Cara Memastikan Rantai Motor Dalam Kondisi Prima Sebelum Berkendara

Publikasi: 13 hari 2 jam yang lalu

Komponen rantai pada kendaraan memiliki peranan yang cukup vital. Perangkat yang satu ini berguna sebagai penerus putaran mesin dari transmisi ke roda belakang. Dengan demikian, roda belakang pun dapat berputar dan melaju sehingga menggerakkan kendaraan.

Dari sekilas penjelasan tersebut, didapatkan pemahaman bahwa mustahil bagi kendaraan untuk bergerak jika tidak dilengkapi dengan perangkat rantai dan gear-nya. Maka dari itu karena perannya yang cukup penting dalam mendorong kinerja motor, komponen yang satu ini perlu diperhatikan kondisinya secara berkala. Terlebih saat akan digunakan untuk berkendara.

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memastikan bahwa rantai motor Anda dalam kondisi prima dan siap untuk diajak melibas jalanan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Pastikan rantai tidak berkarat

Rantai motor yang terbuat dari besi dalam kondisi tertentu biasanya akan lebih mudah berkarat. Contoh kondisi yang sering memicu terjadinya korosi atau karatan ini adalah rantai motor yang terkontaminasi air hujan.

Perlu diketahui air hujan mengandung cairan asam yang dapat melarutkan minyak atau pelumas pada motor. Selain itu, jika dibiarkan terlalu lama tanpa dibilas atau dibersihkan, air hujan ini dapat memicu terjadinya reaksi korosi pada komponen besi maupun logam.

Nah, karena letak rantai motor yang terbuka, potensi terkena air hujan pun cukup tinggi. Jika Anda mengemudikan kendaraan dan menerobos hujan, maka setelah sampai di tujuan dianjurkan untuk segera melakukan pembilasan pada kendaraan dengan air bersih. Dengan demikian, air hujan yang tadi menempel di motor Anda akan larut dengan sendirinya.

Jika ternyata rantai motor Anda sudah berkarat. Sebaiknya segera bersihkan bagian yang berkarat tersebut. Kemudian olesi dengan cairan pelumas yang khusus untuk rantai motor. Hindari menggunakan oli bekas sebagai pelumas, ya.

2. Pastikan rantai motor tidak kendur

Selanjutnya, Anda juga harus memastikan bahwa rantai motor Anda tidak dalam kondisi kendur. Hal ini dikarenakan rantai motor yang kendur dapat berbahaya bagi keselamatan pengendaranya. Rantai bisa lepas sewaktu-waktu dan lebih mudah cepat aus nantinya.

Penyebab rantai motor aus ini biasanya dikarenakan berbagai hal. Namun yang paling sering adalah karena motor membawa beban muatan yang melebihi kapasitasnya. So, sebagai pemilik kendaraan yang baik, jangan sampai Anda mengangkut banyak barang yang melebihi batas maksimal motor Anda, ya.

Nah, untuk memperbaiki rantai motor yang kendur ini sebenarnya cukuplah mudah. Anda bisa membawanya ke bengkel atau dengan memperbaikinya sendiri di rumah. Cukup dengan melepas beberapa mata rantai dan kencangkan kembali sesuai dengan standar pemasangan yang telah ditentukan. Tidak boleh kendur bukan berarti Anda boleh memasang rantai dengan setelan yang cukup kencang, ya. Karena hal tersebut pun juga akan berdampak tidak baik bagi kendaraan Anda.

3. Pastikan rantai motor tidak bersuara saat digunakan berkendara

Terakhir, Anda bisa melihat rantai motor dalam kondisi prima atau tidaknya dengan mendengarkan suara dari komponen tersebut. Jika rantai motor berbunyi berisik saat digunakan berkendara, itu artinya terdapat masalah pada komponen tersebut.

Anda pun harus segera mencari tahu penyebabnya agar dapat dilakukan penanganan yang sesuai. Ada begitu banyak faktor yang menyebabkan rantai motor berbunyi. Mulai dari karena rantai yang berkarat, rantai kendur, rantai kotor, gir sudah aus hingga dikarenakan usia rantai motor yang sudah cukup lama.

Jika masalahnya gear motor sudah aus atau rantai motor Anda berusia cukup tua, maka solusinya adalah mengganti komponen tersebut dengan yang baru agar dapat bekerja secara maksimal.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memastikan rantai motor dalam kondisi prima sebelum berkendara. Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi Anda. 

Label : Wahana Makmur Sejati Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More