Wahana Honda

Ini Dia Tips Touring Motor Sendirian

Publikasi: 4 bulan 12 hari 17 jam 40 menit yang lalu

Jika berbicara transportasi rasanya tidak bisa terlepas dari sepeda motor. Alat transportasi yang satu ini sudah sangat populer sekali bagi masyarakat Indonesia. Dapat dikatakan kalau sepeda motor adalah transportasi sejuta umat. Sepeda motor banyak dipilih karena lebih murah dan praktis jika dibandingkan dengan alat transportasi lain. Dimensi sepeda motor yang terbilang kecil memudahkan untuk mobilitas dengan cepat, sedangkan dari segi perawatan motor memiliki cara perawatan yang mudah dan murah. Sebut saja motor terbaru Honda yang hadir dengan aneka fitur modern dan perawatannya  terbilang cukup simpel.

Sekarang ini, sepeda motor sudah tidak lagi menjadi alat transportasi semata, tetapi sepeda motor juga menjadi sarana untuk menyalurkan hobi, salah satu kegiatan favorit para bikers adalah touring. Kegiatan ini sering kali menjadi agenda rutin, baik touring bersama komunitas atau touring tunggal.

Touring tunggal kerap dilakukan oleh bikers yang memang benar-benar siap karena membutuhkan nyali dan persiapan yang benar-benar matang. Para bikers harus sadar betul kalau touring tunggal ini mempunyai banyak risiko. Nah, kalau kamu ingin melakukan touring tunggal, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini.

  • Menyusun Rencana Touring
    Menyiapkan rencana touring tunggal harus lebih teliti dibandingkan touring bersamaan. Pasalnya, kamu harus menyiapkan semuanya sendiri karena perencanaan touring bisa dimulai dengan menentukan tempat tujuan dan rute. Menentukan tempat tujuan memiliki opsi yang menarik karena kamu dapat menentukan satu tempat tujuan atau lebih. Jika ada beberapa tempat tujuan yang ingin kamu datangi, sebaiknya mulailah dari tempat yang terdekat terebih dahulu.


Selain menentukan tempat tujuan, kamu juga perlu menentukan rute. Dengan menentukan rute, kamu akan mengetahui berapa jarak yang akan ditempuh serta estimasi waktu selama perjalanan. Jangan lupa untuk menentukan rute cadangan sebagai alternatif jika rute utama ada kendala dan tidak bisa dilalui. Gunakan GPS pada smartphone kamu agar lebih mudah untuk menentukan rute.

  • Persiapkan perbekalan
    Perbekalan ini perlu kamu siapkan dengan teliti. Siapkanlah perbekalan yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai kamu membawa barang-barang yang tidak kamu butuhkan sehingga akan membuatmu tidak nyaman saat berkendara. Untuk mengatur perbekalan, siapkanlah barang-barang penting di dalam tas yang dapat diakses dengan mudah, seperti uang
    cash, hp, power bank, obat-obatan, dan air minum. Jika kamu ingin mendokumentasikan perjalananmu, pakailah kamera yang simpel dan mudah dibawa. Jangan sampai keperluan gadget-mu akan memakan porsi lebih banyak di perbekalan yang kamu bawa. Perbekalan biaya juga menjadi hal yang penting untuk kamu siapkan. Lakukanlah estimasi untuk pengeluaran touring, seperti keperluan bahan bakar, makan, uang retribusi tempat wisata, dan uang cash kecil untuk parkir dan lain sebagainya.

Itu dia tips sederhana yang perlu kamu perhatikan saat akan melakukan touring tunggal. Berbeda dengan touring kelompok, touring tunggal ini akan menuntutmu untuk mengatur segala kebutuhan seorang diri sehingga diperlukan kesiapan matang dan perbekalan yang teliti. Selain itu, pemilihan kendaraan yang tepat juga membantu melancarkan kegiatan touringmu, misalnya dengan pilihan motor terbaru Honda yang dibekali dengan spesifikasi canggih dan mumpuni.  


Label : Touring

Comment

Your comment
Load More