wanda

Tips Mencegah Kecelakaan Dengan Cara Ini

Publikasi: 2 bulan 7 hari 15 jam 40 menit yang lalu

Bro, sebagai pengendara kendaraan bermotor khususnya pengendara roda dua, tentunya kita sangat ingin menghindari kecelakaan buruk menimpa diri kita bukan? Nah pengendara yang baik memiliki beberapa hal yang digunakan untuk mencegah kecelakaan dengan menggunakan kebiasaan saat berkendara. 80% kecelakaan sepeda motor kecelakaan sepeda motor memiliki resiko terjadinya kematian dan luka berat. Untuk itu pengendara sepeda motor, tentunya membutuhkan tips mencegah kecelakaan yang akan kita bahas berikut ini. 

Dengan menggunakan tips ini diharapkan kita bisa mengurangi angka kecelakaan yang ada di Indonesia terlebih yang melibatkan sepeda motor. Nah apa saja tipsnya, yuk bro, langsung saja kita bahas satu persatu. 

1. Perlengkapan Dasar Keamanan Sepeda Motor

Bukan sekedar fashion pakaian yang digunakan saat berkendara juga merupakan standar keamanan yang harus dan wajib kita gunakan. Pakaian yang memiliki standar tinggi untuk berkendara menggunakan sepeda motor juga akan mencegah terjadinya kecelakaan. Selain itu pakaian standar ini juga merupakan pakaian yang bisa mengurangi dampak yang buruk pada kecelakaan sepeda motor. 

Berikut ini adalah pakaian yang merupakan standar keamanan sepeda motor:

  • Jaket: Jaket merupakan pakaian wajib yang digunakan oleh para pengendara kendaraan bermotor. Jaket bisa melindungi kita dari berbagai gangguan saat berkendara seperti angin, kerikil, debu, panas terik dan lain – lain. Ada baiknya jika memakai jaket yang lumayan tebal, seperti jaket kulit. 
  • Sepatu: Sepatu juga salah satu pakaian standar untuk keamanan berkendara. Dengan menggunakan sepatu kita menjadi lebih aman.
  • Celana Panjang: Digunakan untuk melindungi kaki kita dari berbagai ganggunan. 

2. Pakaian Cerah Dapat Membantu Mencegah Kecelakaan

Kenapa harus cerah? Kamu pernah berpikir nggak sih kenapa jas hujan yang ada di pasaran sekarang ini kebanyakan berwarna cerah? Seperti hijau cerah, pinik, biru, dan warna cerah lainnya. Hal tersebut tidak terlepas dari agar kamu bisa lebih terlihat oleh pengendara lainnya. Secara alami mata kita akan fokus terhadap warna – warna cerah yang memang menarik perhatian. 

Dengan menggunakan warna cerah pengendara di sekitar kita akan dengan mudah memperhatikan keberadaan kita. Sehingga akan pengendara lain juga tentunya akan berhati – hati dalam berkendara di sekitar kita.

3. Helm Haruslah Berstandar Jangan Gunakan Helm Yang Kaleng – Kaleng

Helm merupakan sebuah komponen terpenting bagi pengendara sepeda motor. Ada beberapa jenis helm di Indonesia yang bisa dipakai oleh kamu agar aman dan juga tidak melanggar peraturan. 

  • Helm Full-face: Helm yang paling aman untuk digunakan dan juga helm yang paling direkomendasikan kepada pengendara kendaraan roda dua. Helm ini menutupi dan melindungi semua bagian kepala dari bagian depan hingga belakang. 
  • Helm half-face: Disebut dengan half-face karena helm ini melindungi bagian kepala yang paling fatal yaitu bagian belakang kepala, tapi di bagian depan terbuka. Helm ini paling banyak digunakan oleh pengendara motor di Indonesia. 

Bro, ada baiknya juga kamu mengumpulkan uang untuk membeli helm yang memiliki kualitas bagus. Helm kualitas bagus memiliki kenyamanan dan juga keamanan yang maksimal. Ketika memakai helm kita merasa nyaman, dan juga kita lebih merasa aman. Ada berbagai macam produsen helm yang menawarkan helm dengan kualitas bagus. Dan usahakan juga memilih warna yang mencolok, agar bisa lebih terlihat oleh pengendara lainnya.

4. Waspada Adalah Jalan Ninja Seorang Pengendara Sepeda Motor 

Sebenarnya bukan hanya pengendara sepeda motor, tetap waspada adalah sebuah kewajiban untuk semua pengguna jalan raya. Waspadai setiap ruas jalan, misal dipersimpangan yang sepi sering tiba – tiba ada kendaraan yang menyebrang, atau tiba – tiba ada kendaraan merubah jalur kendaraan tanpa adanya tanda yang dibuat. Semua hal ini bisa terjadi kapan saja di jalan raya. Untuk itu kewaspadaan pengendara kendaraan bermotor adalah salah satu cara untuk mencegah kecelakaan.

5. Perhatikan Cuaca Sebisa Mungkin Hindari Cuaca Buruk

Berkendara di dalam sebuah cuaca yang sangat buruk sudah pasti akan lebih berat dibandingkan dengan berkendara saat cuaca baik – baik saja. Jika kamu melakukan perjalanan jauh dan tiba – tiba hujan badai menerjang, hujan yang dipenuhi angin turun, ada baiknya kamu menepi dulu ya bro? 

Berkendara dalam keadaan cuaca seperti itu akan merugikan kamu. Selain kesehatan, kamu juga akan terganggu dari segi pandangan dan juga kondisi jalan akan lebih berbahaya. Jadi lebih baik menepi sambil beristirahat dan menunggu cuaca kembali membaik.

Itu dia tips untuk mencegah kecelakaan yang dilakukan oleh para pengendara sepeda motor yang bisa menyelematkan hidupmu bro. Jadi apakah kamu sudah menerapkan tips – tips yang sudah disebutkan di atas? Kalau sudah berarti kamu adalah pengendara sepeda motor yang sangat keren dan juga patut dijadikan teladan oleh pengendara lainnya. Selamat mencoba ya!

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More