Wahana Honda

4 Cara Mengendarai Motor Kopling Di Tanjakan Dan Turunan

Publikasi: 8 hari 15 jam 24 menit yang lalu

Motor kopling punya daya tarik tersendiri bagi pemotor. Terlebih motor sport yang lagi nge-hits di pasaran saat ini. Mengendarainya tentu akan menambah pamor diri kita. Apalagi buat kamu yang jomblo, mengendarai motor kopling akan meningkatkan peluangmu untuk segera mendapatkan gebetan. Karena motor kopling akan memberikan kesan macho pada penunggangnya. Kamu gak akan pernah menemui tokoh jagoan berbadan kekar yang menunggangi matic atau motor bebek kan? Captain America juga gak akan keren kalau naiknya skuter matik, makanya dia mengendarai moge supaya lebih maskulin. 

Nah yang jadi masalah yaitu naik motor kopling gak semudah mengendarai motor bebek maupun scooter matic. Bermain dengan tuas kopling dan gas ternyata tidak semudah itu. Malah kadang motor bukannya jalan malah mati. Karena itu kamu harus tau cara mengendarai motor kopling sebelum bisa berlagak keren diatasnya. Gak hanya itu, kamu juga harus tau bagaimana menyikapi motor kopling di tanjakan maupun turunan. Bagaimana caranya? Kamu pantengin beberapa hal di bawah ini ya.

1. Ajak yang sudah berpengalaman

Pertama – tama kamu harus berdoa dulu supaya selamat sampai di tujuan. Nah untuk mempelajari cara mengendarai motor kopling, kamu harus diawasi oleh seseorang berpengalaman yang kamu bonceng. Biarkan dia yang memandu kamu supaya tidak ada step – step yang salah saat kamu berkendara. 

Cara mengendarai motor kopling sendiri sebenarnya sangat mudah. Kamu hanya harus membiasakan tangan kirimu untuk melepas kopling di saat yang benar. Nah, kapankah saat yang benar untuk melepas kopling? Akan lebih mudah jika kamu menggunakan intuisi saat kamu sudah menaiki motormu. Dengan melatih intuisi dan feelingmu, kamu gak akan kesulitan mengendarai motor dengan transmisi manual manapun. 

2. Menuju ke tanjakan, lakukan hal ini.

Seiring lancarnya kamu melaju di jalanan yang datar, inilah saatnya untuk melaju di tanjakan. Karena jalan raya gak melulu datar, kadang menanjak, menurun dan berkelok. Lakukan hal ini jika kamu mengetahui ada tanjakan di depanmu

• Jaga kecepatan agar tidak turun, modal awal menaiki tanjakan adalah kecepatan yang stabil dan cenderung semakin tinggi.

• Pastikan kamu ada di persneling 3. Jangan masukkan gigi lebih dari 3 karena persneling yang besar gak akan kuat untuk mendorong motormu dari tanjakan.

• Ketika kecepatan melambat seiring menanjaknya motormu, turunkan persneling di gigi 2. Motormu akan sedikit meraung karena di gigi 2 motor akan mendapatkan daya dorong yang lebih optimal daripada gigi persneling sebelumnya. 

• Jika masih dirasa tidak kuat untuk menanjak, segera oper ke gigi 1. Ingat, pastikan di gigi 1 jangan sampai kamu salah oper ke gigi netral, bukannya menanjak malah mundur teratur motormu. 

• Setelah sampai di ujung tanjakan, ucapkan rasa syukurmu dan bersiaplah untuk menemui tanjakan atau mungkin turunan yang ada di depanmu. 

3. Jangan menaikkan gigi persneling saat masih menanjak

Ada beberapa larangan tentang cara mengendarai motor kopling di tanjakan. Salah satunya adalah mengoper persnelingmu ke gigi yang lebih besar. Walaupun dalam kecepatan yang tinggi, hal ini tidak dianjurkan untuk dilakukan. Ditakutkan motor akan kehilangan daya dorong, dan membuat pengendara panik sehingga motor mati di tengah perjalanan. Bahaya bro.

Selain itu tidak disarankan untuk mendahului pengendara lain pada tanjakan, kecuali pengendara tersebut berjalan sangat pelan dan memang layak untuk disalip.

4. Tanjakan udah, saatnya turunan 

Ketika kamu sudah melalui tanjakan, itu artinya kamu sudah maju selangkah untuk mempelajari motor kopling. Walaupun awalnya sulit, nantinya keahlian ini akan membuatmu nyaman berkendara. Nah karena kamu juga harus tau bagaimana cara mengendarai motor kopling di tanjakan dan turunan. Ini adalah tips untuk kamu saat melalui turunan menggunakan motor kopling. 

• Waspada akan adanya gang dan potensi keluar masuknya kendaraan dari samping. 

• Gunakan engine brake untuk membantu pengereman. 

• Gunakan persneling 3 untuk kenyamanan dalam turunan. 

• Jika turunannya benar – benar sepi dan kamu sangat mengenal jalannya, kamu bisa membuat mesin loss dengan cara menarik tuas kopling, sehingga kamu bisa menghemat penggunaan bahan bakar motormu. Tapi kamu harus hati – hati, karena dengan menarik tuas kopling motormu akan melaju kencang di turunan karena tidak terbebani putaran mesin. 

Label : Cari Aman Cari Aman Cari Aman Cari Aman Cari Aman Cari Aman

Comment

Your comment
Load More