wanda

Begini Lho Cara Aman Berkendara Di Malam Hari

Publikasi: 2 bulan 5 hari 15 jam 39 menit yang lalu

Berkendara menggunakan sepeda motor di malam hari bagi beberapa orang memang menjadi sebuah kepuasan tersendiri terutama dalam perjalanan jauh. Di malam hari kita tidak akan merasakan panasnya terik matahari, sehingga lebih nyaman berkendara di malam hari tanpa harus merasa kepanasan. Selain itu jalan yang lumayan sepi tidak terlalu ramai juga menjadi salah satu alasan kuat untuk berkendara di malam hari.

Tapi tahukah kamu bahwa berkendara di malam hari sangatlah berbahaya? Faktor utama yang menyebabkan berkendara di malam hari berbahaya adalah kurangnya penerangan. Nah untuk itu kita akan membahas mengenai beberapa tips yang sangat cocok untuk kamu yang sering berkendara di malam hari, agar lebih aman. 

1. Pastikan Semua Lampu Sepeda Motor Kamu Menyala

Ketika malam hari satu – satunya penerangan adalah berasal dari lampu kendaraan. Agar kamu aman dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan pastikan terlebih dahulu bahwa lampu sepeda motor kamu berfungsi dengan baik. 

Mulai dari lampu belakang karena lampu belakang adalah penanda bagi pengendara di belakang kamu, sehingga mereka bisa melihat kendaraan di depan mereka. Kemudian lampu sein sebagai penanda kalau kamu ingin belok. Lampu depan yang tentunya adalah lampu utama yang berguna melihat jalan dan juga penanda kendaraan di depan dari arah berlawanan. 

2. Pakaian Cerah Adalah Fashion Terbaikmu Di Malam Hari

Meskipun pakaian berwarna gelap seperti jaket kulit hitam adalah fashion keren untuk dipakai, akan sangat sulit untuk terlihat dengan menggunakan pakaian gelap. Ada baiknya juga jika kamu menggunakan pakaian yang bisa memantulkan cahaya. Biasanya perlengkapan berkendara seperti body protector memiliki kemampuan seperti ini sehingga cahaya dari kendaraan lain akan terpantul dari baju yang kamu pakai.

Dengan menggunakan pakaian cerah dan juga memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya membuat kamu lebih terlihat oleh pengendara lainnya. Jadi, akan lebih kecil kemungkinan kecelakaan yang ditimbulkan.

3. Tetap Patuhi Rambu Lalu Lintas

Rambu lalu lintas merupakan sebuah peraturan yang harus dipatuhi dan kapanpun saja oleh pengendara yang ada di jalan raya, tak terkecuali sepeda motor. Saat malam hari terlebih jika sudah mulai menjelang dini hari, keadaan lalu lintas sudah mulai sepi, sehingga tentunya akan lebih mudah melanggar peraturan lalu lintas karena tidak adanya petugas yang menjaga. Nah, sebagai seorang pengendara sepeda motor yang menerapkan safety riding, jangan pernah melakukan hal tersebut.

Kita sebaiknya tetap mematuhi semua rambu yang ada kapanpun dan dimanapun anda berada. Rambu lalu lintas dibuat untuk menertibkan lalu lintas dan juga mencegah terjadinya kecelakaan. Jadi tetap patuhi rambu ya bro, saat berjalan di malam hari.

4. Tetap Waspada Di Malam Hari

Sepinya malam bisa menjadi sebuah boomerang bagi kita yang berkendara pada malam hari. Biasanya karena sepi kita cenderung menurunkan kewaspadaan, nah padahal di mala mini resiko terjadinya menjadi lebih besar dibandingkan di siang hari. Mulai dari kendaraan yang asal menyebrang, kondisi jalan rusak tapi tidak terlihat, kemudian masih ada berbagai faktor yang menyebabkan bahaya yang ada di jalanan malam hari. 

Tetap waspada di malam hari merupakan salah satu jalan agar kamu aman berkendara pada malam hari. Hal ini merupakan sebuah hal penting yang harus kamu lakukan. Jadi jangan turunkan kewaspadaanmu di malam hari ya bro? Agar kamu tetap aman.

5. Jangan Paksakan Diri Berkendara Di Malam Hari

Umumnya malam hari adalah sebuah waktu yang kita gunakan untuk beristiraha. Di malam hari tubuh kita menjadi lebih cepat lelah, entah itu mengantuk dan juga capek tentunya menjadi penghalang utama kita dalam berkendara pada malam hari. Mengenali kemampuan berkendara juga merupakan salah satu standar keamanan dalam berkendara, terutama di malam hari. Jadi jika merasa lelah dan merasa sudah mengantuk segera menepi untuk beristirahat.

Memaksakan berkendara dalam kondisi fisik yang tidak prima adalah kesalahan terbesar yang dibuat pengendara sepeda motor. Akan sangat berbahaya bagi kita untuk berkendara dalam kondisi fisik yang capek dan lelah. 

6. Sebisa Mungkin Jangan Berkendara Sendirian

Terutama untuk peturing solo, jika melakukan perjalanan solo pada malam hari sebaiknya mengenal jam sehingga resiko seperti kejahatan di malam hari bisa dikurangi dan diminimalkan. Ketika sudah mencapai jam – jam dinihari sebaiknya menepi terlebih dahulu untuk beristirahat sejenak.

Dengan cara ini tentunya kamu tidak perlu takut berkendara di malam hari, karena tips di atas cukup aman untuk diterapkan, dan juga tidak susah dalam penerapannya. Yang terpenting adalah tetap mentaati peraturan lalu lintas yang ada dan juga tetap waspada terhadap kondisi jalan, kondisi medan sehingga kamu bisa aman dalam berkendara pada malam hari.

Label : Perawatan Motor Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More