Berkendara Di Malam Hari Bisa Aman, Asal Ikut Tips Ini!

Publikasi: 1 bulan 26 hari 5 jam 46 menit yang lalu

Sebagai bikers sejati, seringkali kita tidak dapat menghindari situasi yang mengharuskan kita untuk berkendara di malam hari, terlebih untuk para pekerja di ibu kota. Berkendara malam hari tentu memiliki resiko yang besar, dari segi resiko kecelakaan juga rawan tindak kejahatan.

Malam hari membuat jarak pandangmu jauh lebih terbatas, akibatnya kita terpaksa harus berhati-hati dalam melaju. Namun jika terlalu pelan, resiko tindak kejahatan juga ada dan menghantui para pengendara motor di malam hari.

Serba salah juga ya? Namun jangan khawatir, karena berkendara di malam hari pun bisa tetap safe dan nyaman, asal mengikuti tips-tips berikut ini.

1. Mengatur Waktu dan Rute Bepergian dengan Tepat

Sebelum berangkat, pastikan kamu memilih waktu yang tepat untuk bepergian di malam hari dan mengatur rute manakah yang kira-kira lebih efisien secara waktu untuk diambil, sehingga tidak terlalu banyak membuang waktu di jalan.

2. Mengecek Kondisi Lampu Depan

Lampu depan atau belakang sama pentingnya, namun terpenting yang harus kamu pastikan adalah lampu utama di bagian depan serta mode sorot jauhnya dapat berfungsi secara optimal. Usahakan untuk setidaknya juga memeriksa bagian ini di bengkel satu bulan sekali.

3. Kenakan Jaket

Jaket adalah perlindungan utama tubuhmu dari hembusan angin malam yang menerpa tubuh. Selain itu mengenakan jaket tertentu seperti misalnya jaket berwarna akses fluorescence yang menyala di malam hari dapat membuatmu lebih mudah dilihat pengendara lain.

4. Konsentrasi dan Tetap Waspada

Saat mengendarai motor di malam hari, tentu kamu harus dalam keadaan konsentrasi penuh. Resiko kecelakaan atau bahkan tindak kejahatan apapun umumnya dimulai dari kelengahan pengendara terhadap situasi jalanan di sekitarnya.

5. Menjaga Kondisi Fisik

Poin ini sebenarnya adalah poin terpenting dalam tips ini, karena tanpa menjaga kondisi fisik tetap prima, kamu akan cenderung cepat lelah dan mengantuk. Alhasil, konsentrasimu akan menurun drastis.

Jika kamu merasa sudah mulai lelah dan atau mengantuk, jangan ragu untuk segera menepi dan beristirahat dengan mencari minimarket atau warung sekitar yang berada di lokasi ramai dan aman.

Nah itu sebagian dari tips safety driving di malam hari yang bisa mulai kamu terapkan agar pengalaman berkendaramu tetap nyaman. Apakah kamu punya tips lain?

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Berkendara Aman

Comment

User Comment

Your comment

Load More