Fadillah Arbi Siap Jalani Musim Kedua Di JuniorGP

Publikasi: 1 tahun 2 bulan 11 hari 18 jam 18 menit yang lalu

Saya Merasa Lebih Dewasa dan Siap Hadapi Musim 2023

Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Fadillah Arbi Aditama siap jalani putaran pertama JuniorGP di Estoril dan meraih hasil lebih baik.

FIM JuniorGP akan dimulai akhir pekan ini di Circuito do Estoril, Portugal, dimana Fadillah Arbi Aditama menjalani musim keduanya pada kompetisi Eropa yang prestisius tersebut.

Setelah menjalani musim pertama dengan catatan kemajuan pada setiap race, pebalap AHRT tersebut berusaha untuk bersaing dengan para pebalap terbaik di kelasnya.

Bagaimana kamu mempersiapkan diri selama pramusim?

"Saya melakukan persiapan yang baik terkait kondisi fisik saya. Di Indonesia, saya banyak berlari dan latihan di gym. Saya juga berlatih dengan saudara saya menggunakan CBR250RR setiap akhir pekan untuk menjaga kecepatan dan meningkatkan kemampuan teknik saya."

Apa yang menjadi kunci untuk meraih hasil lebih baik di kompetisi ini?

"Saya rasa yang terpenting adalah percaya diri dan selalu yakin bahwa saya bisa mencapai target. Karena itu, saya harus memiliki mental yang kuat, untuk mencatat hasil lebih baik dan menjadi salah satu pebalap terbaik di kompetisi."

Tidak seperti tahun lalu, tahun ini kamu sudah mengetahui sirkuit-sirkuit yang menjadi tempat balapan. Apakah menurutmu ini akan punya pengaruh besar terhadap hasil balapan?

"Ya. Dengan mengetahui semua sirkuit, kami sudah memiliki pengalaman soal setup motor terbaik, meskipun itu bisa berubah. Selain itu, saya juga sudah mengetahui semua titik-titik di setiap lintasan. Saya rasa ini akan jadi dorongan besar tahun ini."

Setelah mencoba motor baru saat tes tahun ini, apa perbedaan yang kamu rasakan jika dibandingkan dengan motor tahun lalu?

"Saya memiliki feeling yang bagus dengan motor saat melakukan tes baru-baru ini di Estoril. Saya merasakan handling yang lebih baik, kontak yang bagus saat pengereman, serta lebih bertenaga."

Apakah kamu merasa lebih dewasa dibandingkan saat tahun pertama?

"Saya merasa jauh lebih baik dan lebih dewasa. Saya merasa punya kontrol diri yang lebih baik, begitu juga dengan emosi. Saya merasa lebih tenang karena saya bisa mengatasi emosi dan bisa menghadapi semua masalah dengan lebih tepat."

"Saya harus fokus untuk meraih hasil yang bagus pada setiap balapan"

Terkait balapan akhir pekan ini di Estoril, bagaimana menurutmu sirkuit ini?

"Meskipun bukanlah favorit saya, ini merupakan sirkuit yang bagus dan cukup technical. Saya paling suka di sektor pertama, karena ada dua titik pengereman yang kuat di tikungan 1 dan tikungan 3. Saya pun akan memaksimalkan hal ini."

Hasil terbaik pebalap Astra Honda di kelasmu dicatat oleh Mario Aji pada 2019. Apakah kamu akan bisa menyamai atau melebihi hasil finis keempat tersebut?

"Tentu, saya yakin bisa. Jika Mario bisa melakukannya, saya juga seharusnya bisa. Saya harus fokus untuk meraih hasil yang bagus pada setiap balapan, begitu juga pada akhir pekan ini saat menjalani putaran perdana."

Urutkan sirkuit favorit kamu di balapan JuniorGP tahun ini?

"Catalonia, Aragon, Valencia, Estoril, Algarve, Jerez."

Kamu punya nomor motor baru (93) tahun ini. Apakah itu karena Marc Marquez? Apa arti nomor tersebut bagimu?

"Sebenarnya bukan karena Marc Marquez. Sembilan dan tiga adalah nomor keberuntungan saya, karena saya selalu diberi nomor sembilan dan tiga di kompetisi yang pernah saya ikuti. Saya berharap bisa menjalani musim yang bagus dengan nomor baru ini."

Pada putaran pertama, kelas JuniorGP hanya menghadirkan satu balapan yang akan digelar pada Minggu (7/5/2023) pukul 19:00 WIB

AHRT Astra Honda Racing Team Fadillah Arbi Aditama

Berita Terkait