Ini Nih Part Kecil Tapi Penting Yang Gak Boleh Kamu Remehin Di Motormu

Publikasi: 4 bulan 30 hari 14 jam 8 menit yang lalu

Sebagai kebutuhan primer era milenial, sepeda motor memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh mobil dan kendaraan lainnya. Selain lebih ringkas dan mudah untuk dikendarai di berbagai medan, motor juga memiliki sistem kerja mesin yang cukup sederhana, dimana gak serumit kendaraan roda 4 dan lainnya. Sehingga perawatannya pun tidak terlalu sulit. Hal ini menjadikan penjualan kendaraan roda dua di Indonesia semakin tinggi setiap tahunnya. 

Nah, walaupun perawatan motor tidak rumit, namun ternyata ada beberapa part dari motor yang bentuknya tuh kecil tapi penting bro! Kalau diremehin bisa bahaya nih buat motor Kamu. Apa aja part – partnya? Yuk kita simak bareng – bareng di bawah ini.

1. Jalu  Setang / Bar-End

Jalu setang atau yang juga disebut bar-end adalah komponen yang berada di ujung kiri dan kanan setang motor Kamu. Walaupun bentuknya kecil, tapi tanpa komponen ini kendali motormu bisa gak seimbang loh bro! Karena fungsinya tak lain adalah sebagai balancer yaitu penyeimbang di tuas kemudi motormu. 

Selain itu, jalu setang juga mempunyai fungsi untuk mengurangi getaran yang muncul di kemudi motor. Jadi jika dilepas, Kamu akan lebih merasakan getaran pada setang kemudimu. Terutama jika motor yang kamu pakai adalah motor sport. Dengan adanya si jalu setang, resiko kecelakaan dipastikan akan berkurang.

2. Seal Shockbreaker

Komponen yang satu ini pasti jarang Kamu perhatiin brader. Seal shockbreaker biasanya baru diperhatiin ketika oli shock udah terlihat merembes kemana – mana. Sebenarnya ketika cuaca udah sering hujan, Kamu harus rajin – rajin bersihin bagian shockbreaker dari sisa – sisa pasir yang nempel. Karena jika gak di bersihin, nantinya akan bikin seal dari shockbreakermu bocor dan minta di ganti. 

Seal shock yang bocor wajib segera diganti. Kalau kelamaan keburu abis oli ada di dalam tabung shockbreakermu. Jangan sampai telat, apalagi kalau shock depanmu udah mengeluarkan bunyi yang mencurigakan. Jangan sampai Kamu harus ganti as shockbreaker juga karena udah aus. 

3. Minyak Rem

Salah satu hal penting tapi jarang di-notice oleh pemotor lainnya adalah minyak rem. Padahal jika dilihat dari fungsinya, minyak rem adalah salah satu hal yang paling penting yang ada di sebuah motor. Selain memberikan pelumasan pada logam saat bergesekan, minyak rem juga berfungsi sebagai penyalur tenaga hidrolik pada sebuah sistem pengereman. 

Kondisi minyak rem ini wajib banget untuk Kamu cek secara rutin. Jangan sampai kondisi minyak rem yang udah gak layak bikin laju kendaraanmu jadi tak terhenti alias rem blong. Kan bahaya banget bro!

4. Behel / Planger Motor

Behel atau planger pada motor biasanya sering dicopot dengan alasan bikin orang yang dibonceng gak nyaman. Padahal kalau aja Kamu tau, fungsi dari behel ini juga sebagai penyeimbang untuk orang – orang yang Kamu bonceng. Dengan adanya behel, dia yang di bonceng kan jadi bisa pegangan tuh. Jadi Kamu sebagai driver bisa dengan nyaman untuk melakukan manuver. 

Selain itu, planger atau behel dari motor ini fungsinya juga sebagai pelindung dari stoplamp belakang jika Kamu lagi bawa barang bawaan yang di tali di belakang. Jadinya stoplamp aman dari benturan barang – barang di atasnya berkat behel motormu ini. 

Nah, itu tadi beberapa part – part kecil yang mungkin sering Kamu lupakan sebagai pengendara motor. Jangan sampai dilupain bro, apa lagi diilangin. Bisa bahaya efeknya untuk kestabilan motormu. Cari aman aja deh ya, yang penting Kamu sebagai pengendara motor bisa selalu selamat sampai tujuan. 

Label : Cari Aman Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More