Ini Dia 6 Cara Merawat Motor Injeksi Agar Tetap Awet Dan Prima

Publikasi: 5 tahun 11 bulan 19 hari 20 jam 40 menit yang lalu

Merawat motor sebenarnya terbilang mudah, tapi kegiatan ini kerap kali diabaikan oleh sebagian orang karena disibukkan oleh berbagai aktivitas. Hal ini tentu saja tidak dibenarkan mengingat kondisi motor harus diperiksa secara berkala untuk memastikan performanya tetap prima. Bagi kamu pencinta motor sejati, pasti akan selalu mengedepankan motor untuk tetap bersih dan prima setiap saat, bukan?

Perkembangan teknologi pada motor yang semakin pesat, di mana motor mendapatkan berbagai pembaruan, baik dari segi desain hingga sektor penyuplai bahan bakar yang sudah dilengkapi dengan teknologi injeksi. Merawat motor dengan teknologi injeksi memang tidak bisa dilakukan untuk menghindari motor cepat rusak. Biar nggak salah, berikut ini kamu sudah merangkum 6 cara merawat motor injeksi agar tetap awet dan prima. Check it out!

1. Menggunakan Bahan Bakar dengan Oktan Tinggi

Menggunakan bahan bakar dengan oktan 90 ke atas adalah salah satu cara merawat motor injeksi yang paling sederhana. Penggunaan bahan bakar beroktan tinggi dapat menyempurnakan pembakaran di dalam mesin motor. Jangan sesekali menggunakan bahan bakar berkualitas rendah karena dapat memicu kerusakan pada komponen mesin.

2. Mengganti Oli Secara Berkala

Mengganti oli secara berkala juga menjadi hal penting yang tidak boleh terlewat pada perawatan motor injeksi. Lakukanlah penggantian oli setiap dua bulan sekali atau saat motor sudah menempuh jarak 1.000 km. Hindari juga mesin motor yang kekurangan pelumas (kering) karena akan mengganggu kinerja mesin.

3. Memeriksa Kondisi Aki

Jangan cuma pasangan aja yang diperhatiin, kondisi aki motor kamu juga penting untuk diperhatikan, guys! Motor dengan teknologi injeksi sangat bergantung pada kondisi aki untuk menghidupkan mesin pada sistem pembakaran. Nah, kalau kamu memiliki motor injeksi, pastikan untuk selalu memeriksa kondisi aki motor ya!

4. Merawat Busi

Selain aki, kamu juga perlu memperhatikan kondisi busi. Busi adalah pemantik api yang penting untuk proses pembakaran pada mesin. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa busi secara berkala agar dapat memaksimalkan pembakaran pada mesin. Jika busi mengalami kerusakan, proses pembakaran pada mesin tidak sempurna sehingga mesin kurang bertenaga dan motor tidak dapat menyala. Nah, kalau busi motor kamu sudah tidak menghasilkan api secara maksimal, sebaiknya lakukan penggantian dengan yang baru ya!

5. Memeriksa Kondisi ECU

Electronic Control Unit (ECU) adalah otak dari pengoperasian sistem injeksi pada motor. ECU mengatur keseluruhan unit injektor, baik takaran bahan bakar yang disemprotkan atau buka tutup klep injektor. Jika sistem ini terganggu, kinerja injektor pun tidak dapat berjalan sempurna dan membuat motor menjadi mogok. Jadi, pastikan untuk selalu memperhatikan kondisi ECU motor kamu supaya performa motor tetap prima.

6. Melakukan Servis Secara Berkala

Melakukan servis berkala adalah cara yang sangat penting untuk merawat kondisi motor injeksi agar tetap prima, minimal setiap tiga bulan sekali. Usahakan untuk melakukan servis motor injeksi di tempat resmi dengan standar yang telah ditetapkan.

Nah, itu dia 6 cara merawat motor injeksi agar selalu awet dan prima. Sebenarnya, merawat motor injeksi tidak jauh berbeda dengan merawat motor dengan teknologi karburator. Hal terpenting adalah kita harus melakukan pengecekan secara rutin agar motor tetap memiliki performa yang baik. Perawatan yang tepat akan membuat motor anti mogok sehingga kamu bisa bebas deh nge-date bareng si pacar naik kendaraan kesayangan. Semoga informasi ini bermanfaat buat sobat semua! Salam otomotif!

AHASS Service Motor Perawatan Motor

Berita Terkait