wanda

Cuaca Berkabut? Beginilah Cara Berkendara Di Cuaca Yang Berkabut

Publikasi: 13 hari 4 jam 48 menit yang lalu

Alam memang sebuah misteri yang tidak bisa kita tebak dengan mudah. Hal ini menjadikan salah satu hambatan yang membuat perjalanan kita sedikit terganggu jika kamu adalah pengendara sepeda motor. Mulai dari hujan, mendung, kabut, dan juga panas terik adalah faktor alam yang sangat wajar harus kita hadapi khususnya di Indonesia, yang memiliki iklim tropis ini. 

Bagi kamu yang ingin mengetahui cara aman berkendara di jalanan yang berkabut mungkin kamu datang di tempat yang tepat. Cuaca kabut biasanya ditemukan di area pegunungan dan tempat yang memiliki curah hujan tinggi. Di saat musim penghujan, kabut akan lebih besar peluangnya muncul di daerah tersebut. 

Jika kamu belum terbiasa berkendara di jalanan yang terhalang kabut mungkin kamu harus membaca artikel ini sampai habis sebelum memutuskan untuk berkendara ke tempat yang memiliki peluang munculnya kabut. 

Cara Berkendara Yang Baik Di Cuaca Berkabut

Secara umum berkendara di cuaca berkabut sama halnya berkendara di cuaca yang biasa, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan secara lebih oleh para pengendara sepeda motor. Oke langsung saja kita lihat satu persatu. 

Perhatikan Kecepatan Sepeda Motor

Pada saat cuaca kabut jarak pandang kita menjadi sangat terbatas, terkadang bahkan hingga kurang dari 100 meteran. Dengan berkurangnya jarak pandang ini tentunya sangat tidak bijaksana jika kamu berkendara dengan kencang alias tidak memperhatikan laju kecepatan kendaraan sepeda motor. 

Jika jarak pandang sangat terbatas mungkin kamu harus berada di kecepatan yang rendah di sekitar 40 km/h maksimal, dengan begitu kamu tidak akan kesulitan dalam melakukan pengereman atau bisa dikatakan bisa menjaga jarak pengereman yang baik dan benar. 

Selain itu biasanya kabut muncul di jalan pegunungan yang banyak sekali kelokan, turunan, dan juga tanjakan, dengan menjaga kecepatan sepeda motor tidak terlalu ngebut, akan sangat aman untuk kamu.

Mengetahui Lebih Lanjut Mengenai Medan Jalan Yang Akan Dilalui 

Jika kamu berada di tengah jalanan berkabut akan lebih baik jika kamu mengenal dengan baik medan jalan yang akan dilalui. Mulai dari kondisi jalan, rute yang akan dilalui, atau paling tidak kamu mengetahui jarak perjalanan yang kamu tempuh. 

Saat perjalanan jauh terutama, kita sering tidak memperhatikan kondisi jalanan seperti apa yang akan kita lalui sehingga saat kabut datang, kita menjadi kebingungan untuk memilih jalan yang tepat. Dengan mengetahui medan terlebih dahulu tentunya akan menjadi sebuah keuntungan untuk kita. 

Pastikan untuk mengetahui medan jalan yang akan kita lalui, terutama untuk perjalanan jauh seperti saat kita melakukan touring antar kota atau antar daerah yang membutuhkan perjalanan Panjang. 

Pastikan Kondisi Kendaraan Sepeda Motor Prima

Sebagai pengendara sepeda motor tentunya kamu selalu mengingankan performa yang prima untuk sepeda motor kamu bukan? Nah, terlebih untuk perjalanan ditengah kabut ini tentunya kamu juga harus memperhatikan kondisi sepeda motor yang kamu gunakan. Kondisi ban yang masih bagus akan membantu kamu melewati jalanan kabut yang licin, karena biasanya kabut cenderung memiliki jalan basah. 

Selain itu pastikan lampu – lampu menyala dengan baik dan juga terang. Salah satu penanda untuk kendaraan lain adalah menggunakan lampu baik itu lampu depan ataupun belakang. Hal ini akan membantu orang lain atau pengguna jalan lain mengetahui keberadaan kamu ditengah kabut, begitupun sebaliknya.

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More