Bikin Keki! Kelakuan Pengendara Motor Di Kota Besar Yang Menyebalkan

Publikasi: 8 bulan 20 hari 10 jam 52 menit yang lalu

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak kota besar di dalamnya. Diantaranya malah ada yang disebut sebagai megapolitan, saking besarnya, saking padatnya. Sayangnya semakin besar belum tentu semakin baik iklim lalu lintas dari sebuah kota. Bisa jadi saking besarnya kota tersebut, pengendaranya malah gak karu-karuan. 

Kitapun sering menemui pengendara ngaco di jalanan. Sering pula kita dibuat geram olehnya. Sayang seribu sayang, pengendara seperti ini tuh banyak banget di jalanan kota besar. Mulai dari pelanggaran kecil sampai yang membahayakan bisa terjadi di jalanan metropolitan. Kira – kira apa aja kelakuan mereka? Yuk kita simak di bawah ini. Jangan di contoh yaa!

1. Sein Kiri Belok Kanan maupun sebaliknya. 

Ini sih kelakuannya mamak – mamak penguasa jalanan bro. Kalaupun kamu menemuinya di jalanan, udah ngalah aja. Jangan dilawan, apa lagi disalip, kalau si emak – emak ini naik pitam bisa berabe lu tong di omelin di tengah jalan. 

2. Lawan arus? Udah biasa.

Pengendara motor di kota besar itu kebanyakan individualis. Banyak hal yang menyebabkan mereka berperilaku seperti itu. Paling banyak sih sebabnya karena tuntutan pekerjaan yang terus – terusan bikin mereka stress sampai – sampai mikir jernih pun mereka gak bisa. 

Pada akhirnya kelakuan – kelakuan bikin jengkel seperti nglawan arus sering terjadi. Dengan berbagai alasan seperti buru – buru lah, puter baliknya kelewat jauh lah, dan alasan – alasan bego yang lain. 

3. Jalan pelan di tengah jalan.

Kelakuan seperti ini biasanya sering dilakukan oleh rider cewe nih. Mayoritas yang ngelakuin biasanya bawa matic bro. Harusnya semakin mereka di lajur kanan, semakin kencang kecepatan mereka pacu. Karena pada dasarnya lajur kanan itu lajur cepat. Kalau mau nyetir woles ya di kiri aja deh. 

4. Ngobrol santai di tengah jalan.

Waduh, kalau yang satu ini sering banget kita temui. Ada 2 sepeda motor yang saling jejer dan asyik ngobrol di tengah jalan. Kalau nemuin yang seperti ini jangan ragu untuk klaksonin. Mereka ini butuh untuk diperingatkan. Karena bisa aja ada pengemudi ngawur yang lain dan langsung nyerobot mereka dari belakang. Bahaya! 

5. Lampu overbright!

Trend lampu HID memang masih naik daun. Terlebih lagi banyak modif-an lampu HID yang kelewat silau untuk digunakan. Jelas aja, toh biasanya yang mereka gunakan itu lampu HID buat mobil. Dan tingkat brightness dari lampu tersebut biasanya yang teramat sangat silau jika dilihat dari arah yang berlawanan. 

Sebenarnya di undang – undang sudah ada yang mengatur penggunaan lampu untuk sepeda motor, sayangnya poin – poinnya kurang detail dan membuat pengguna HID garis keras ini masih membandel dan banyak ditemui di jalanan. 

6. Lampu lalu lintas? Kok kayaknya pernah denger. 

Lampu lalu lintas tanpa polisi yang berjaga disana adalah sebuah hal yang sia – sia. Karena pemotor – pemotor kacau ini sering banget ngelewatin garis di batas lampu lalu lintas saat berhenti, bahkan udah nunggu di tikungan untuk siap – siap ngegas dan melaju. 

Gak jarang juga kita melihat mereka asal lewat aja. Padahal udah jelas disitu ada lampu nyalanya merah. Tapi nyelonong aja seolah udah ga ada waktu lagi buat dia lewat. 

7. Knalpot berisik, anginnya kena muka pula.

Di undang – undang udah jelas gak boleh bro, tapi masih ada aja yang ngelanggar modifikasi knalpot brisik ini. Apalagi yang arahnya langsung ke muka. Ampe kering muka ini ditiupin knalpot mulu. 

8. Si tukang klakson.

Ada lagi nih satu spesies yang doyan bunyiin klakson. Kalau lagi ngebut apa aja disuruh minggir. Sekalinya nabrak, alasannya “Kan udah di klakson?”

Kalau kamu nemuin spesies primata yang seperti ini nih ada dua pilihan yang bisa kamu lakuin. Yang pertama kamu diem aja udah, ngalah, doain aja dia segera dapat hidayah. Yang kedua kamu teriakin aja dianya “BERISIK WOI!”, asal kamunya teriaknya kencang dan tegas, pasti dianya langsung diam seolah klaksonnya kehabisan aki. 

Tapi misal dia masih aja resek, berarti itu orang udah ga ada obatnya bro. Udah biarin aja deh kalo gitu. 

9. Cabe – cabean doyan ngebut.

Yang terakhir yaitu fenomena cabe – cabean. Sering banget kita temui di kota – kota besar. Bahkan sampai viral banget istilah cabe – cabean di medsos. Sampe ada lagunya pula.  Ya kalau ini sih gejolak kawula muda bro, yang bisa menghentikan mereka di dunia ini ya polisi yang bertugas. Jadi biarin polisi yang menilang mereka, dan kamu cukup melihat mereka sambil terhibur ama kelakuan yang mereka perbuat. 

Nah, itu tadi beberapa kelakuan pengendara motor yang menyebalkan di kota – kota besar. Akan sangat bijak jika kamu gak mencontoh 9 perilaku minus di jalanan di atas. Tetap berkendara sesuai aturan safety riding, dan jangan pernah melanggar lalu lintas. Supaya berkendara tetap aman dan nyaman hingga sampai di rumah.

Label : Cari Aman

Comment

User Comment

Your comment

Load More