Mau Pergi Berlibur? Cek Kondisi Komponen Motor Ini Terlebih Dahulu

Publikasi: 15 hari 2 jam 17 menit yang lalu

Tak terasa tahun 2020 sudah berada di kuartal akhir. Biasanya pada waktu ini, orang-orang sudah merencanakan untuk pergi berlibur menyambut akhir dan tahun baru. Sayangnya, karena pandemi virus corona yang masih mewabah membuat banyak akses menjadi terhambat.

Akibatnya, planning untuk pergi berlibur ke luar pulau atau negeri pun harus ditunda terlebih dahulu. Namun sebenarnya Anda tak perlu khawatir, karena masih bisa berlibur di destinasi wisata terdekat. Dengan mengendarai motor atau mobil bersama keluarga tentu tak akan kalah menyenangkannya.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk pergi berlibur dengan berkendara motor, setidaknya terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah mengecek komponen kendaraan untuk memastikannya dalam kondisi yang prima. Berikut beberapa komponen motor tersebut yang wajib Anda lakukan pengecekan.

1. Periksa kondisi kelistrikan pada motor

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah untuk mengecek setiap komponen kelistrikan yang ada pada kendaraan. Ini meliputi aki, kiprok, lampu motor, klakson hingga indikator speedometer. Seluruh komponen yang termasuk dalam kelistrikan tersebut harus Anda pastikan dalam kondisi baik dan tidak terkendala.

Satu kendala yang terjadi pada komponen ini bisa menghambat kenyamanan Anda dalam berkendara. Misalnya saja jika di tengah jalan tiba-tiba lampu utama motor Anda mati. Anda tentu akan kerepotan untuk memperbaikinya, kan? Atau jika tiba-tiba klakson Anda tidak dapat berbunyi, akan sulit bagi Anda memberikan peringatan pada kendaraan lain saat akan mendahuluinya.

2. Periksa tekanan angin angin ban

Selanjutnya, untuk menunjang kenyamanan Anda selama berkendara, kondisi ban motor juga tak boleh luput dari perhatian. Anda harus memastikan bahwa tekanan angin yang diisi sudah sesuai standar atau ideal.

Jangan sampai memompa ban motor berlebihan, ya. Karena dapat menyebabkan cengkraman ban motor pada jalanan kurang kuat sehingga rawan terjadi selip saat berkendara. Selain itu, tekanan angin pada ban motor juga tak boleh terlalu rendah atau kurang dari standar yang telah ditentukan. Karena dapat membuat gerak motor menjadi lebih berat.

3. Cek kondisi oli dan coolant

Beberapa kendaraan saat ini tengah dibekali sistem pendingin yang dapat mengontrol panas dari mesin. Nah, jika motor Anda sudah dilengkapi dengan fitur cairan pendingin (coolant), Anda juga perlu mengecek kondisi atau volume cairan tersebut secara berkala. 

Hal ini untuk memastikan agar motor tidak mudah panas saat digunakan berkendara. Terlebih jika tujuan wisata Anda lumayan jauh dan membutuhkan waktu hingga beberapa jam perjalanan. Jika dirasa cairan tersebut kurang, Anda bisa menambahkannya secara manual.

Kemudian, komponen oli atau minyak pelumas juga harus mendapatkan perhatian lebih dari Anda. Mengingat fungsi oli yang berperan penting dalam menjalankan kinerja mesin motor. Jika dirasa oli sudah berwarna hitam dan terlalu kental, sebaiknya segera ganti dengan oli yang baru. 

4. Periksa komponen rantai dan gear

Bagi Anda yang berkendara menggunakan motor sport atau motor bebek. Komponen rantai juga tak boleh dilewatkan dari pemeriksaan. Pastikan seluruh rantai dan gear-nya berada dalam kondisi yang baik dan tidak terkendala apapun. Hal ini guna menghindari terjadinya rantai putus saat digunakan berkendara di tengah jalan.

Jika rantai motor terlihat kering atau aus, jangan lupa oleskan pelumas khusus rantai motor. Ini akan membuat kinerja rantai tersebut jauh lebih maksimal.

Itulah tadi beberapa pengecekan komponen motor yang perlu Anda lakukan sebelum berlibur. Poin-poin di atas perlu dilakukan agar pengalaman berkendara Anda lebih berkualitas. Anda pun bisa meminimalisir risiko terjadinya hal-hal tak terduga selama di jalan. So, sebelum berkendara ke destinasi wisata yang diinginkan, luangkan sedikit waktu untuk mengecek komponen motor Anda ini, ya.

Label : Wahana Makmur Sejati Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More