Yang Wajib Diperhatikan Dari Kode Ban

Publikasi: 2 bulan 26 hari 16 jam 25 menit yang lalu

Ban adalah salah satu komponen kendaran yang sangat penting karena berhubungan langsung dengan aspal jalanan terlebih pada kendaraan roda dua. 

Ban motor  selain untuk  memperlancar perjalanan, ikut pula menjadi penentu pengendalian, akselerasi, sekaligus akan memberikan keamanan  dan keselamatan pada pengendara.

Pada ban motor terdapat sejumlah kode angka seperti 2.75-17 atau 100/90-14 dan simbol lainnya. Tidak semua pengguna sepeda motor mengetahui arti angka tersebut. Begitupun kaitannya dengan sepeda motor

Sejumlah kode-kode pada ban sepeda motor memiliki artinya masing-masing. Berikut penjelasannya:

Metrix

Pernah melihat angka seperti 80/90-14 atau 110/90-17? Hal ini memiliki arti ukuran ban. Angka pertama adalah ukuran bagian terlebar dari ban sementara angka kedua adalah adalah persentase dari lebar ban. Angka belasan selanjutnya adalah ukuran diameter velg yang harus digunakan.

Jadi jika ada kode 80/90-14 berarti ban motor tersebut memiliki lebar 80mm dengan tinggi dinding ban 72mm dan untuk velg ukuran 14 inchi.

Inchi

Jika pada sisi ban terdapat kode angka seperti 2.75-17 maka,  artinya  Ban tersebut memiliki lebar 2,75 inchi dengan tinggi dinding 2.75 inchi dan bisa digunakan pada velg ukuran 17 inchi.

Tread Wear Indicator (TWI)

Tread Wear Indicator atau TWI adalah simbol untuk menunjukan batas ideal penggunaan ban motor. Tandanya berupa tonjolan pada sela-sela patern ban atau tanda segitiga yang tertera pada dinding ban motor. Hal ini menunjukan batas keausan alur ban motor yang layak digunakan. Jika keausan tread sudah mencapai tanda ini maka sebaiknya ban segera digant karena alur ban sudah menunjukan keausan atau kebotakan.

Tubetype / Tubeless

Dalam dunia ban motor, terdapat dua jenis, yaitu tubetype dan tubeless. Ban motor Tubetype adalah jenis ban yang pada harus menggunakan ban dalam. Umumnya ban ini digunakan di velg jari-jari.

Ada juga ban Tubeless yang merupakan  jenis ban tanpa menggunakan ban dalam dengan ketentuan harus menggunakan velg castwheel. Tipe ban motor tubeless harus menggunakan ukuran yang sesuai dengan velgnya dan menggunakan pentil khusus tubeless.

DOT

Pernah melihat angka seperti 2014? Empat angka tersebut menunjukan kode waktu ban motor tersebut diproduksi. Terdiri dari 4 angka yang berarti minggu dan tahun produksi. Sebagai contoh, angka 2318 memiliki arti minggu ke 23 tahun 2018.

Rotation

Rotation dengan bentuk arah panah menunjukan arah putaran ban yang tetap agar ban motor berfungsi dengan baik. Namun di sejumlah merek, arah ban bisa berputar terbalik untuk fungsi yang maksimal. Jika Anda ragu, pastikan untuk menanyakan ketepatan dari arah panah kepada penjual.

Load Index dan Speed Symbol

Jika melihat kode 41P,  berarti beban maksimum untuk ban tersebut adalah 145 kg dan kecepatan maksimum yang ditempuh dengan beban tersebut adalah 150 km/jam.

Sudah saaatnyakah  ban pada motor  Anda diganti? Itu artinya, sudah saatnya berkunjung ke bengkel AHASS terdekat, sekaligus lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di  bengkel AHASS agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.

Service Motor Cari Aman Servis Motor Ban Motor #hondacare Ban Tubeless Kode Ban Motor

Berita Terkait

Ada 2 Jenis Oli Pada Motor Matic, Apa Saja?

19 Februari 2024 - administrator

Awas, Ini Dampak Jarang Ganti Oli Gardan

19 Februari 2024 - administrator