wanda

Tips Aman Berkendara Motor Saat Hamil Muda

Publikasi: 14 hari 21 jam 36 menit yang lalu

Pernahkah kamu berpikir nih bro dan sis, mengenai bagaimana sih jika perempuan hamil mengendarai sepeda motor? Apakah ada resikonya? Dan apakah diperbolehkan untuk mengendarai sepeda motor saat hamil. 

Mungkin bro yang memiliki istri yang sedang hamil khawatir mengenai hal ini, atau sis semua yang sedang hamil mengakhawatirkan hal ini juga. Tenang, kita akan membahas mengenai tips aman berkendara sepeda motor saat hamil. Dengan menggunakan informasi ini diharapkan kalian akan tercerahkan. 

Seperti yang kita ketahui bahwa di dalam kota penggunaan sepeda motor cenderung lebih enak karena kita bisa menghemat waktu lebih efisien. Rata – rata kita bisa menempuh perjalanan lebih cepat dengan menggunakan sepeda motor, di perjalanan dalam kota. 

Nah, untuk itu beberapa ibu hamil juga tetap berkendara menggunakan sepeda motor. Jadi aman nggak sih naik sepeda motor saat hamil? Memang berkendara dengan menggunakan sepeda motor saat hamil relatif aman sih, kalau dengan ketentuan tertentu. 

Memang selalu ada resiko saat kita berkendara sepeda motor, bahkan dalam keadaan tidak hamil dan dalam keadaan sehat pun kita memiliki resiko bukan? Untuk itu kita selalu mengkampanyekan keselamatan berkendara dan safety riding melalui blog ini. 

Tapi jika dilihat lebih lanjut berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dan tips aman berkendara sepeda motor saat hamil. 

Fakta Berkendara Saat Hamil

Dari ilmu kedokteran kita bisa menumpang atau mengendarai sepeda motor pada trimester kehamilan. Artinya jika kandungan masih dalam usia yang masih muda tentunya akan cukup berbahaya. Catatan lagi bahwa dalam trimester ini kondisi ibu bayi dalam keadaan maksimal tidak ada keluhan apapun ya?

Pada saat umur kandungan di trimester bayi sudah cukup berkembang sehingga akan lebih aman daripada awal – awal kehamilan. 

Walaupun aman sebenarnya mengendari sepeda motor dengan keadaan hamil memang tidak dianjurkan, karena lebih baik untuk tidak mengambil resiko yang terlalu besar. Karena dalam mengendarai sepeda motor terdapat beberapa faktor eksternal yang mungkin harus kita perhatikan bukan bro dan sis?

Nah, ada beberapa kondisi juga yang harus dihindari ketika ingin berkendara di saat hamil. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dihindari jika benar – benar ingin berkendara dengan sepeda motor saat hamil:

• Tubuh terasa lemas. 

• Gangguan pada tulang belakang. 

• Kondisi serviks lemah. 

• Pernah mengalami pendarahan. 

Ada baiknya nih bro dan sis untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu jika ingin berkendara dalam keadaan hamil. Dokter akan lebih mengetahui kondisi ibu hamil sehingga akan merekomendasikan yang terbaik untuk mau. 

Tips Aman Berkendara Motor Saat Hamil

Bagi yang sudah yakin dengan kondisi kesehatan kehamilan, ada beberapa tips nih untuk kamu yang berkendara dalam kondisi hamil. Tips berkendara aman yang satu ini akan membantu untuk berkendara secara lebih aman di jalan raya. 

Jadi apa nih tips – tips yang harus dilakukan? 

1. Selalu Gunakan Peralatan Berkendara Yang Aman

Tentunya selalu gunakan helm, masker sarung tangan bila perlu. Helm adalah perlengkapan wajib yang harus dibawa dan dipakai saat berkendara menggunakan sepeda motor. Tanpa menggunakan helm kamu tidak akan bisa mengendarai sepeda motor. 

Selalu perhatikan kelengkapan berkendara aman agar kamu tetap merasa aman dan nyaman saat berada di jalan raya. Ada baiknya juga untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. 

2. Selalu Bawa Alat Komunikasi 

Jaman sekarang alat komunikasi sangat diperlukan. Sudah sewajarnya jika kita kemana – mana menggunakan alat komunikasi seperti smartphone atau handphone bukan? Selain kita bisa dengan cepat menguhubungi suami, atau misal keluarga dengan cepat alat komunikasi ini juga bisa digunakan untuk mendapatkan pertolongan pertama jika memang terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. 

3. Bawa Motor Dengan Sewajarnya 

Hal yang paling penting adalah mengendarai sepeda motor dengan sewajarnya, tidak perlu tergesa – gesa kan? Sebisa mungkin bawa kendaraan sepeda motor dengan kecepatan rendah. Kamu tidak perlu memacu kendaraan sepeda motor dengan kecepatan tinggi. Berkendara dengan kecepatan tinggi akan menambah resiko bahaya dan menambah resiko terjadinya kecelakaan. 

Nah, itu dia tips aman berkendara motor saat hamil. Jadi intinya bicarakan dan konsultasikan dulu kepada dokter kandungan apakah, kita bisa mengendarai sepeda motor saat hamil , karena kondisi fisik setuap orang berbeda – beda.  

Label : Motor Honda Terbaru Harga Motor Honda Perawatan Motor Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha

Comment

User Comment

Your comment

Load More