duduk yang tegak dan lurus juga akan menghindarkan Anda dari risiko sakit punggung.

3. Perhatikan kondisi siku tangan

Postur tubuh yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah posisi siku tangan. Buatlah kondisi di mana siku agak menekuk. Tujuannya adalah untuk mengatasi getaran dari motor ketika melewati jalanan yang tidak rata atau bergelombang agar tidak langsung mengarah ke pundak.

4. Pastikan telapak tangan dapat memegang kendali motor secara menyeluruh

Jari-jari tangan menjadi salah satu yang terpenting untuk diperhatikan juga posisinya. Pastikan bahwa Anda dapat memegang seluruh kendali motor dengan jemari tersebut. Mulai dari gas motor, rem hingga tombol-tombol yang ada di kemudi. Selain itu, pastikan bahwa Anda memegang erat kendali stang motor agar tidak mudah jatuh dan tetap dalam kondisi yang seimbang.

5. Buat nyaman posisi duduk dengan memperhatikan pinggul

Selanjutnya, postur pinggul menjadi salah satu yang sangat penting untuk diperhatikan. Mengingat pada bagian tubuh ini seringkali mengalami cedera atau lebih cepat pegal saat digunakan duduk dan berkendara cukup lama. Terutama jika medan jalanan yang Anda lewati cukup banyak bebatuan dan kurang rata. Sudah pasti bagian pinggul akan menjadi lebih cepat pegal.

6. Perhatikan juga kondisi lutut

Jika Anda berkendara dengan motor ber-CC besar atau motor gede, maka posisi lutut yang tepat adalah dengan meletakkannya dekat dengan tangki bensin. Hal tersebut akan mengurangi risiko kelelahan yang Anda alami nanti.

Sedangkan jika Anda mengendarai motor bebek atau motor matic biasa, pastikan posisi lutut berada di belakang dasbor. Jangan membukanya terlalu lebar karena dapat mengganggu jalannya pengendara lain sekaligus jangan terlalu dipersempit karena membuat cara berkendara Anda kurang nyaman.

7. Posisi kaki yang ideal

Terakhir ada kaki yang juga harus Anda perhatikan juga posisinya. Baik pengendara maupun penumpang pada motor sudah diberikan footstep-nya masing-masing. Untuk itu, jika Anda yang mengemudikan kendaraan, pastikan untuk menginjak footstep yang disediakan bagi pengendara, ya.

Pastikan juga Anda dapat mengendalikan kaki secara keseluruhan. Ketahui kapan Anda harus menambahkan gigi dan kapan harus menguranginya. Selain itu, jika motor yang Anda kendarai adalah motor non-matic, perhatikan juga penggunaan rem kaki untuk mengurangi kecepatan dan menghindari kecelakaan.

Nah, itulah tadi beberapa tips mengenai postur tubuh yang ideal bagi pengendara motor. Sudahkah Anda menerapkannya dalam pengalaman berkendara sehari-hari? Jika belum, yuk mulai ikuti postur tubuh ideal yang dianjurkan di atas. Selain dapat membuat pengalaman berkendara Anda jauh lebih nyaman dan menyenangkan, posisi tubuh yang ideal juga menghindarkan Anda dari risiko terkilir, pegal dan lain-lain. Happy safe driving!

Label : Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda Wahana Honda Wahanahonda Motor Honda Posisi Berkendara Postur

Comment

User Comment

Your comment

Load More