Tips Tetap Aman Dan Nyaman Berkendara Untuk Para Ladies

Publikasi: 8 bulan 12 hari 10 jam 26 menit yang lalu

Jaman sekarang, sudah tidak langka lagi jika perempuan mengendarai motor sendiri, bahkan tidak jarang perempuan yang mengendarai motor besar. Motivasi perempuan untuk mengendarai motor biasanya karena mereka ingin bepergian dalam jarak yang dekat seperti misalnya ke pasar atau mengantar anak ke sekolah.

Walaupun sudah memiliki SIM sendiri, ada baiknya perempuan juga memahami dan menerapkan tips berkendara aman atau safety driving di jalan raya. Banyak hal-hal kecil yang bisa jadi mengundang resiko membahayakan keselamatan diri dan orang lain.

Supaya lebih aman dan nyaman, perempuan harus memerhatikan hal-hal berikut ini.

1. Memahami Standar Operasional Motor Yang Dikendarainya

Perempuan harus mengetahui terlebih dahulu operasional dan karakter motor yang dikendarainya, terutama sepeda motor keluaran baru yang sudah dilengkapi teknologi-teknologi modern. Seperti misalnya ada motor yang starternya tidak bisa dinyalakan jika standar motor diturunkan, atau mati otomatis jika diam dalam waktu tertentu.

2. Taat Peraturan Berkendara

Sebagai sesama pengguna jalan raya, pengendara perempuan harus sadar juga akan kewajiban untuk taat pada peraturan berkendara yang telah disusun dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

3. Mengenakan Perlengkapan Safety Riding

Untuk memaksimalkan keamanan dan keselamatan dalam berkendara, baik laki-laki maupun perempuan sebenarnya wajib menggunakan perlengkapan dasar berkendara motor seperti helm, jaket, sepatu, dan atau sarung tangan. Namun kenyataannya, masih banyak pengendara perempuan yang abai dengan peranti keselamatan ini karena kebanyakan dari mereka masih menganggap hal ini merepotkan atau bikin ribet!

4. Tidak Mengenakan Rok

Salah satu kasus kecelakaan yang paling banyak dialami oleh perempuan penyebabnya adalah rok panjang yang tersangkut di ban atau gear motor. Menggunakan rok yang panjang sudah pasti harus dihindari. Tidak hanya rok panjang, rok pendek pun beresiko karena tidak ada perlindungan sama sekali di bagian kaki, sehingga sebaiknya mengenakan celana jeans saja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di jalan.

5. Memasang Helm Tidak Benar

Seringkali perempuan hanya mengenakan helm hanya di ujung kepala saja dengan alasan mengenakan jilbab atau yang paling parah, takut rambutnya rusak! Padahal dengan kondisi seperti ini, kepala akan terasa berat atau tidak seimbang dan kita pun tidak akan leluasa menoleh kanan atau kiri. Naasnya jika resiko kecelakaan terjadi, helm akan terlepas terlebih dulu dan tidak bisa melindungi bagian kepala.

Dari hal-hal yang disebutkan di atas, bisa disimpulkan bahwasanya kenyamanan yang membawa keselamatan dalam berkendara itu harus selalu diprioritaskan ketimbang penampilan kita. Jadi ladies, lebih disiplin dalam berkendara, ya!

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda Wahanahonda Ladies Bike

Comment

User Comment

Your comment

Load More