Anti Ribet Saat Cewek Naik Motor

Publikasi: 7 bulan 12 hari 14 jam 2 menit yang lalu

Mengendarai motor bukan hanya domiasi kaum cowok. Kini, aktivitas kaum cewek  dalam mengendarai sepeda motor sudah cenderung  jadi  pemandangan biasa.

Naik motor dianggap lebih cepat dan lebih praktis dibading menggendarai kendaraan roda 4. Perjalanan ke kantor, kuliah ke pasar, malah sekadar ingin ngopi sore ke cafe pun, tidak canggung lagi  dilakukan dengan menunggangi motor.

Tetapi kebayakan cewek kabarnya sering mengabaikan keselamatan dirinya sendiri  saat berkendara. Bukan hal baru, ada statement yang mengatakan, “cewek  kalau mau belok ke kiri, pasang lampu seinnya ke kanan!

Benar begitu?  Ayo ngaku! Bila kamu tidak merasa pernah begitu,  tetap harus jujur diakui  bahwa banyak perempuan, terlebih para Ibu-ibu, ketika berbelok salah memberikan lampu sein. Ini bisa berakibat kecelakaan ketika bermotor.

Nah, berikut  ada sejumlah tips untuk pengendara sepeda motor cewek. Terutama untuk mereka yang  baru mulai bisa  membawa motor.

Pakaian Praktis 

Sebaiknya,  kenakan pakaian yang nyaman  (bukan tank top apalagi bikini!) Agar, jika terjadi sesuatu, misalnya kecelakaan, maka kulit kamu cukup terlindungi dengan bahan baju.

Kenakan jaket yang pas dengan ukuran badan. Simpan handphone dan dompet  dalam jaket  yang tertutup  rapat.

Asesoris Seperlunya

Jika rambutmu panjang, pastikan  mengendarai motor dengan rambut terikat.  Karena rambut  yang diurai dan tertiup angin, pasti akan membuat rasa gatal di muka dan pandangan ke depan akan terganggu. 

Jika menggunakan hijab panjang, pastikan  kerudung itu tidak merepotkan, terutama ketika  hijab tertiup angin.  Selalu pastikan, ketika mulai berkendara, ujung hijab  dalam posisi diduduki. 

Jangan menggunakan syal  dengan ukuran kelewat lebar. Karena jika ikatannya tanpa sadar terlepas, syal bisa akan menutupi pandangan Anda. Ini  jelas sangat berbahaya.

Gunakan tas  selempang yang tidak terlalu besar. Posisi tas selempang jauh lebih aman, dari tas  jinjing. 

Jika  tas jinjing diletakan di kaki, pastikan dalam posisi terikat ke motor. Agar jika ada orang yang berniat jahat. Posisi tas dalam 

Helm Wajib Pas

Menggunakan helm wajib hukumnya bagi pengendara motor. Meskipun perjalanmu untuk jarak pendek, tetap gunakan helm untuk menjaga keselamatan.  

Pilih helm yang sesuai dengan ukuran kepala. Jangan kebesaran apalagi kekecilan.  Ukuran yang tidak tepat, bisa membuat kepala pusing, dan ini artinya bisa membuat  perjalananmu tidak nyaman.

Atur Kecepatan

Hal terpenting dalam berkendara  adalah mengatur kecepatan dan di jalan. Jika kamu pengendara baru, hindari berkendara dalam sebuah kelompok sampai Anda benar-benar mahir dan merasa nyaman jalan berkelompok. 

Jika berkendara dengan pasangan atau teman, mintalah mereka berkendara dengan kecepatan  yang mereka mau, sehingga  tidak ada keharusan untuk kamu mengikuti mereka. 

Jika kamu ikut tur sepeda motor, jangan langsung menuju jalan pegunungan yang berkelok-kelok, beri diri waktu pada diri Anda untuk belajar membangun kemampuan dan kepercayaan diri  dalam berkendara

Kecil Atau Besar?

Pilih motor yang tepat untuk Anda. Banyak orang percaya, pengendara sepeda motor wanita  harus memulai dengan motor  kecil alias motor bebek. 

Nah, Anda setuju? Bisa jadi tidak.  Ukuran motor  untuk  cewek sangat tergantung  tingkat kepercayaan diri si pengendara  dalam mengendarai motor yang  mereka mau.

Label : Cari Aman Safety Riding Tips Motor Honda Ladies Bike Lady Biker

Comment

User Comment

Your comment

Load More