wanda

Pelatihan Safety Riding, Apa Pentingnya Sih

Publikasi: 18 hari 4 jam 58 menit yang lalu

Safety Riding menjadi sebuah jargon yang sekarang ini menjadi salah satu target yang harus dicapai. Dengan memprosikan jargon ini, tentunya sudah banyak pelatihan safety riding digelar oleh berbagai lembaga, instansi yang saling bekerja sama untuk mencapai keadaan dimana banyak orang yang sadar safety riding.

Berkendara di jalan raya terutama menggunakan sepeda motor membutuhkan skill dan teknik yang tidak sembarangan. Memang benar sepeda motor bisa digunakan oleh siapa saja, tapi ada sedikit sekali orang yang mengetahui teknik dasar berkendara secara aman. 

Nah, pelatihan safety riding ini tentunya merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk bisa mengedukasi para pengguna jalan khususnya para pengendara bermotor agar lebih bisa menguasai cara – cara berkendara dengan aman, dengan begitu bisa mengurangi angka kecelakaan yang ada di jalan raya. 

Di Indonesia sendiri angka kecelakaan kendaraan bermotor cukup tinggi, dan kebanyakan kecelakaan sebagian besar melibatkan sepeda motor. Dari kecelakaan yang terjadi, faktor terbesar dari kecelakaan transportasi kendaraan bermotor adalah disebabkan oleh faktor kelalaian manusia alias kesalahan yang dilakukan oleh pengendara itu sendiri. 

Untuk lebih jelas mengenai pentingnya pelatihan safety riding ini, kita akan membahas mengenai pentingnya mengikuti pelatihan safety riding nih, bro atau sis. Semoga kalian jadi tertarik untuk datang ke pelatihan paling tidak sekeda mampir untuk melihat seperti apa pelatihan yang dilakukan. 

Pentingya Pelatihan Safety Riding

Pelatihan safety riding adalah sebuah pelatihan yang diadakan untuk mengenalkan bagaimana cara berkendara yang baik dan benar, dalam rangka untuk meningkatkan keselamatan dalam berkendara, khusunya sepeda motor. 

Sekarang, coba deh bro, sis jawab pertanyaan ini. Kalian belajar mengendari sepeda motor dengan cara otodidak kan? Kita tidak pernah belajar sepeda motor dengan teknik aman, melainkan asal motor jalan, dan motor bisa berhenti, kalian sudah menganggap bahwa dengan begitu sudah bisa mengendarai sepeda motor. 

Nah, di pelatihan safety riding ini biasanya diajarkan bagaimana teknik berkendara yang baik baik secara teori maupun praktek. Bagaimana cara menyeimbangkan diri, bagaimana cara melakukan pengereman yang baik, bagaimana cara untuk berbelok dengan baik, dan lain sebagainya. 

Oke, langsung saja deh kita lihat pentingnya pelatihan safety riding secara lebih mendalam. 

Mempelajari Teknik Dasar Berkendara Sepeda Motor Yang “Benar” 

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa pada umumnya kita belajar mengendarai sepeda motor dengan cara otodidak. Kita tidak belajar mengenai teknik yang benar, melainkan asalkan bisa melaju di atas sepeda motor, kemudian bisa berhenti kita sudah menganggap bahwa kita sudah bisa menggunakan sepeda motor.

Dengan mengikuti pelatihan safety riding ini kamu akan belajar lebih jauh bagaimana teknik – teknik berkendara menggunakan sepeda motor yang baik dan tentunya yang benar. Dengan teknik berkendara yang benar kita akan lebih nyaman dan aman dalam berkendara. 

Sebagai contoh, dalam sebuah cabang olahraga seperti bulu tangkis misalnya, dengan teknik yang benar bukankah kita akan lebih cepat berkembang menjadi atlet secara lebih cepat dibandingkan orang yang tidak menggunakan teknik yang tepat? Sama halnya dengan berkendara dengan menggunakan sepeda motor. 

Dengan teknik yang benar kamu akan lebih responsif, dan pergerakan kamu akan menjadi lebih mudah saat melaju di atas kendaraan. Selain itu teknik berkendara yang benar juga akan mengurangi rasa lelah berkendara, yang berarti kita bisa lebih lama dalam berkendara. 

Mengetahui Rambu Lalu Lintas Terkait Dengan Sepeda Motor

Brosis, jujur aja deh pasti ada diantara kalian yang masih belum mengetahui beberapa rambu lalu lintas yang ada di jalan raya bukan? Mungkin beberapa dari kamu masih bingung mengenai rambu tertentu. Nah, pelatihan safety riding ini tentunya akan menjadikan kamu lebih berpengetahuan mengenai rambu lalu lintas lebih jauh. 

Di atas sudah disebutkan bahwa pelatihan safety riding ada dua bagian yaitu praktek dan juga teori. Kamu akan mendapatkan teori yang mungkin juga akan membahas mengenai rambu – rambu yang sering kita lihat dan juga harus dipatuhi saat menggunakan kendaraan sepeda motor. 

Sangat Berguna Di Kehidupan Sehari – hari

Pelatihan safety riding ini akan berguna untu kehidupan sehari – hari kita karena ilmu yang diberikan sangat praktikal dan juga memang harus dipraktekan lebih jauh untuk bisa menguasainya dengan baik. Ada banyak materi seperti keseimbangan, pengereman, berbelok, dan juga menggunakan perlengkapan standar untuk berkendara. 

Semua hal yang kamu dapatkan di pelatihan safety riding sendiri sangat banyak mulai dari keseimbangan dimana kamu akan diajarkan melewati papan sempit (narrow plank) yang berfungsi untuk melatih keseimbangan. Hal ini akan sangat berguna dalam keadaan jalanan macet di kehidupan nyata. 

Kemudian ada pelatihan Braking, merupakan sebuah teknik pengereman yang efektif dan juga aman. Dengan pengereman ini kamu akan lebih bisa menggunakan rem dengan cara yang aman dan juga efektif, sehingga tidak membahayakan diri kamu dan pengguna jalan lainnya. 

Jadi itu dia pentingnya pelatihan safety riding yang bisa kamu dapatkan. Selain ilmu praktikal kamu juga akan mengenal teman baru yang akan menambah pertemanan dan juga persaudaraan bukan? Kalau di tempat kamu ada kegiatan safety riding, jangan ragu deh untuk mengikuti kegiatan yang diadakan, karena saat mengikuti pelatihan ini kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan dimana akan sangat berguna untuk kehidupan sehari – hari kamu nantinya.

Apakah kamu tertarik ikut pelatihan safety riding bro? 

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More