wanda

Aman Berkendara Motor Dari Gangguan Gas Air Mata

Publikasi: 12 hari 21 jam 31 menit yang lalu

Beberapa waktu yang lalu sempat terjadi demo yang melibatkan persatuan mahasiswa Indonesia di seluruh Indonesia. Tentunya kita tidak menginginkan kerusuhan tapi bisa saja kerusuhan terjadi. Jalanan macet, batu dilempar kemana – mana, dan juga polisi dan tantara yang berjaga menertibkan para demonstran. 

Di beberapa kota seperti di Bandung misalnya sempat beberapa kali jalan di tutup karena adanya demo ini dan juga sempat ada gangguan gas air mata yang ditembakkan sehingga juga cukup menganggu para pengguna jalan raya, khususnya sepeda motor karena terpapar langsung dengan gas tersebut. 

Nah, sebenarnya bagaimana sih menghindari dan mencegah efek dari gas air mata saat kita sedang menggunakan sepeda motor saat ada demo ataupun ada penertiban lainnya? Ada baiknya jika kamu bro dan sis memperhatikan beberapa tips aman berkendara sepeda motor dari gangguan gas air mata ini. 

Beberapa tips berkendara ini akan sangat berguna saat kamu terjebak dalam kondisi atau sesuatu yang mungkin bisa saja terjadi kapan saja ini. Oke langsung saja simak baik – baik beberapa tips aman berikut ini. 

1. Helm Sebaiknya Menggunakan Helm Full Face

Nah helm sudah memang dipastikan adalah piranti wajib bagi kamu pengendara sepeda motor yang ingin mengendarai sepeda motor di jalan raya. Memang peraturan mengatakan bahwa helm haruslah berstandar nasional. Jadi mau helm half face atau full face kalau memang sudah standar nasional yang sudah baik. 

Tapi akan lebih aman jika kita menggunakan helm full face. Tipe helm full face ini mampu melindungi kepala bagian depan dan juga kepala bagian belakang, tidak seperti helm half face yang hanya melindungi kepala bagian belakang saja. 

Dengan helm full face ini mata kita akan terlindungi dari gas dan juga hidung dan mulut kita juga terlindung dari udara kotor dari luar. Jika ditambah dengan masker, akan sangat membantu mengamankan kita dari kondisi gas air mata. 

2. Berbalik Arah Dan Menghindari Kerumunan 

Sebagai pengendara motor mungkin akan lebih baik jika kita berputar arah melewati jalan alternatif lain. Cara mudah untuk mengurangi resiko terpapar gas air mata adalah dengan menghindarinya. Jika kira – kira masih ada kerusuhan segera putar arah sepeda motor kamu, dengan demikian kamu bisa mengindari gas air mata dengan mudah. 

Biasanya memang daerah tersebut disterilisasi tapi tidak menutup kemungkinan akan meluas juga kan? 

3. Tetap Tenang Dan Kuasai Keadaan 

Jika kamu sudah terlanjur sudah berada tepat di tengah kerusuhan saat berkendara dengan sepeda motor dan kamu juga sudah terpapar gas air mata. Hal yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan menguasai keadaan. Jangan panik dan usahakan untuk segera mencari jalan keluar misal, berbalik arah menjauh dari kerumunan dan juga gas air mata. 

Gas air mata memang akan sangat menyiksa di mata dan juga kulit kita jadi sebaiknya untuk tetap tenang, karena dengan panik akan sangat membahayakan kamu apalagi, saat mengendarai sepeda motor. 

4. Gunakan Selalu Masker Saat Berkendara 

Ini dia kenapa penting untuk selalu menggunakan masker saat berkendara dengan menggunakan sepeda motor. Walaupun jika terkena gas air mata dalam jumlah yang besar mungkin tidak akan terlalu berpengaruh tapi dengan menggunakan masker ini kita bisa melindungi dari paparan sisa gas air mata yang ada di jalanan. 

Jangan remehkan sisa dari tembakan gas air mata karena saat kita lewat dengan menggunakan sepeda motor kita tetap akan terkena efeknya. Jadi gunakan selalu masker kemanapun kamu berkendara ya?

5. Ketahui Informasi Mengenai Rute Jalan 

Hal yang terakhir adalah sebelum bepergian dan memutuskan untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor ada baiknya jika kamu mencari informasi mengenai rute perjalanan terlebih dahulu nin bro. 

Dengan mengetahui rute perjalanan ini kamu akan bisa menghindari jalanan yang mungkin sedang diadakan demo misal, selain mengatasi kemacetan kamu tidak akan terkena efek gas air mata sama sekali bukan. Bukankah mencegah lebih baik dari mengobati bro?

Demikian cara aman berkendara sepeda motor dari gangguan gas air mata. Ya, memang beberapa waktu lalu ada beberapa kerusuhan yang terjadi di beberapa aksi demo yang dilakukan, semoga aksi – aksi seperti ini tidak terjadi kedepannya dan kita bisa mengendarai sepeda motor dengan tenang di jalan, oke?


Label : Motor Honda Terbaru Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha

Comment

User Comment

Your comment

Load More