Wahana Honda

Ini Dia Perbedaan Transmisi Sepeda Motor

Publikasi: 10 bulan 14 hari 19 jam 51 menit yang lalu

Saat ini pengguna sepeda motor semakin banyak jumlahnya di jalan raya. Sepeda motor banyak dipilih karena dianggap lebih nyaman digunakan ketika berkendara di jalan yang semakin padat dengan kendaraan bermotor. Jenis sepeda motor di jalan raya ini beragam, mulai dari motor yang punya transmisi manual sampai motor yang punya transmisi otomatis. Nah, kamu sendiri memilih untuk menggunakan jenis motor yang mana? Untuk memudahkan kamu memilih, sebaiknya pahami dulu perbedaan dari kedua transmisi sepeda motor ini.

Transmisi Manual

Sepeda motor yang bertransmisi manual ini mengharuskan kamu mengatur gigi sendiri sehingga kecepatan motor tergantung dari gigi yang kamu pilih, tetapi motor dengan transmisi manual lebih hemat bahan bakar dan lebih siap digunakan untuk medan jalan menanjak, menurun, ataupun landai. Perawatan sepeda motor yang bertransmisi manual ini juga lebih mudah, jadi lebih hemat dari segi perawatannya. Tetapi ada kekurangan dari jenis motor yang bertransmisi manual ini, yaitu kamu harus mengeluarkan tenaga lebih saat mengganti gigi ketika jalanan macet dan harga jualnya juga cukup rendah.

Transmisi Otomatis

Saat ini motor matik banyak dipilih karena memang banyak pengendara yang merasa motor matik lebih nyaman digunakan. Motor matik ini menggunakan transmisi otomatis, jadi lebih memudahkan kamu karena kamu hanya perlu menarik dan menurunkan tuas gas untuk menjalankan sepeda motor. Sepeda motor yang bertransmisi otomatis ini lebih nyaman dikendarai di jalan raya, terutama saat kondisi jalan raya cukup padat. Tetapi dibalik kemudahannya, motor yang bertransmisi otomatis  ini lebih boros bahan bakar karena perpindahan gigi diatur oleh mesin. Untuk perawatan sendiri juga lebih mahal, karena mesin motor yang bertransmisi otomatis lebih rumit dibanding jenis motor lainnya.

Bagaimana, kamu sudah tahu mana jenis motor yang akan kamu pilih? Sepeda motor yang bertransmisi manual maupun otomatis ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, kamu bisa menyesuaikan sepeda motor dengan kebutuhan kamu.

Label :

Comment

Your comment
Load More
Berita lainnya

Belum ada berita terkait