Trik Aman Terhindar Dari Kejahatan Begal Motor Di Malam Hari

Publikasi: 4 bulan 29 hari 11 jam 46 menit yang lalu

Dua kekhawatiran banyak orang saat berkendara di malam hari: mengantuk dan begal. Kedua hal ini sama-sama berbahaya dan tidak ingin kita alami, apalagi bagi pengendara motor yang notabene tidak punya perlindungan apapun, lain halnya dengan pengemudi mobil.

Namun bukan berarti tidak bisa dihindari, lho. Khususnya untuk begal, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk dapat menjaga keselamatan dirimu.

1. Pilih Waktu Tepat untuk Berkendara

Umumnya, para kawanan begal beraksi pada waktu-waktu kondisi jalanan sepi seperti larut malam dan dini hari. Sebaiknya Anda menghindari berkendara di malam hari di atas jam 22.00, karena kendaraan bermotor relatif sudah sepi pada jam tersebut. Jika terpaksa harus pulang di waktu rawan, usahakan untuk selalu melewati jalan protokol yang masih ramai orang.

2. Cari Teman Seperjalanan

Jika Anda punya teman searah seperjalanan, usahakan untuk pulang bersama teman Anda jika terpaksa harus pulang larut. Atau konvoi dengan pengendara lain yang berada di arah yang sama dengan perjalanan pulang, karena begal biasanya mencari motor yang berjalan sendirian.

3. Kenali Rute

Kenali dan hafalkan berbagai skenario rute yang bisa Anda gunakan dalam perjalanan pulang. Gunanya adalah untuk menyelamatkan diri Anda jikalau merasa ada yang menguntit dari belakang, Anda bisa memacu gas dan mengambil alternatif rute di area yang lebih ramai dan diterangi lampu jalan. Anda juga bisa berhenti di area tersebut misalnya di cafe/minimarket 24 jam, pos polisi, atau perumahan penduduk.

4. Jangan Panik

Jika Anda menemui motor mencurigakan yang terus mengikuti Anda dari belakang, jangan panik, segera berhenti di tempat yang sekiranya ramai dan terang atau jika ada, kantor kepolisian sesuai dengan rute yang ditempuh. Merasa panik akan membuat Anda tidak dapat berpikir jernih dan Anda malah bisa jadi sasaran empuk bagi para begal ini.

5. Jangan Bermain Smartphone

Jangan sekali-kali mengeluarkan smartphone Anda di jalanan umum terutama lampu merah untuk alasan apapun, Anda akan menarik perhatian orang jahat. Yang tadinya tidak berniat apapun, bisa jadi malah tergiur untuk mencuri smartphone Anda.

6. Meningkatkan Kemampuan Berkendara

Ini hal yang wajib Anda terus latih untuk mengatasi kecemasan dan meningkatkan keselamatan diri Anda dari bahaya begal. Anda perlu belajar mengendalikan motor saat kecepatan tinggi, juga pengereman yang sesuai dengan jarak dan situasi. Penting karena jika Anda menghindari begal dengan teknik berkendara yang asal-asalan dan ngebut, bisa jadi malah Anda akan mengalami kecelakaan seperti menabrak.

Kejahatan akan terjadi tidak hanya karena niat pelakunya, namun juga ketika ada kesempatan untuk melakukannya. Selalu berdoa, waspada, dan siaga agar kita diberikan keselamatan selama di perjalanan.

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More