Wahana Honda

Honda CBR250RR: DNA RR Yang Impresif

Publikasi: 8 bulan 13 hari 19 jam 59 menit yang lalu

Darah RR yang Kental

Sportbike. Sebuah sepeda motor yang merupakan sebuah pucuk paling atas dari kategori sport yang menawarkan performa kecepatan paling tinggi dan kontrol paling hebat dibandingkan jajaran motor lainnya. Sportbike dibuat tidak hanya memiliki mesin yang kencang saja, namun juga kontrol dan handling yang impresif sehingga membuat siapa saja yang mengendarainya merasa aman ketika berkendara dengan kecepatan tinggi. 

Total control, itulah DNA dari semua line up sportbike RR Honda, mulai dari kasta tertinggi yaitu RCV213V-S, CBR1000RR SP, CBR600RR hingga varian CBR250RR yang muncul pertamakali di tahun 2016 lalu. Total control ini bermakna sebagai ujung model motor kelas atas, sportbike RR harus mampu menangani situasi apa pun. Mereka harus mampu membuat pengendara merasa aman dan percaya diri. Bahwa segala sesuatunya berada di bawah kendali tangan rider dan rider dapat menikmati sensasi kenikmatan berkendara di mana saja.

Filosofi Total Control 

Sebagai pucuk di kelas 250cc, Honda CBR250RR hadir untuk menawarkan sensasi berkendara total control khas sportbike namun dengan ukuran mesin dan tenaga yang lebih kompak. Meskipun cc nya ada dikelas sportbike pemula yaitu 250cc, Honda CBR250RR ini tetap memiliki karakter pengendalian dan bantingan yang sama dengan kakak kakaknya yaitu Honda CBR600RR , CBR1000RR SP dan RCV213V-S. Ia kencang, mudah dikendalikan, ringan bermanuver sekaligus tetap stabil di tikungan ekstrim sekalipun. 

Suspensi yang ditanamkan di CBR250RR juga tidak tanggung tanggung. Menganut unit upside down Showa di bagian depan dan sistem monosok prolink di bagian belakang, redaman dan karakter suspensi yang dihasilkan akan membuai pengendaranya melahap tikungan demi tikungan, trek demi trek yang dilalui ketika berkendara dengannya.

Mesin dan Elektrikal Canggih Inovasi Terbaru Honda 

Sebagai sebuah sportbike 250cc sejati, CBR 250RR mengusung spesifikasi mesin 4- Tak, 8 katup, 249,7CC Parallel Twin Cylinder DOHC, memiliki kompresi yang lumayan tinggi yaitu 11,5:1 dengan sistem suplai bahan bakar injeksi khas Honda Programmed Fuel Injection ( PGM-FI ), berpendingin air ( radiator ) dan disokong dengan transmisi manual 6 percepatan. Mesin canggih pengembangan terbaru Honda Motor ini mampu menghasilkan tenaga 38.7 ps yang terbesar di kelasnya dan torsi sebesar 23.3 Nm. Mesin ini mampu membawa sasis dan kaki kaki yang superior tersebut ke level yang lebih tinggi. Dengan paduan karakter mesin dan sasis terbarunya, penggunanya dapat memaksimalkan kecepatan di trek lurus sekaligus mencatat lap terbaik dengan melahap tikungan demi tikungan dengan filosofi Total Control pada bagian sasis dan kaki kakinya. 

Tidak cukup sampai disitu, mesin, sasis dan transmisi tersebut masih didukung lagi oleh teknologi canggih yang belum pernah ada hingga sekarang di kelasnya, yakni Ride by Wire dan Drive Mode. Ride by Wire adalah teknologi Honda yang mengganti tali gas konvensional dengan sistem elektronik yang menambah kehalusan berkendara. Sedangkan Drive Mode adalah teknologi dimana pengendara dapat memilih mode berkendara yang diinginkan, di CBR 250RR ini ada tiga mode berkendara yaitu Sport+ yang dipakai saat ingin berkendara dinamis layaknya di sirkuit, Sport untuk berkendara normal dan Comfort untuk mode berkendara santai. Drive mode ini akan mengatur settingan mesin agar sesuai dengan mode yang diinginkan. Fitur ini biasanya hanya ada di sportbike 600cc dan diatasnya. And now? There is a 250cc bike named Honda CBR250RR which applied this feature, Cool!

Ergonomi dan Postur Berkendara yang Baik 

Sebagai sebuah sportbike, biasanya postur berkendara dan ergonomi yang dihasilkan biasanya tidak terlalu baik karena yang dikejar adalah performa dan aerodinamika. Nyatanya, hal itu tidak berlaku di Honda CBR250RR. 

Walaupun trahnya hadir sebagai sportbike 250cc yang fokus akan kecepatan dan performa, ia tetap memiliki ergonomi dan postur segitiga berkendara yang baik. Model stang clip on yang dianutnya memiliki sudut sedemikian rupa yang membuat pengendaranya masih bisa rileks saat ingin berkendara santai atau menggunakan RR paling kecil ini di dalam kota. Penggunaan material jok rider dan boncengannya yang empuk juga membuat pengendaranya tidak cepat pegal dan capek ketika mengendarai motor ini dalam situasi apapun.

Verdict 

Hadir untuk memuaskan hasrat berkendara sporti dan dinamis. Honda CBR 250RR merupakan motor yang sangat menawan untuk dilupakan. Lahir dari darah motor MotoGP, di riset bersama pembalap MotoGP Honda Racing Team, dibuat untuk di jalan dan sirkuit. Honda CBR 250RR bukanlah sebuah motor biasa yang menawarkan sensasi biasa biasa saja. Jika performa dan kontrol maksimal yang selama ini kamu cari di sebuah sportbike, don’t wait, let’s take total control with Honda CBR250RR!

Label : Sport New Honda CBR 250 RR

Comment

Your comment
Load More