Wahana Honda

4 Cara Merawat Motor 2 Tak Agar Tetap Kencang Di Jalanan

Publikasi: 6 hari 15 jam 37 menit yang lalu

Walaupun sudah lewat era keemasannya, motor 2 tak selalu menjadi idaman bagi peminatnya. Terlebih lagi untuk motor 2 tak yang dipakai sejak jaman sekolah dulu.Karena biasanya mempunyai kenangan yang banyak, si motor tua ini anti banget buat dijual ke tangan lain.

Selain itu, motor 2 tak biasanya punya kesan klasik yang jarang dimiliki oleh motor keluaran terbaru. Honda NS400R contohnya. Harga motor ini bakal mahal banget kalau kondisinya masih bagus. Malah bisa jauh lebih mahal disbandingkan dengan motor keluaran terbaru. Namanya juga motor langka, memilikinya pasti adalah prestis tersendiri. 

Karenanya motor 2 tak masih sering kita temui di jalanan. Komunitas motor 2 tak pun masih sering geber motor bareng -  bareng di jalanan. Yang jelas, ketika rombongan 2 tak itu datang, dijamin kuping kalian bakal rame karena motor 2 tak yang berisik. 

Pasalnya perawatan motor 2 tak sendiri memang lebih mudah daripada motor 4 tak seperti bebek dan matic. Cara merawatnya juga lebih mudah daripada cara merawat motor injeksi. Cara merawat mesin motor 2 tak juga lebih simple daripada cara merawat motor matic dan bebek. Tapi jangan dianggap sepele, ada beberapa hal penting yang kalian harus tau tentang motor 2 tak. Dibawah ini adalah tips untuk merawat motor 2 tak supaya tetap kencang di jalanan. 

Mau tau caranya? 

1. Selalu bersihkan knalpot dan saringannya.

Knalpot motor 2 tak terkenal dengan asap hitamnya yang biasanya menimbulkan protes pengendara di belakangnya. Sebenarnya kalau kamu cuek aja dengan hal itu ya gak masalah sih. Cuma kalau kamu masih pengen udara di sekitarmu lebih sehat, ada baiknya kamu bersihkan knalpot motormu. Mulai dari bibir sampai dengan sarangan knalpot supaya bersih dari oli yang turun hingga knalpotmu.

2. Busi kotor bikin motormu ngadat

Masalah yang sering terjadi di motor 2 tak dan juga sering banget terjadi di vespa. Yaitu busi yang cepat kotor dan mengerak. Mau gak mau kamu harus sedia kertas amplas di jok motormu. Karena bisa saja di tengah jalan motormu tiba – tiba mogok. Dan yang harus kamu cek pertama kali adalah busi motormu. 

Untuk mencegah motormu mogok ditengah jalan, kamu harus rutin membersihkan busi motor setiap minggu. Atau semales – malesnya kamu 2 minggu sekali lah. Jangan lebih dari itu ya, malu ama gebetan loh kalo motor kesayangan mogok di pinggir jalan. 

3. Karburator 2 tak juga sering kotor

Cara merawat motor 2 tak memang selalu berhubungan dengan kebersihan motor. Begitu juga dengan kualitas kebersihan karburator. Kamu harus pastikan seluruh part karburator bersih dari endapan kotoran yang ada di dalamnya. 

Cara merawat karburator sendiri memang jauh berbeda dengan cara merawat motor matic injeksi. Di motor injeksi, bisa dipastikan injektor akan selalu bersih selama bensin tidak pernah kosong. Tapi untuk karburator motor 2 tak, keadaannya pasti akan berbeda. Endapan kotoran yang ada di dalamnya bisa mengganggu performa mesin jika dibiarkan.

Tapi kalau kamu gak tau bagaimana cara membersihkan karburator, serahkan pekerjaan ini kepada ahlinya. Tentunya jika kamu sudah paham cara membersihkannya, kamu bisa lebih irit karena dapat melakukannya sendiri di rumah.

4. Pastikan oli samping selalu ada 

Hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah memastikan oli samping selalu terisi secara cukup. Motor 2 tak memang sedikit lebih boros bahan bakar. Selain bahan bakar, motornya sendiri juga boros akan oli samping. Oleh karena itu, pastikan kamu punya persediaan oli samping yang bersih dan berkualitas. 

Label : Perawatan Motor Cari Aman Tips Merawat Motor Perawatan Motor Cari Aman Tips Merawat Motor

Comment

Your comment
Load More