Jangan Asal Pasang! Perhatikan Hal Ini Sebelum Memasang Box Motor

Publikasi: 3 bulan 20 jam 6 menit yang lalu

Pada artikel yang lalu kita sempat membahas apa saja kegunaan dari box motor. Pemasangan box motor memang membuat motor kita semakin gagah, dan menambah kesan touring. Ada berbagai manfaat yang didapatkan dari pemasangan box itu sendiri, baik untuk si pengendara motor, maupun orang yang diboncengnya.

Namun, pemahaman mengenai pemasangan box motor itu sendiri masih belum bisa dimengerti oleh beberapa orang. Sehingga, di jalanan kita seringkali menjumpai motor yang seakan dipaksakan untuk dipasang box, padahal sebenarnya justru akan menambah beban pada motor itu sendiri. 

Untuk menghindari berabagai hal yang tidak diinginkan, ada baiknya anda perhatikan dulu hal-hal berikut ini sebelum memasang box ke motor anda :

Beli box yang bermerk

Pertama, pastikan box motor yang akan anda beli bermerk atau paling tidak memiliki reputasi dalam hal durability dan kualitas. Jangan mudah terpukau oleh harga yang murah, apalagi soal box motor. Uang yang akan investasikan kepada box motor yang berkualitas juga akan dapat anda rasakan manfaatnya dengan sekejap.

Box yang berkualitas tinggi tentu akan jauh lebih awet dan lebih aman untuk dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Pastikan bracket sesuai

Apabila memang anda memiliki rencana untuk memasang box sendiri, pastikan anda juga membeli paket bracket yang sesuai. Biasanya, box hadir dengan pasangan bracketnya, jadi anda tinggal mencocokkan keduanya. Jangan paksakan bracket yang spesifikasinya tidak sesuai dengan box anda karena bisa berakibat fatal.

Jika bracket tidak sesuai, maka ada resiko box akan jatuh pada saat terjadi guncangan. Hal ini tentu akan membahayakan anda sendiri dan pengemudi di belakang anda.

Pastikan motor anda sesuai dengan box nya

Fenomena ini yang seringkali dijumpai di jalanan. Masih ada saja orang yang memasang box motor, dan memaksakan box motor untuk bisa muat ke motornya. Contohnya saja, motor matic kecil dipasang box motor puluhan liter yang tentunya tidak sesuai spesifikasi sepedanya.

Pastikan box yang akan anda beli sesuai dengan keadaan motor anda. Motor dengan bobot ringan lebih baik tidak perlu dipasang motor, karena bisa membahayakan. Handling anda akan menjadi tidak karuan, dan berat motor anda menjadi tidak seimbang yang dapat menimbulkan potensi kecelakaan.

Jadi, pastikan anda juga mempertimbangkan faktor keselamatan dalam pemasangan box motor. Jangan memasang box hanya untuk terlihat keren di mata saja.

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda Modifikasi Motor Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More