Tips Safety Riding Ini, Akan Membantu Mencegah Pemotor Terlibat Tabrakan Beruntun

Publikasi: 1 tahun 9 bulan 28 hari 19 jam 53 menit yang lalu

Sebagai seorang pengguna jalan, kita cukup prihatin dengan kurangnya kesadaran keselamatan dalam berkendara di jalan raya. Jika dibandingkan dengan negara – negara lainnya, Indonesia sendiri memiliki angka kecelakaan yang cukup besar, walaupun beberapa tahun terakhir berkurang. Kecelakaan yang terjadi memang disebabkan oleh berbagai faktor seperti faktor alam, dan faktor kelalaian pengendara. 

Dan kebanyakan kasus kecelakaan sendiri sering kali melibatkan sepeda motor. Sebagai pengendara sepeda motor kamu, tentunya kita bias mencegah kejadian ini kan bro? Kamu bias mulai mencegah kecelakaan, terutama yang berkaitan dengan kelalaian pengendara, khususnya pengendara sepeda motor. 

Nah, gimana sih caranya mencegah terjadinya tabrakan beruntun, agar kita bias terhindar dari kecelakaan beruntun? Dengan beberapa tips safety riding ini diharapkan kamu bias mencegah terjadinya tabrakan beruntun yang sering terjadi di jalan raya. Berikut ini kita langsung bahas mengenai tips dan triknya.

Konsentrasi Penuh Saat Mengendarai Sepeda Motor

Berjalanan menggunakan kendaraan bermotor di jalan raya membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi. Dengan konsentrasi tentunya kita menjadi lebih waspada terhadap lingkungan yang ada di sekitar kita. Itulah kenapa sangat disarankan ketika berkendara kita tidak menggunakan beberapa perangkat seperti smartphone, dan lain – lain, karena hal tersebut bisa memecahkan konsentrasi kita. 

Dengan lebih “aware” dengan lingkungan sekitar tentunya kita tidak gegabah dalam berkendara karena kita juga mengetahui keadaan jalan raya di sekitar jalan yang sedang dilalui. Selain itu, kamu juga wajib tahu ada beberapa hal yang menyebabkan penurunan konsentrasi yang sebaiknya dihindari. 

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin akan mengurangi konsentrasi kamu saat berkendara di jalan raya:

1. Kecapekan, Lelah, Mengantuk, dan Kurang Istirahat: Sering terjadi saat perjalanan jauh, apalagi untuk para pengendara sepeda motor. Jadi sebaiknya jika kamu merasa lelah lebih baik untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. 

2. Pengaruh Obat – Obatan: Beberapa efek samping obat adalah mengantuk, dan juga berkurangnnya konsentrasi, dalam kondisi ini kamu sangat tidak dianjurkan untuk berkendara di jalan raya. 

3. Berkendara Menggunakan Perangkat Yang Mengganggu: Smartphone, headset, dan lain – lain yang akan mengganggu kamu saat berkendara. Memang ada perbedebatan mengenai headset kadang dianggap menganggu kadang malah merupakan salah satu cara agar fokus. Tapi kalu masalah smartphone ini tentunya sudah pasti merupakan hal yang sangat mengganggu terutama pengendara sepeda motor. 

Itu dia beberapa hal yang harus dihindari saat berkendara agar kamu lebih bisa berkonsentrasi saat mengendarai kendaraan roda dua atau sepeda motor. 

Teknik Berkendara Sepeda Motor Yang Baik

Hal ini merupakan salah satu hal yang sangat penting. Sekarang sudah banyak sekali badan, komunitas, dan bahkan Lembaga pemerintahan yang mengadakan pelatihan safety riding yang akan membantu meningkatkan teknik berkendara aman. 

Bro, jika kamu ada waktu mungkin kamu harus meluangkan waktu untuk menghadiri acara ini, kenapa? Disamping akan meningkatkan skill berkendara, dengan mengikuti pelatihan safety riding ini tentunya kamu bisa menyebarkan cara berkendara aman kepada teman – teman kamu sehingga akan lebih tersebar promosi safety riding secara lebih luas.

Untuk menghindari kecelakaan beruntun biasanya menggunakan teknik pengereman yang tepat, tidak terlalu mendadak. Di saat kamu mengerem mendadak tentunya akan membuat pengendara lain akan kaget sehingga tabrakan beruntun pun tidak bisa dihindarkan. Akan lebih baik jika mengerem pada jarak yang aman. 

Sebagai pengguna sepeda motor kita juga perlu menjaga agar jangan sampai mengambil manuver yang terlalu mengagetkan, alias main slonong kiri dan kanan. Memang sepeda motor diuntungkan karena merupakan kendaraan yang fleksibel, tapi jika dilakukan secara mendadak akan sangat mengganggu pengendara lainnya. Jika memang ingin mengambil jalan gunakan tanda seperti lampu sein, dan tangan. 

Selain itu selalu patuhi rambu lalu lintas, seperti batas kecepatan, rambu tidak boleh menyalip, dan lain – lain. Dengan mematuhi rambu lalu lintas ini kamu akan bisa menghindari kecelakaan beruntun yang sering memakan banyak korban.

Perlengkapan Safety Riding

Ketiga kita harus memperhatikan perlengkapan safety riding standar yang sangat aman digunakan untuk berkendara dengan menggunakan sepeda motor. Usahakan selalu menggunakan helm, sepatu, jaket saat berkendara terutama sepeda motor ya bro? 

Perlengkapan safety riding ini merupakan salah satu perlengkapan wajib yang harus kamu pakai agar kamu meminimalisisr dampak yang terjadi ketika hal yang tidak diinginkan terjadi. Hal yang tidak kalah penting adalah jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi kendaraan yang akan digunakan di jalan raya. 

Seperti kondisi mesin, system pengereman, dan juga berbagai perlengkapan keamanan yang ada di sepeda motor seperti spion, klakson, lampu – lampu pastikan menyala. Dengan perlengkapan yang sangat lengkap sudah dipastikan, akan mengurangi dan mencegah terjadinya tabrakan beruntun. Selain itu kita juga mempraktekkan safety riding dalam kehidupan sehari – hari. 

Label : Wahana Makmur Sejati Safety Riding Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More